Cara Memperbaiki Kulkas yang tidak bisa dingin

Kulkas atau Lemari es sangat diminati oleh masyarakat di Indonesia khususnya didaerah yang suhunya cukup panas. Apalagi saat musim paceklik atau Ramdhan tiba, sudah pasti banyak orang membuat minuman yang dicampur dengan es batu untuk mendinginkan badan dan biar lebih segar. Namun tidak sedikit pula orang mangalami kerusakan kulkasnya karena berbagai sebab, misalnya kulkas tidak mau dingin, kulkas sering mati sendiri, bahkan kulkas tidak mau hidup sama sekali. Bagi orang awam seperti saya ini pasti kebingungan bagaimana cara memperbaikinya. Namun seidikit info dibawah ini semoga bisa membantu.

Penyebab Lemari Es Tidak Bisa Dingin lagi
  1. Refrigran, Cooper Strainer atau Filter kulkas tersumbat, yang biasa terjadi di bagian pipa kapiler, sehingga sirkulasi gas freon tidak bisa bertukar. Kalau sudah tersumbat mending dibawa ke ahlinya.
  2. Adanya kerusakan di bagian rangkaian listrik seperti saklar selector, PTC (Bukan Pay to Click ya), Termostat (pengatur suhu), Thermofuse, Over load dll. Cek satu persatu atau perbagian.
  3. Kompresor mengalami kerusakan (Sudah parah kalau yang ini), jadi kalau anda bukan seorang teknisi lebih baik langsung dibawa saja kerumah sakit, maksudnya ke tukang service kulkas.
  4. Karet pintu yang tidak rata yang menyebabkan pintu tidak bisa tertutup dengan rapat, ini bisa terjadi karena usia kulkas atau bahkan karena adanya tarikan yang membuat karet bergeser.
  5. Kebocoran freon, sehingga tidak ada sirkulasi panas dari dalam kulkas menuju keluar. Ini juga termasuk jenis kerusakan berat, karena membutuhkan alat khusus untuk memperbaikinya.
  6. Motor Fan rusak/ terbakar.
Cara Menangani
  1. Jika kerusakan sudah ke bagian kompresor atau bagian perpipa an, lebih baik bawa ke tukang service saja, karena untuk memperbaikinya dibutuhkan alat yang memadai seperti  Freon, pentil pengisian, kawat las tembaga, Flare nut dll.
  2. namun apabila kerusakan hanya dibagian kelistrikan atau selain yang berat tadi maka kita tinggal ganti saja bagian yang rusak, misalnya, Saklar Selector tidak berfungsi tentu harus diganti yang baru, untuk mengeceknya tbisa menggunakan multimeter arahkan ke ohm, cara nya sama seperti kita mengukur saklar biasa, hanya saja ada beberapa pin selector  dan pin induk. Kemudian jika kerusakan yang terjadi adalah karena pintu tidak bisa tertutup dengan rapat (bocor) cara mengatasinya adalah dengan menata kembali karet yang melekat dipinggir pintu bagian dalam. Begitu juga dengan yang lainnya seperti kabel putus atau thermostat yang terbakar atau rusak tinggal kita cek secara fisik terlebih dahulu, jika tidak ada yang mencurigakan ya di tes satu persatu dengan multi meter.
Sedikit penjelasan tersebut semoga bisa membantu, Jika mengalami kerusakan ringan sebaiknya kita bongkar sendiri, namun juga harus lebih hati-hati, agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan. Untuk lebih detailnya mudah-mudahan nanti bisa diposting pada halaman selanjutnya. Yang terpenting tetap berusaha untuk mencari informasi dan tetap semangat pantang menyerah. terimasih sudah berkunjung.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

51 Komentar Untuk "Cara Memperbaiki Kulkas yang tidak bisa dingin"

  1. Kulkas ane merk sanyo mas,lampu nyala tapi mesin kompresornya gak bunyi.mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek dulu pada penyebebab nomor 2 diatas Mas sampai apakah arus sudah masuk ke kompresor melalui overload

      Delete
    2. Mau tanya mas..kulkas sy merk national buatan thn 1998. Bbrp hari ini sering mengalami mati mesin bbrp jam kmdn hdp lg dg sendirix. Menyebabkan kulkas tdk dingin shg es mencair. Mohon penjelasanx. Tks

      Delete
    3. Kalau pas mati lampu didalam kulkas ikut mati ndak Mbak Tina, Kalau ndak mungkin overload atau PTC nya, kalau bingung bawa ke servis aja mbak

      Delete
  2. Mas kalo punya saya ni show case tapi kemaren c tempat freon nya ke tusuk pisau jadi freon nya nyebur terus keluar sampe abis freon nya.. gmn cara ngebenerin nya

    ReplyDelete
  3. Bawa ketukang servis kulkas aja mas, biasanya itu ditambal atau diganti bagian yang tertusuk. Habis itu diisi ulang gas freonnya.

