Tips Memilih Jenis Pompa Air Terbaik Untuk Rumah Tangga

Memilih jenis pompa air terbaik memang hal yang perlu kita lakukan saat hendak membeli sebelum dipasang. Umumnya pompa air digunakan untuk menyedot air dari dalam sumur. Entah itu jenis sumur bor maupun galian biasa. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air dalam kehidupan rumah tangga. Pompa air yang bagus sebenarnya sangat banyak sekali. Namun untuk memilih yang tepat sesuai dengan kebutuhan, juga menjadi hal penting. Karena kepuasan dari konsumen adalah tujuan utama dalam memilih pompa air terbaik. Jangan sampai setelah kita membeli dan memasang pompa air konsumen justru akan kecewa. Sebab kita juga tahu banyak sekali brand atau merk terkenal seperti Sanyo, Shimizu, Panasonic, Grundfos, Wasser, Dab, Hitachi dan sebagainya. Untuk itu pada kesempatan kali ini masputz.com akan share mengenai tipsnya.

Pertimbangkan hal ini sebelum memilih jenis pompa air

Budget yang tersedia

Jika kita memiliki cukup biaya untuk membeli pompa air dengan kualitas yang bagus, maka tidak ada salahnya kita pilih jenis jet pump , meskipun kedalaman sumur tidak terlalu dalam, karena kita tahu daya hisap jenis tersebut sangat kuat. sehingga pengisian bak mandi atau toren bisa lebih cepat. Akan tetapi jika budget kita pas-pasan maka pilih saja jenis pompa air dangkal. Namun jika ternyata sumur terlalu dalam, kita bisa mengakalinya dengan menaruh pompa didalam sumur. Meskipun tidak direkomendasikan namun untuk menyesuaikan budget tidak ada salahnya. Karena kita juga tahu pompa air rata-rata membutuhkan daya lebih tinggi dibandingkan perangkat lainnya. Untuk jenis pompa air dangkal saja sudah 100 - 250 watt. Kebutuhan energi listrik yang tinggi adalah ketika saklar di ON kan, yaitu sekitar 2 x lipat bahkan lebih. 

Kedalaman Sumur

Kedalaman sumur sebenarnya menjadi hal pokok yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli pompa air. Sebab setiap jenis pompa air memiliki kemampuan daya hisap yang berbeda-beda. Untuk itu berikut adalah jenis pompa air sesuai dengan kemampuannya:

  • Pompa air Dangkal

Jenis ini direkomendasikan untuk kedalaman sumur dibawah 7 m.

  • Pompa air Semi Jet Pump

Jenis ini direkomendasikan untuk kedalaman sumur dibawah 11 m.

  • Pompa Air Jet Pump

Untuk jet pump bisa mencapai kedalaman hingga 20 meter untuk watt yang tinggi.

Jarak sumur dengan bak air atau toran

Selain kedalaman sumur jarak juga perlu diperhatikan, sebab pompa air juga memiliki daya dorong yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Misalnya kalau untuk sumur dangkal mungkin kita bisa gunakan jenis pompa air dangkal namun jika jarak pompa air ke rumah cukup jauh, maka semi jet pump atau jet pump bisa menjadi pilihan. Umumnya ini terjadi pada daerah perbukitan maupun daerah yang kurang sumber air.

Daya Listrik dirumah

Selain beberapa hal diatas kita juga harus menyesuaikan dengan daya kwh meter dirumah. Jangan sampai kita membeli jenis jet pump 500 watt namun daya listrik cuma 900 watt. Maka akan terjadi kekurangan beban listrik. Karena seperti yang sudah disebutkan diatas tadi pompa air membutuhkan minimal 2x lipat daya ketika pertama di hidupkan. Untuk itu kwh 2200 watt harus tersedia untuk jenis pompa ini.
Memilih Jenis Pompa Air Terbaik

Setelah mempertimbangkan hal diatas, sekarang saatnya memilih jenis pompa air yang terbaik untuk dipasang. Lalu bagaimana cara memilih pompa air yang bagus? apakah dilihat dari merknya, spesifikasinya, harganya atau dari katanya. 

Perlu kita tahu bahwa setiap produsen pompa air pasti mengklaim produknya sangat bagus dan direkomendasikan. Sebagai konsumen tentu harus pandai-pandai dalam menentukannya. Tidak hanya sekedar ikut-ikutan tanpa mempertimbangkan hal diatas. Untuk itu berikut adalah tips versi masputz.com

Tips memilih jenis pompa air

Cari info seputar pompa air

Maksudnya disini adalah sebelum membeli sebaiknya kita cari informasi terlebih dahulu mengenai jenis, kualitas, merk dan juga kebutuhan daya. Paling tidak kita tahu sedikit mengenai kebutuhan pompa airnya seperti apa. Selain itu alangkah lebih baiknya kalau kita cari informasi kepada para pengguna disekitar kita mengenai kualitas dan kehebatan pompa air yang dipakainya, atau bisa juga browsing di internet mengenai spesifikasi dan teknisnya.

Pilih dari brand atau merk terpercaya.

Terkadang tidak sedikit orang tertipu mengenai harga yang murah, namun tidak jelas merk dan spesifikasinya. Untuk itu sebelum kita membelinya, maka mencari info sangat diperlukan. Banyak sekali brand terkenal yang sudah beredar di Indonesia. 

Sesuaikan Spesifikasi pompa air sesuai kebutuhan

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa tidak semua pompa air memiliki spesifikasi yang sama. Untuk itu lihat dari kedalaman air, jarak sumur dengan rumah, daya listrik yang tersedia, dan budget yang tersedia. 

Pilih produk bergaransi

Pompa air bergaransi bisa menjadi pilihan, andaikata ada kerusakan teknis dari pabrik, kita bisa menukarnya. Oleh sebab itu sekurang-kurangnya memiliki garansi 1 tahun sejak pembelian. 

Nah dari uraian diatas, sekarang tinggal Anda mau menentukan jenis pompa air seperti apa yang bagus sesuai dengan kebutuhan dirumah. Simak juga cara merawat pompa air biar awet.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Tips Memilih Jenis Pompa Air Terbaik Untuk Rumah Tangga"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.