TV LG 21 Inch Cuma Garis Horizontal (Mendatar) Kadang Stanby

Kerusakan TV LG Slim Pearl Black 21 Inch dengan gejala kerusakan cuma garis horizontal saja yang tampil dilayar, memang kerap kali terjadi. Kebanyakan orang akan menganggap kerusakan ada pada rangkaian dibagian vertikal. Entah itu karena IC nya, Dioda maupun kapasitor. Namun kemarin pas waktu saya ketemu dengan masalah tersebut, sudah coba periksa sana sini dibagian vertikal ternyata tidak kunjung ketemu juga. Karena sebelumnya saya tidak menyangka kalau kerusakan ada di bagian defleksi yoke yang putus. Karena hal ini cukup jarang terjadi, oleh sebab itu berikut pengalaman saya mengenai kerusakan tersebut:

Pertama saya bongkar TV kemudian cek solderan dibagian vertikal khususnya pada IC 78141, Pada bagian tersebut memang terlihat agak sedikit gosong, mungkin karena kepanasan, jadi disolder ulang saja. Setelah itu TV coba dihidupkan dan ternyata garis mendatar (horizontal) saja yang tampil dilayar. Akhirnya saya coba cek satu persatu komponen di sekitar IC, baik itu Elco 100uF/ 35V dioda, resistor  dan sebagainya. Bahkan sampai pada pergantian IC vertikal tersebut. Namun tetap saja tidak kunjung sembuh penyakitnya. 
defleksi yoke

Sebelumnya saya juga sudah cek pada IC program pada bagian Ver. dan Tegangan IC vertikal ternyata tidak masalah, yaitu 25 VDC . Akhirnya saya curiga pada bagian defleksi yoke nya. Barulah kemudian saya copot Def. Yoke dan cek gulungan vertikal ternyata putus, Haduh sudah muter sana sini ternyata tak terpikirkan sebelumnya untuk mengecek bagian defleksi. Setelah diganti defleksi yang bagus ternyata TV sudah bisa normal kembali seperti sedia kala. 
letak defleksi yoke tv lg
letak defleksi yoke tv lg
Berhubung defleksi putus tentu akan timbul garis horizontal saja dilayar, akan tetapi jika short biasanya TV akan stanby bahkan akan merusak komponen lain dibagian vertikal, sedangkan jika yang putus bagian horizontal biasanya TV hanya akan muncul garis vertikal. Kalau kedua-duanya yang putus, maka hanya akan muncul titik saja ditengah. Begitulah kira-kira.

Perlu diperhatikan juga bahwa gulungan untuk defleksi yoke bagian vertikal lebih kecil dibandingkan horizontal. Untuk itu jangan sampai salah pemasangannya, Karena jika diukur dengan multimeter hambatan gulungan bagian vertikal juga lebih besar dibanding Horizontal. Sekian semoga bermanfaat, jangan lupa baca juga mengenai modif tv sharp yang hilang suara gambar ada

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "TV LG 21 Inch Cuma Garis Horizontal (Mendatar) Kadang Stanby"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.