    ReplyDelete
  4. Mas lemari es saya baru imur 2 th tpi sekarang tiba2 ga dinggin pas pow
    er di cabut trus di pasang lg cuman setar aja nyalah terus mati lg kenapa ya mas

    ReplyDelete
  5. kulkas sharp tdk dingin, tetapi bagian frezer msh dingin. Kira" knp ya?

    ReplyDelete
  6. kulkas qu ga mau jd ess...bos...dinin nya sie dingiin...tapi ga mau membekuu...mhon info...tqs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek karet pada pintu, apa ada yang longgar

      Delete
    2. Min mau nnya saya baru bli kulkas 3 bln merek bleza 2 pintu awal bli baik az skrg ga mau beku es batux udb cek karetx msh bagus suara mesin bgs ga ada bunyi aneh2 difrezerx dingin az tp ga beku esx mohon pencerahan min

      Delete
    3. Kalau baru 3 bulan sebaiknya minta garansi aja ke tokonya Buk. Yang penting jalur perpipaan didalam freezer tidak ada yang bocor karena dicongkel. Untuk penyebabnya bisa juga karena kurang arus sehingga kompresor tidak bisa bekerja, (kalau dipegang panas sekali). Jika mengalami hal demikian sebaiknya jangan dicolok kelistrik dulu sampai kompresor dingin. setelah itu barulah bisa di hidupkan kembali dengan catatan arus harus normal.

      Delete
  7. mas kulkas saya merk daichi....udah jadul.....siap dmatikan sekarang gk mau dimngin...apa yg salah y...mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. COba cek sprti diatas, klo masih sama sebaiknya bawa ke servis saja gan

      Delete
  8. Min, ane punya kulkas showcase gea expo 90, dibagian belakang ada kabel warna hitam itu buat apa ya?soalnya pas ane disambungkan ke kabel warna hitam juga ko malah konslet ya?mohon bantuannya?

    ReplyDelete
  9. Wah kalau itu saya belum bisa pastikan gan, coba kirim gambarnya melalui email atau contact diatas

    ReplyDelete
  10. min, saya punya kulkas merk lg pas dicolokin ke listrik gak dingin min tapi mesin nya hidup min tolong penjelasnya

    ReplyDelete
  11. Kulas saya merek sharp 2 pintu tiba2 tidak dingin lg lampunya masih nyala kipas didalam masih jalan tapi compresornya g bunyi...biasanyq suka ada bunyi kontak trs compresor jalan kalo skrang tdk lg cuma bunyi kontak saja tapi kopresor g jalan....ini gara2 listrik byarpet2 terus...kira2 apanya yang rusak ya bos...

    ReplyDelete
  12. Kira-kira panas gak kompresornya, kalau panas, matikan dulu kulkasnya sampai kompresor dingin lalu hidupkan. Dan pastikan tegangan tidak kurang dari 180 V. Jika masih sama cek bagian overload, thermostat dan instalasi kelistrikan lainnya. Jika belum bisa sebaiknya bawa ke servis aja gan mungkin masalah dibagian pipa kapiler atau kompresor

    ReplyDelete
  13. mas mau nanya, saya mempunyai kulkas LG 2 pintu, kerusakannya yang keluar di dalam kulkas cuma angin aja, tidak ada dinginnya sama sekali, walaupun sdh dihidupkan berjam-jam.... mohon bantuannya pak gimana cara memperbaikinya step by step.... sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek tegangan apakah tidak down (minimal 180VAC) Selanjutnya cek kompresor panas atau tidak, jika panas kemungkinan tegangan kurang untuki itu tunggu sampai dingin baru dihidupkan lagi. Selanjutnya pastikan kompresor bekerja, jika tidak periksa terlebih dahulu overload, saklar, timer dsb. JIka belum kelar kemungkinan dibagian perpipaan atau gas freon, bawa keservis untuk masalah terakhir.

      Delete
  14. kulkas saya merek polytron tidak bisa dingin tapi mesin berjalam normal, di dalamnya terdengar gemericik air knp ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek karet pintu kulkas, apakah ada yang copot atau bocor. Kalau tidak masalah mungkin gas freon minta diganti.

      Delete
  15. min saya punya friser pernah ketusuk pisau. apakah masih bisa di benerin seperti sedia kala..? udah di bawa ke bengkel 2 kali.. yang pertama bilangnya bisa.. tapi setelah di coba hanya rak 1 dan 2 yang bisa bikin es. terus pindah bengkel lagi.. bilangnya juga bisa di perbaiki.. tapi sesudah selesai sama aja.. apa sebenernya punya saya udah gak bisa di tangani..? dan harus beli frezer buat bikin es yang baru..? sory ya min pertanyaanya panjang lebar.. :D

    ReplyDelete
  16. Kemungkinan masalah di jalur perpipaan gan. Untuk itu saya mohon maaf belum punya solusi,

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya kalo kondisi seperti freser saya itu. seharusnya gimana min.. masih bisa di benerin atao emang kudu beli freser baru.. yang ini di jual kiloan gitu kali ya.. saya jadi frustasi.. mau bawa ke bengkel lainya lagi takut kalo hasilnya sama aja.. kan sayang buang buang uang.. biaya servis di itung itung udah hampir 1 jt nih.. (maap min jadi curhat nih) wk.

