Penyebab Hasil Cetakan Printer Cannon Rusak

Printer cannon memang banyak sekali penggunanya, mungkin karena harganya yang murah atau karena banyak sekali beredar dipasaran, khususnya di Indonesia. Berbagai tipe banyak kita temui seperti IP1880, 1980, 2770, MP 140, 250 dan sebagainya. Dari segi hasil cetakan memang printer jenis ini lumayan bagus dan memiliki kecepatan cetak yang luar biasa untuk jenis inkjet. Berbeda dengan merk epson, brother dan sebagainya. Karena kita tahu setiap printer memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing.

Pada printer cannon kerusakan memang mudah sekali terjadi. Gejala kerusakan diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Printer paper jam
  2. Hasil cetakan printer lompat-lompat atau putus - putus
  3. Hasil cetakan blank
  4. Printer error
  5. Kertas keluar bersamaan pada printer
  6. Hasil cetakan tidak rata kiri dan kanan khususnya saat mencetak dokumen jenis tabel.
  7. Printer mati total
  8. Dan sebagainya.

Penyebab Hasil Cetakan Printer Cannon Rusak
Nah pada kesempatan kali ini masputz.com akan share mengenai kerusakan pada point ke 2 dan 6 dimana saat kita mencetak dokumen hasilnya tulisan tidak rata kiri kanan bahkan lompat-lompat pada baris.  Berikut adalah ulasannya

Hasil cetakan lompat-lompat atau putus-putus
Yaitu dimana kondisi cetakan tidak sepenuhnya tercetak, jadi tulisan akan terlihat tidak sempurna  atau putus-putus. Misalnya kalimat tercetak bagian atasnya saja, tengahnya saja atau bawahnya saja. Sehingga akan sulit dibaca, untuk itu berikut adalah penyebab dan cara memperbaikinya
Pita bagian catridge tergores atau kotor karena debu maupun tinta. Untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan bagian yang kotor kemudian dipasang kembali. Namun jika sudah tergores atau sudah parah, maka harus kita ganti dengan pita digital yang masih bagus. 

Selain itu bisa juga disebabkan karena catridge yang rusak baik itu karena head catridge kotor atau tersumbat dan bisa juga karena sensor dibagian catridge bermasalah. Untuk mengatasi catridge yang kotor tentu harus kita bersihkan dulu menggunakan bahan yang lembut. Sedangkan untuk bagian sensor tentu harus kita ganti yang bagus.

Hasil cetakan tidak rata kanan kiri atau miring-miring
Kerusakan ini adalah dimana kondisi hasil cetakan menjadi miring padahal dokumen sebenarnya tidak, selain itu terkadang hasil cetakan menjadi tidak rata, kadang teks terlalu maju kadang terlalu mundur. Hal ini bisa disebabkan karena sensor dibagian rol pemutar kertas rusak atau disc sensor yang berbentuk bulat kotor terkena tinta/ debu atau tergores sehingga sensor tidak bisa membaca disc tersebut. Untuk mengatasinya kita bisa membersihkannya jika tidak bisa dibersihkan tentu harus kita ganti yang baru atau yang masih bagus.

Nah itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki kerusakan pada hasil cetakan printer cannon yang putus-putus atau tidak rata. Semoga bisa bermanfaat Lihat juga mengenai Tips merawat printer biar awet.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Penyebab Hasil Cetakan Printer Cannon Rusak"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.