Cara Merawat Kulkas 1/ 2 Pintu Agar Awet

Merawat kulkas atau lemari es adalah hal yang wajib dilakukan oleh seseorang jika ingin awet dan tahan lama. Kerusakan yang sering terjadi adalah kulkas tidak mau dingin yang bisa disebab oleh beberapa faktor. Untuk itulah perawatan menjadi sangat penting, sebab mencegah tentu lebih baik dari pada mengobati bukan. Merk apapun kulkasnya cara perawatannya juga tidak jauh berbeda, baik itu sharp, LG, Sanyo dan sebagainya.

Sebenarnya saat pertama kali kita membeli kulkas baru baik itu 1 pintu maupun 2 pintu. Ada petunjuk atau panduan yang bisa kita terapkan dalam menggunakan lemari es ini. Untuk itu sebelum kita masuk ke bagian perawatan, maka kita juga harus mengkuti petunjuk yang sudah ada. Selanjutnya sebagai tambahan agar perawatan bisa berjalan dengan maksimal, berikut ini ada tips yang bisa kita lakukan.

Cara Merawat Kulkas dan Freezer
cara merawat kulkas

1. Sebelum kulkas di hubungkan ke arus listrik, pastikan tegangan listrik dirumah mencukupi.
Jika arus listrik dirumah kita rendah atau terlalu tinggi hal ini bisa menyebabkan kerusakan yang serius atau bahkan kulkas tidak akan bisa bekerja secara optimal. Untuk itu jika kita ragu kita bisa menggunakan stavol atau multimeter untuk menanganinya.

2. Bersihkan bagian dalam dan luar kulkas secara rutin.
Hal ini tentu bertujuan agar kulkas tetap bersih dan terhindar dari bau yang tidak kita inginkan. Dalam hal ini jangan membersikan saat Kulkas dalam keadaan aktif atau baru dimatikan. Untuk itu caranya adalah matikan kulkas dan tunggu hingga bunga es didalam freezer atau es batu yang masih menempel di dinding freezer meleleh.

3. Tidak mencongkel Es dengan benda tajam.
Sebenarnya hal ini sudah ada dalam panduan saat membelinya, akan tetapi terkadang banyak orang yang mengabaikannya, entah itu karena lupa atau pengen cepat-cepat tanpa menunggu lama. Hal ini tentu sangat berbahaya, karena jika sampai benda tajam tersebut mengenai bagian perpipaan maka bisa mengakibatkan gas freon akan keluar dan habis. Selanjutnya kulkas tidak akan bisa menjadi dingin meski dalam keadaan hidup.

4. Letakkan kulkas di tempat yang lebih tinggi
Dengan meletakkan lemari es pada tempat yang agak tinggi, hal ini akan menghindari lembab yang terjadi pada bagian bawah kulkas akibat adanya cairan yang bisa saja menetes kebawah. Jika hal ini terjadi maka akan membuat body kulkas cepat berkarat dan akhirnya cepat rusak.

5. Buang air dari penampungan.
Dengan sering membuang air yang tertampung pada penampungan, maka bau tidak sedap yang sering terjadi bisa kita hindari, selain itu poin nomor 4 juga bisa teratasi karena air tidak sampai meluber kelantai.

6. Tidak menaruh makanan atau apapun saat kulkas tidak aktif.
Dengan melakukan hal diatas tentu udara didalam kulkas tidak pengap dan ini bisa juga menyebabkan bau tidak sedap. Udara panas didalam kulkas akibat adanya makanan juga bisa terjadi. Hal inilah yang tidak dianjurkan dalam pemakaian kulkas. Sebaiknya saat menggunakan kulkas didalamnya tidak ada makanan atau minuman terlebih dahulu, kemudian setelah kita aktifkan paling tidak setengah atau satu jam barulah kulkas kita isi. Hal ini justru akan lebih baik.

7. Tidak memasukkan benda atau makanan yang masih panas kedalam kulkas.
Udara yang dingin didalam kulkas jika dimasukkan benda atau makanan panas, lama - lama jika ini sering dilakukan bisa menimbulkan kerusakan yang serius pada bagian pendingin. Untuk itu sebaiknya tidak dilakukan.

Mungkin itulah beberapa tips yang perlu kita lakukan dalam merawat kulkas biar tetap awet dan bisa bertahan lama versi masputz.com. Jangan lupa lihat juga cara memperbaiki kulkas yang tidak bisa dingin.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Merawat Kulkas 1/ 2 Pintu Agar Awet"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.