Cara Mengatasi Tanggal dan Jam Pada Laptop Berubah Sendiri

Pada laptop maupun Komputer, tanggal dan jam merupakan penunjuk waktu yang penting. Sebab jika tanggal dan jam terlampau jauh kebelakang bisa berpengaruh terhadap program aplikasi lainnya, selain itu terkadang saat pertama kali dihidupkan muncul pemberitahuan "date and time not set". Sehingga kita diminta untuk mengatur waktunya terlebih dahulu agar laptop bisa kita nyalakan. Namun bagaimana jika setelah kita setting ternyata berubah sendiri atau kembali lagi keawal lagi setelah dimatikan?

Mengenai hal tersebut saya pernah beberapa kali mengalaminya, baik pada laptop maupun komputer. Memang terkadang setelah kita set waktu normal kembali, begitu juga setelah di restart. Akan tetapi jika sudah lama dimatikan kemudian berubah dengan sendirinya atau kembali ke waktu default windows. Kalau sudah begitu jangan panik dulu ya, mungkin cara berikut ini bisa membantu.

Cara mengatasi tanggal dan jam berubah sendiri di laptop

Penyebab paling umum adalah karena baterai CMOS sudah soak atau rusak. Sehingga hal ini menyebabkan settingan waktu tidak tersimpan. Oleh sebab itu perlu kita ganti. Mengenai cara menggantinya cukup mudah, akan tetapi terkadang letak baterai CMOS tidak sama pada masing-masing laptop. Sebagai contoh berikut adalah gambar lokasi baterai tersebut pada laptop Compaq CQxx.

Tanggal dan Jam Pada Laptop Berubah Sendiri
 Pada gambar tersebut dapat kita lihat letak baterai cmos berada disamping WLAN adapter. Jadi kita tinggal cabut saja dari socketnya kemudian kita ganti yang masih bagus, namun dibeberapa laptop ada juga yang tidak dibungkus dengan isolator.
Lokasi baterai cmos
Setelah pergantian tersebut selanjutnya adalah dengan mengatur tanggalnya bisa melalui BIOS sebelum laptop booting atau melalui setting di windows. Untuk setting windows kita cukup klik saja tanggal yang ada dipojok kanan bawah, kemudian klik change date and time setting.
tanggal dan jam
 Setelah itu akan muncul tampilan date and time seperti dibawah ini klik lagi tombol change date and time
change date and time
Sehingga akan muncul lagi tampilan dibawah ini, silahkan ganti tanggal dan waktunya jika sudah selesai klik OK
merubah tanggal dan jam
Setelah melakukan cara diatas semoga masalah bisa teratasi. Penyebab rusaknya baterai CMOS terkadang juga bisa mengakibatkan selalu muncul BIOS setiap kali dihidupkan. Oleh sebab itu silahkan baca juga mengenai penyebab laptop muncul BIOS setiap kali dihidupkan.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Mengatasi Tanggal dan Jam Pada Laptop Berubah Sendiri"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.