Modifikasi IC TV Sharp Yang Hilang Suara Tapi Gambar Ada

Tadi pagi kebetulan admin masputz.com memperbaiki TV Sharp 21 inch gejalanya suara hilang tapi gambarnya masih ada. Sekilas memang kalau kita lihat TV tidak mengalami masalah, akan tetapi saat kita sambungkan ke receiver atau DVD player, maka tidak akan ada suara sama sekali, meskipun volume sudah dibesarkan sampai full tetap saja suara tidak ada. Sempat terpikir sebelumnya oleh saya kerusakan mungkin karena jalur audio amplifier atau input AV in ada yang putus/ retak. Tapi ternyata bukan itu penyebabnya. Baiklah berikut adalah yang saya lakukan dalam mereparasi TV sharp yang hilang suaranya.

Membongkar Casing  TV dan membersihkan mesinnya
Hal pertama sebelum memperbaikinya tentu kita bongkar dulu casingnya, setelah itu baru kita bersihkan bagian dalamnya dari kotoran yang menempel pada bagian komponen atau casing. Sehingga komponen bisa kita lihat dengan jelas isinya.

TV Sharp Yang Hilang Suara Tapi Gambar Ada
Memeriksa secara fisik komponen pada mesin TV
Selanjutnya adalah memeriksa pada bagian komponen yang mungkin saja ada terbakar/ gosong dan mencurigakan. Ternyata memang ada sebuah komponen penting didalam terlihat sudah retak, yaitu IC audio (suara) .Pada TV sharp ini menggunakan tipe TDA2797 yang memiliki 15 kaki berbentuk sisir. Nah disini saya sudah memiliki keyakinan kalau IC inilah yang rusak, sebab TV dinyalakan masih dalam keadaan normal, cuma suaranya saja yang tidak ada.


IC TV Sharp Yang rusak
Mencari Pengganti IC TDA2797
Setelah yakin hanya IC suara yang rusak akhirnya saya carikan di toko terdekat, namun tidak juga menemukannya, bahkan bilang pemilik tokonya katanya tidak jual IC itu. Waduh jadi ribet ini kalau hanya sebuah IC saja belum didapatkan. Akhirnya saya memutuskan untuk memodifikasinya saja.

Membuat Penguat suara sederhana dengan IC TDA2003
Akhirnya saya putuskan untuk membuatkan ampli sendiri untuk TV sharp tersebut, yaitu dengan menggunakan IC TDA2003, IC ini saya pilih karena skemanya yang tidak terlalu rumit, namun hasilnya lumayan bagus. Nah berikut ini adalah gambar skemanya.
skema rangkaian penguat suara
Dibagian kiri adalah skema rangkaian penguat suara aslinya yaitu menggunakan TDA7297, kemudian disamping kanan adalah gambar skema power ampli TDA2003 yang biasa dipakai pada mesin TV china. Selanjutnya kita carikan komponen yang dibutuhkan, lalu kita rakit dan dipasang pada mesin TV. Kalau saya gunakan PCB matriks saja biar cepat dan tidak ribet.

modifikasi ic tv sharp
Modifikasi Penguat audio dengan Mesin TV
modifikasi ic tv sharp dari belakang
Seperti yang dapat kita lihat pada skema, kalau IC TDA7297 memiliki 15 kaki sedangkan TDA2003 memiliki 5 kaki, Jadi kabel yang dihubungkan adalah input, tegangan positif dan negatif. cuma tiga kabel saja dari mesin ke penguat audio ini. 
 Caranya adalah:
pemasangan ic tda 2003

Kaki 4 atau 12 pada mesin TV dihubungkan dengan  input penguat audio rakitan ini/ pada kaki ke 1 (pertama). Selanjutnya kaki 13 pada mesin dihubungkan pada + penguat audio dan - (min) dihubungkan ke kaki no.3 penguat audio. Selanjutnya tinggal kita coba.

Finishing
Tahap terakhir adalah mencobanya, dan ternyata setelah TV dinyalakan bisa berbunyi kembali. Entah hasilnya sama seperti aslinya atau tidak yang jelas bisa bersuara normal itu saja jadinya. (La wong saya juga tidak tahu gimana suara aslinya, kan yang saya tahu sudah rusak.. hehe). Setelah dihidupkan beberapa lama tidak bermasalah, barulah kita pasang kembali mesin TV dan casingnya.
Bersyukur
Setelah sukses memperbaikinya tentu kita wajib bersyukur, karena segala upaya ini tidak lepas dari-Nya. Mohon maaf jika ada kekurangan dalam postingan ini dan semoga bisa bermanfaat .

Berlangganan update terbaru secara gratis:

4 Komentar Untuk "Modifikasi IC TV Sharp Yang Hilang Suara Tapi Gambar Ada"

  1. Gan mau nanya nih, tv nangkep siaran, gambar bening suara bisu, tapi kalau pake vcd player gambar normal suara normal, ada satu lagi gejalanya yaitu ga bisa nyangkol buat pencarian otomatis,,, kalo pencarian manual bisa nangkep siaran bening cuma itu suara bisu.
    Apa ada solusinya gan? Terimakasih sebelumnya.. :)

    ReplyDelete
  2. Kemungkinan rangkaian tuner bermasalah gan, coba cek komponen di sekitarnya sblm masuk ke audio input IC PROGRAM

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.