Coba Cara ini, Jika Printer Mengalami Paper Jam

Printer mengalami paper jam adalah dimana saat kita mencetak dokumen tiba-tiba kertas nyangkut didalam dan tidak mau keluar lagi. Pada Jenis printer canon biasanya ini sering terjadi. Kebanyakan hal ini penyebabnya adalah adanya kotoran atau kerikil yang masuk ke dalam roler printer. Sehingga kertas tidak bisa ditarik oleh roler untuk masuk ke area head catridge. Dengan adanya kerikil atau benda lain tersebut, biasanya kertas masuk tidak lurus dan cenderung miring, akibatnya kertas akan macet dan saat kita tarik keluar sangat sulit karena miringnya kertas tadi. Kalau kita paksa juga maka kertas akan sobek dan menyisakan kertas didalamnya.

Pada jenis printer canon hal ini memang sering terjadi, hal ini karena setelah printer tidak dipakai kertas tidak diambil dan penutup kertas dibiarkan terbuka. Sehingga menyebabkan benda lain mudah masuk, baik itu karena kejatuhan dari atap atau yang lainnya. Untuk jenis printer lain seperti Brother atau Epson memang ada juga, khususnya brother disebabkan karena kertas yang terlalu tebal dan kaku. Namun kita bisa mengatasinya dengan mengambil kertas yang nyangkut dengan membuka penutup dibagian belakang. Kemudian kita gunakan kembali dengan kertas yang lebih tipis, biasanya sudah bisa.

Printer Mengalami Paper Jam
Selanjutnya coba cara berikut untuk memperbaiki printer paper jam jika kertas sudah diambil namun tetap macet juga.
  • Coba periksa apakah ada benda yang masuk kedalam, yang mengakibatkan kertas macet (paper jam). 
  • Ambil kertas dan buka penutupnya, kemudian balikkan printer sambil sedikit digoyangkan sampai benda lain yang ada didalam jatuh.
  • Jika cara diatas belum selesai juga maka kita harus mengambilnya dengan membuka penutupnya, kemudian pakai pinset dan ambil benda yang masuk.
  • Jika hal tersebut masih sulit dilakukan, terpaksa kita harus membongkar bagian atas printer, namun disini anda harus meneliti tiap bagian pada printer, jangan sampai bisa membuka tapi tidak bisa mengembalikannya, hehe.
Selain hal diatas sebenarnya bisa juga disebabkan karena roler yang rusak, dinamo tidak mau berputar. Namun hal ini jarang terjadi, yang paling sering adalah karena kotoran atau hewan yang masuk kedalam printer. Mungkin itulah tips kali ini jika printer anda mengalami paper jam, lihat juga cara merawat printer inkjet biar awet. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Coba Cara ini, Jika Printer Mengalami Paper Jam"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.