Penyebab TV Tabung Terdengar Suara Mendesis

Kadang kala saat pertama kali TV tabung kita hidupkan akan timbul suara mendesis, kalau hanya sekali saja tidak begitu masalah, akan tetapi jika suara desis timbul terus menerus dalam waktu yang lama, tentu akan berbahaya juga. Hampir setiap TV tabung baik itu Slim maupun yang masih cembung sering juga mengalaminya. Oleh sebab itu sebelum kita perbaiki TV tersebut perlu kita ketahui penyebab suara mendesis tersebut. Biasanya hal ini disebabkan adanya arus yang bocor dari flyback entah itu ada kabel yang terkelupas, kop tabung tidak bagus atau flyback yang rusak.

Umumnya suara tersebut terdengar pada bagian tabung, khususnya di kop tabung/kabel yang mengarah ke ply back. Hal ini jika dibiarkan bisa saja merusak komponen lain disekitarnya. Untuk itu perlu dilakukan perbaikan segera sebelum merembet kemana-mana. Nah untuk caranya adalah bongkar casis TV kemudian coba nyalakan, maka dapat kita lihat ada percikan bunga api atau arus listrik berwarna biru, entah itu dibagian kop tabung atau dibagian kabel. Kalau sudah kita ketahui letak kebocoran arus tersebut langkah selanjutnya adalah menambal atau menggantinya, Biasanya kalau kabel yang terkelupas, cukup di lem atau ditambal saja, namun jika kebocoran dibagian kop tabung maka sebaiknya kita ganti saja kopnya dengan yag masih bagus. 

ply back tv

Perlu diketahui juga saat mencopot kop tabung harus hati-hati, sebab meski TV dalam keadaan mati, masiha ada arus tersimpan didalam tabung. Oleh sebab itu sebelum mencopot kop tersebut wajib kita buang dulu arusnya dengan menghubungkannya ke ground TV. Biasanya saya menggunakan probe multimeter (namun tidak direkomendasikan). Setelah itu barulah dilakukan pergantian kop tersebut. Namun jangan lupa juga sebelum memasang kop tersebut bersihkan dahulu kotoran yang ada disekitar tabung, karena hal itulah yang memicu terjadinya kebocoran arus dari kop tersebut. Sedangkan jika kebocoran ada dibagian plyback sebaiknya diganti baru saja. Agar TV masih bisa bertahan lama. 
kop tabung tv

Sebaiknya hal ini tidak dipraktekkan jika tidak ditemani dengan orang yang ahli dibidangnya sebab resikonya sangat besar, karena berhubungan dengan arus tinggi (ribuan volt). Oleh sebab itu tidak dianjurkan bagi pemula yang baru mengetahui elektronika. Terimakasih baca juga cara merekam acara televisi.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

2 Komentar Untuk "Penyebab TV Tabung Terdengar Suara Mendesis"

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.