      Delete
    2. Sebaiknya coba ke service centernya langsung Mas

      Delete
  17. Min mau tanya kulkas saya merk toshiba 2 pintu. Yg freezernya dingin dan esnya beku tp kenapa ya yg pintu ke 2 gak dingin...makanan saya di dalam lemari pendingin gak bisa dingin & basi jdnya. Penyebabnya apa tu min? Trus kasih solusi donk min...mksh min atas jwbnnya...

    ReplyDelete
  18. Itu banyak kemungkinnnya mabk, bisa jadi saluran pembuangan terhambat, akibat tertutup bunga es, selain itu kipas rusak, penutup bawah longgar, timmer defrost rusak, dan sebagainya untuk menangani terhambatnya pembuangan biasanya disiram air dari selang untuk melancarkan pembuangan. Jika penutup kurang rapat bisa ditata ulang sampai tertutup rapat. Untuk yang lainnya harus diganti komponennya dan harus dibongkar kulkasnya.

    ReplyDelete
  19. Min, kulkas saya belum ada sebulan. Tiba" lampunya mati namun kulkas tetap nyala. Itu kenapa ya min?

    ReplyDelete
  20. mungkin lampunya putus, coba di ganti

    ReplyDelete
  21. mungkin lampunya putus, coba di ganti

    ReplyDelete
    Replies
    1. min ,,,sya baru di kasih kulkas 2 pintu,mesin nyala terus tapu ga dingin2 merk whirlpool

      Delete
  22. kira2 dah dicoba langkah diats belum. kalau sudah mungkin gas freon perlu diisi ulang

    ReplyDelete
  23. Mas kulkas saya 2 pintu merek nasional. Ketika dicok yg dingin hanya frezeer di bagian pintu atas, bagian pintu bawah gak dingin.

    ReplyDelete
  24. Coba baca komentar diatas sudah ada

    ReplyDelete
  25. Coba baca komentar diatas sudah ada

    ReplyDelete
  26. Min showcase polytron sy tiba2 tdk dingin ad suara tak tak dibagian kompressor trus panas apa penyebabx it min

    ReplyDelete
  27. Mungkin kurang arus itu gan, tunggu hingga dingin kompresornya, setelah itu hidupkan lagi. Jika masih sama, kemungkinan kerusakan dibagian Overload yang nempel di prosesor, Yang parah kompresor bermasalah

    ReplyDelete
  28. Min , kulkas saya merek nya GoldStar 2 pintu , yang dingin cuma pintu atas , pintu bawah nya ga mau dingin , tolong info nya min , makasih .

    ReplyDelete
  29. pak mau nanya . gimana pak cara atasi minibar merk colcom kalau tidak dingin ? karena sudah bbrapa cara sudah dilakukan.

    ReplyDelete
  30. Sepertinya pertanyaan mas sudah ada di komentar diatas, jadi dibaca lagi. terimakasih

    ReplyDelete
  31. om,, kulkas saya sharp 1 pintu kasing yg belakang jika di tespen ada arus listrik y/nyetrum. sama kompresor y panas sekali sedang kan arus listrik stabil & normal. mohon solusi nya...

    ReplyDelete
  32. mungkin ada yang short kabelnya di bagian instalasi gan, tapi bagaimana dengan kulkasnya apa masih bisa dingin?

    ReplyDelete
  33. Om saya baru beli kulkas 2hari yang lalu. Trus udh di nyalain tapi frezeenya dingin bersalju tapi gak mau beku..trus ada bunyi kaya ada air mengalirnya itu normal atau enggkya

    ReplyDelete
  34. Itu normal gan, coba naikkan ke high atau medium

    ReplyDelete
  35. Enter your comment... mohon bantuanya pendingin minuman ku ngga seberapa dingin dan di dinding dalam kulkas terjadi bubga es yang tebal

    ReplyDelete
  36. Min saya baru beli kulkas polytron belezza 2. Waktu beli ga langsung dipakai, setelah hampir setahun baru dipakai tp ko ga dingin sama skali knpa ya min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek tegangannya apakah sudah pas, klo masih baru sebaiknya tanya ke tokonya, dan minta garansi klo rusak

      Delete
  37. Min saya baru beli kulkas polytron belezza 2. Waktu beli ga langsung dipakai, setelah hampir setahun baru dipakai tp ko ga dingin sama skali knpa ya min?

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.