Memperbaiki Mixer Pengaduk Adonan Yang Mati Total

Mixer yang admin maksud disini adalah alat dapur untuk mengaduk adonan kue roti atau masakan. Jadi jangan salah sangka dengan mixer yang dipakai untuk sound system ya. Kalau dilihat dari fungsinya memang sama sama untuk menggabungkan atau mencampurkan, cuma bedanya di bahan yang dicampur. Makanya mixernya ditambah pengaduk adonan. 

Kemarin sempat datang IRT sambil membawa mixer yang katanya tidak mau muter. Alhasil saya cek beberapa saat dan memvonisnya dengan mati total. Pada dasarnya alat ini dalamnya tidak jauh berbeda dengan bor listrik, blender atau sejenisnya. komponen utama didalamnya adalah saklar dan motor AC. Untuk memperbaikinya yang perlu di cek adalah kedua komponen tersebut termasuk kabel steker. Berikut adalah pengalaman admin kemarin saat menyervisnya.

Langkah-langkah memperbaiki mixer pengaduk adonan roti yang mati total.

Bongkar mixer
Dalam hal membongkar tentu bukanlah hal yang sulit, yang jelas pada mixer ini jangan sampai ada gerigi yang hilang, oleh sebab itu perlu disiapkan wadah untuk menempatkan gerigi mixer dan yang lainnya.
memperbaiki mixer pengaduk adonan
Cek kabel Steker
Pengecekan selanjutnya adalah kabel yang menghubungkan motor AC ke listrik, Saya kira caranya cukup mudah jadi tidak perlu dijelaskan panjang lebar. Kalau belum pernah silahkan baca cara mengecek letak kabel yang putus.

Cek Saklar Rotari
saklar mixer
Setelah pengecekan steker ternyata masih Ok saja, Selanjutnya adalah cek saklar. Dimana terdapat lima pin kecepatan mixer. Masing masing pin terhubung ke stator motor, sebagai pengatur kecepatan. Untuk mengukurnya cukup silahkan lihat gambar dibawah ini.
cek saklar mixer
Model saklarnya seperti jarum jam. Untuk multimeternya berada pada skala ohm, cek masing-masing kaki pada speed 1 sampai dengan 5. 

Cek Motor AC
Ternyata saklar juga tidak ada masalah, berarti kerusakan berada pada komponen inti yakni motor AC. Dalam motor AC ini terdiri atas rotor dan stator. Keduanya sangat berperan penting. Jadi yang admin cek pertama kemarin adalah karbon atau arang yang menempel pada ujung rotor. Karena biasanya arang inilah yang sering kali habis terkikis oleh putaran rotor tersebut. Makanya mata saya langsung tertuju kesitu. 
rotor pada mixer

Dan memang benar penyebab tidak mau berputarnya motor AC pada mixer ini adalah terkikisnya arang tadi. Sehingga tidak menempel pada ujung rotor. Maka harus diganti dengan yang bagus. Untuk menggantinya juga agak rumit, sebab arang tersebut seperti melekat. Mungkin karena panas makanya lengket. Padahal seharusnya tidak demikian, karena adanya per yang mendorong kedalam. Karena lengket ini makanya per tidak kuat menekan kedalam. Setelah diganti akhirnya motor ac pada mixer berputar kembali. Selanjutnya adalah proses pemasangan kembali dan dibersihkan biar yang punya juga senang.

Dari langkah-langkah diatas kerusakan utama berada di motor AC. Namun selain arang yang habis, bisa juga disebabkan oleh gulungan atau coil pada rotor maupun stator putus, Namun bisa juga disebabkan karena kotoran yang melekat pada as rotor, sehingga putarannya seret. Mudah-mudahan share tentang service mixer kali ini bisa bermanfaat buat pembaca masputz.com 

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Memperbaiki Mixer Pengaduk Adonan Yang Mati Total"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.