Cara Unik Menguatkan Sinyal HP Android 3G

Cara untuk menguatkan sinyal HP/ Smartphone sebenarnya banyak sekali caranya. Namun pada kesempatan kali ini, masputz.com akan share tips unik agar jaringan GSM seperti EDGE, 3G maupun HSPA bisa meningkat dengan mudah. Cara ini berlaku untuk berbagai macam tipe HP baik itu Nokia, Android, Blackberry, iPhone, Smartfren dan sebagainya. Sinyal yang bagus tentu akan memudahkan kita dalam berkomunikasi baik telepon, sms maupun data internet. 

Sebenarnya cara ini saya praktekkan waktu kemarin pergi ke tempat teman saya, yang memang daerahnya minim sekali signal. Saat didalam rumah tidak dapat sinyal sama sekali, sedangkan saat keluar rumah barulah dapat signal meskipun sangat minim, yaitu sekitar 1 bar saja atau -109dbm. Nah sebelum mencobanya, maka yang perlu disiapkan adalah sebuah wajan atau tutup panci, kalau tidak ada ember pun jadilah hehe. Yang penting terbuat dari bahan konduktor, namun yang bagus adalah terbuat dari alumunium maupun tembaga. Untuk selanjutnya berikut adalah caranya:

Menguatkan Sinyal HP Android

Cara Menguatkan Sinyal HP Android


  1. Letakkan wajan menghadap ke BTS terdekat sesuai dengan SIMCARD (kartu seluler) yang dipakai.
  2. Usahakan tidak terhalang pohon maupun bangunan.
  3. Kemudian posisikan HP atau smartphone di depan wajan.
  4. Untuk jaraknya bisa Anda coba sendiri sambil melihat kualitas sinyal yang didapat.
  5. Semakin cembung bentuk wajan , maka semakin dekat posisi HP dengan wajan. Semakin pipih wajan atau tutup panci maka semakin jauh posisi HP.
  6. Selanjutnya silahkan dipraktekkan, mau dibuat browsing, chatting, youtube, nelpon terserah yang penting harus sudah ada sinyalnya.
  7. Cara diatas akan membuat sinyal HP jadi lebih bagus dan lebih stabil.

Perlu diingat cara ini tidak direkomendasikan didalam ruangan atau didalam rumah ya!
Cukup mudah bukan tipsnya? Jika anda ingin membuat sebuah antena outdoor untuk HP/ modem silahkan baca mengenai cara membuat antena induksi untuk modem dan handphone.
Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan sinyal 3G atau HSPA saja?
Untuk mendapatkan sinyal 3G saja maka ketahui dulu apakah BTS terdekat sudah dipasang 3G atau belum. Jika belum maka jangan berharap untuk bisa mendapatkan akses 3G. Akan tetapi jika sudah ada jaringan 3G, namun sinyal minim coba setting diandroidnya dengan cara berikut:
lihat juga cara membuat antena penguat sinyal modem USB

Cara Setting 3G (WCDMA Only) di HP Android


  • Buka menu dan pilih setelan atau Setting, lalu pilih selengkapnya.

setelan android

  •  Setelah itu pilih jaringan seluler seperti gambar dibawah ini

jaringan android

  •  Kemudian Pilih SIM yang dipakai, misalnya SIM 1 atau 2

pilih sim
  • Selanjutnya pada pengaturan jaringan pilih jenis jaringan yang dipilih.

jenis jaringan yang dipilih

  •  Jika sudah pilih Hanya WCDMA seperti dibawah ini.

pilih wcdma

Jika tahapan tersebut sudah dilalui silahkan kembali dan lihat hasilnya. Maka hanya sinyal 3G saja yang bisa diterima, sedangkan untuk sinyal 2G atau edge tidak akan diterima. Cara setting diatas tidak berlaku jika diarea Anda tidak ada BTS 3G. Mudah-mudahan akses internet bisa jadi lebih cepat.  Semoga sedikit pengalaman ini bermanfaat buat anda. Simak juga mengenai cara internetan didaerah yang tidak ada jaringan sama sekali

Berlangganan update terbaru secara gratis:

2 Komentar Untuk "Cara Unik Menguatkan Sinyal HP Android 3G"

  1. Ya sih kalau Pakai Wajan atau Yang berbentuk Cembung Dapat menguat kan Sinyal Tapi kalau pakai Yang gitu sambil Ke luar rumah Repot juga ^_^

    ReplyDelete
  2. Ya jg sih, tp klo kpepet ya bleh dcoba hehe...

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.