Tips Belajar Servis Peralatan Elektronika sendiri.

Belajar servis atau reparasi secara otodidak terkadang membuat seseorang mengerti akan praktek namun kurang memahami teori. Memang seorang tukang servis peralatan rumah tangga seperti TV, Radi, Blender, Magic com yang diinginkan hanyalah apa yang diperbaikinya bisa jadi dan normal kembali seperti semula. Meski tidak tahu teorinya, orang akan menyebutnya servis yang handal dan profesional karena apa yang diservisnya banyak yang jadi. Sedangkan seorang ahli teori dalam bidang elektronika terkadang ada juga saat memperbaiki atau servis barang elektronik, tidak jadi-jadi bahkan malah rusak. Mungkin itu sebagian kecil saja, karena pada dasarnya saat belajar service baik di lembaga pendidikan maupun Balai latihan kerja tentu diajarkan tentang problem solving dan menangani kerusakan. Namun bagaimana jika seseorang yang ingin belajar nyervis namun tidak ada biaya untuk sekolah atau kursus?. Ini juga menjadi tanda tanya besar bagi semua orang, karena tidak sedikit seseorang yang ingin menggapai cita-citanya namun terbentur dengan biaya. Namun jangan kecewa atau berkecil hati, meski belajar hanya dengan otodidak mudah-mudahan apa yang diinginkan bisa tercapai. Jadi tahap pertama dalam belajar service menurut saya adalah Niat dan Berdo'a semoga apa yang kita inginkan bisa terwujud. Selanjutnya berikut adalah tips dalam belajar service elektronika sendiri.
belajar servis elektronika

Mengenal barang-barang elektronika dan cara menggunakannya.
Mungkin hal ini akan mudah bagi yang sudah memiliki barang elektronik tersebut. Namun bagaimana jika tidak ada?. Seperti halnya televisi, komputer, Blender, Kulkas dan sebagainya. Mungkin ada yang belum kita miliki. Meski begitu yang penting kita cari informasi mengenai cara menggunakannya.

Mengenal komponen elektronika atau listrik
Sebagai pelajar otodidak, tentu kita harus mengenal komponen elektronika atau kelistrikan, agar nantinya kita bisa tahu sistem kerja, cara penggunaan, nilai dan sebagainya. Jadi jika ada kerusakan kita tahu ini namanya apa? fungsinya apa?. Tidak mungkin kan kita mau beli komponen tapi tidak tahu namanya. Untuk itu lihat juga Komponen elektronika beserta fungsinya.

Mencari Informasi tentang service elektronika
Membeli buku panduan, belajar online, bertanya kepada para ahli. Adalah bagian penting dalam belajar mereparasi, karena akan sulit sekali tanpa adanya bimbingan dalam mempelajari sesuatu. Oleh sebab itu sering bertanya dan membaca, Adalah hal yang perlu kita lakukan.

Membuat kerusakan dan diperbaiki sendiri (Problem Solving)
Memang hal ini butuh sebuah pengorbanan, akan tetapi dengan adanya problem solving ini kita bisa tahu mengenai penyebab dan juga cara menanganinya. Untuk itulah sering melakukan problem solving adalah hal terbaik dalam belajar mereparasi barang elektronik. Misalnya jika kita putus kabel steker atau saklar pada blender akan mengakibatkan tidak berfungsi atau mati total. Dengan begitu kita tahu bahwa mati total pada blender bisa juga disebabkan karena putusnya kabel steker atau saklar.

Mulai dari peralatan simple sampai ketinggkat yang lebih tinggi.
Memperbaiki senter, Setrika, Lampu led dan sebagainya adalah contoh peralatan rumah tangga yang simple. Karena didalamnya tidak begitu banyak komponen atau peralatan. Untuk itu kita bisa memulai dari peralatan yang simple seperti ini untuk diperbaiki. Yang penting kita tahu mana tegangan tinggi, mana yang nyetrum dan lainnya. Setelah kita memahami semuanya barulah kita bisa merangkak ketingkat yang lebih tinggi. seperti radio, tape dan sebagainya.

Dari beberapa hal diatas mungkin masih banyak lagi hal yang bisa kita lakukan untuk belajar servis sendiri. Yang penting adalah tetap semangat dan berusaha dalam mempelajarinya. Semoga sukses. Baca Juga Tips belajar elektronika dasar

Berlangganan update terbaru secara gratis:

2 Komentar Untuk "Tips Belajar Servis Peralatan Elektronika sendiri."

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.