Tips Cara Merawat Printer Inkjet Biar Awet

Printer inkjet memang banyak sekali dijual toko-toko dengan harga yang bervariasi. Di Indonesia sendiri printer inkjet tersedia dengan berbagai merk, mulai dari canon dengan tipe Ip (1800, 1900, , 2770 dsb) MP (140, 250) MX 287 dan sebagainya. Selain itu ada juga epson, HP dan brother juga banyak digemari para pengguna komputer/ Laptop. 

Sering kali saya melihat pengguna printer mengalami kendala dalam hal penggunaan maupun perawatan. Karena tidak sedikit printer yang baru dibelinya sudah mengalami kerusakan, baik itu rusak ringan maupun yang berat. Sebagai alat pencetak printer menjadi satu-satunya andalan bagi kita untuk mencetak dokumen atau foto dirumah. Untuk itu jika printer ngadat atau eror tentu ini adalah hal yang tidak kita inginkan. Oleh sebab itu kali ini masputz.com akan share mengenai bagaimana cara merawat printer agar awet dan bisa bertahan lama pada jenis inkjet (pakai tinta).

Cara Merawat Printer dengan Baik dan Benar.


printer inkjet

1. Saat mencetak gunakan kertas yang tidak terlalu tebal
Karena hal ini bisa menyebabkan kinerja dinamo motor menjadi berat dan penarik kertas jadi lebih longgar. Oleh sebab itu jika kita ingin mencetak foto, sampul atau sejenisnya, sebaiknya kita gunakan kertas glossy yang lebih tipis. Namun jika ingin mencetak dengan kertas yang lebih tebal maka sebaiknya gunakan jenis printer khusus untuk pencetakan foto.

2. Pastikan pengisian tinta jangan sampai telat.
Dengan begitu anda telah mengurangi resiko kekeringan pada bagian head catridge dan juga menghindari kotoran menempel pada head.  Untuk itulah sesegera mungkin untuk mengisinya jika akan habis atau sudah habis dan jangan dibiarkan terlalu lama.

3. Jangan gonta ganti merk tinta catridge
Hal ini dimaksudkan agar bahan kimia dari tinta tersebut tidak campur aduk, yang bisa saja menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan, seperti tinta printer macet, bergaris-garis, dan sebagainya. Untuk itu sebaiknya kita gunakan tinta dengan kualitas bagus yang direkomendasikan dan tidak gonta - ganti pasangan, hehe.

4. Jangan mencetak kertas terlalu banyak.
Hal ini bisa menimbulkan head menjadi panas, bahkan dibeberapa kasus catrdige menjadi rusak, tahu sendirikan untuk jenis canon catridge nya sangat mahal. Untuk itu batasi penggunaan printer paling tidak maksimal 150 kertas saja. Sedangkan jika kita ingin mencetak lebih dari itu maka setiap 150 istrirahatkan dulu printernya biar tidak capek kalau nulis, hehe. Paling tidak minimal 10 menit baru digunakan lagi.

5. Jangan mengisi kertas melebihi batas maksimum.
Jika ini sering anda lakukan, bukan tidak mungkin kertas akan sering keluar bersamaan 2 atau 3 sekaligus. Jika hal ini terjadi terus menerus bisa mengakibatkan kertas nyangkut didalam printer atau bahkan kertas tidak bisa keluar satu-satu lagi. Seperti yang pada posting saya sebelumnya mengenai penyebab kertas keluar bersamaan pada printer.

6. Usahakan setiap hari printer digunakan.
Jadi dengan menggunakan printer setiap hari akan mengurangi bahaya catridge kering, kotor bahkan sampai rusak. Hal tersebut bisa terjadi karena lama tidak dipakai. Jika memang sementara tidak digunakan maka sebaiknya dicopot saja catridgenya kemudian dimasukkan ke tempatnya, dan jangan lupa tutup dengan rapat. Kemudian simpan ditempat yang agak lembab.

7. Matikan printer jika tidak digunakan.
Dengan mematikan printer kita bisa menghemat listrik sekaligus membuat printer kita istirahat.

8. Jika selesai menggunakan printer tutup semua bagian printer.
Hal ini agar debu atau kotoran tidak masuk kedalam printer yang bisa saja menyebabkan gangguan pada kinerja pencetakan kertas. Misalnya jika ada kerikil masuk ke tempat kertas, maka kertas akan nyangkut dan printer akan mengalami eror atau paper jam. Untuk itu sebaiknya pakai juga kain penutup dibagian atasnya.

9. Sering-sering dibersihkan.
Dengan membersihkan bagian-bagian pada printer tentu akan membuat print kita jadi kelihatan bagus, dan juga terhindar dari debu maupun kotoran.

Dari beberapa hal tersebut adakah yang sudah anda lakukan?. Yang jelas kita tahu bahwa ini adalah sebuah usaha yang bisa kita terapkan dalam merawat printer. Anda juga pasti tahu bahwa tidak ada jaminan bahwa dengan merawat printer pasti akan awet. Namun sedikit usaha ini mudah-mudahan printer kita bisa bertahan lama. Lihat juga cara memperbaiki printer rusak error p22.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Tips Cara Merawat Printer Inkjet Biar Awet"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.