Tips Atasi Layar Sentuh (Touch Screen) HP Tidak Berfungsi

Handphone dengan layar sentuh memang sudah marak beredar di Indonesia, Banyak sekali jenis dan tipe dari brand- terkenal begitu diminati. Misalnya Android, Lumia, Ipad, Windows Phone dan sebagainya. Nah kebetulan kemarin ada teman saya yang sedang bingung dengan HP china merk Mito yang katanya layar sentuhnya sudah tidak berfungsi. Sebelumnya kadang berfungsi kadang juga tidak. Akhirnya Ia meminta saya untuk memperbaikinya. Tanpa pikir panjang HP langsung saya bongkar dan ternyata didalamnya kedapatan layar touchscreen sudah retak di bagian pojoknya, sehingga hal ini bisa menyebabkan jalur touchscreen putus nyambung.

Untuk mengatasinya sebenarnya kita cukup mengganti layar sentuhnya saja. Untuk memasangnya juga tidak terlalu rumit. Hanya saja jika tidak teliti bisa saja kabel fleksibel layar malah putus. Nah berikut adalah screen shoot HP nya.
pin touchscreen hp china
Pada gambar diatas dapar kita lihat ada 4 jalur pada touchscreen. Nah untuk mencopotnya cukup kita solder saja. Selanjutnya ganti yang baru, Berhubung kemarin lupa njepret pas waktu nggantinya ya mohon maaf jika masih banyak kekurangan, lain waktu jika ketemu masalah serupa akan diperbaiki gambarnya.
toucscreen retak
Sebenarnya permasalahannya adalah adanya retakan pada pojok kanan atas touchscreen yang retak, sehingga jalurnya ikut putus, maklum penulis masih newbie jadi belum bisa menjelaskan jalur apasaja. Namun yang pasti HP bisa normal kembali setelah pergantian touchscreen tersebut. Terimakasih sudah berkunjung semoga sedikit gambaran pengalaman ini bisa bermanfaat buat anda.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

2 Komentar Untuk "Tips Atasi Layar Sentuh (Touch Screen) HP Tidak Berfungsi"

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.