Cara Mengubah Hardisk Internal Laptop Menjadi Eksternal

Pada kesempatan sebelumnya sudah dibahas mengenai cara memasang hardisk SATA internal laptop. Nah untuk selanjutnya bagaimana jika laptop sudah rusak sementara hardisk masih berfungsi dengan baik?. Dari pada hardisk terbuang sia-sia, alangkah baiknya jika kita manfaatkan saja untuk dijadikan menjadi hardisk external saja. Dengan begitu kita akan memiliki penyimpanan eksternal yang cukup besar (tergantung kapasitas HDD) dan bersifat portable, artinya tinggal kita hubungkan saja ke USB laptop hardisk langsung terbaca. Biasanya ukuran hardisk laptop berkisar 160GB, 250GB, 360GB, 500GB bahkan ada juga yang 1Tera lebih. Jadi dengan adanya penyimpanan yang besar tersebut bisa kita manfaatkan untuk menyimpan file-file dalam ukuran besar, seperti film, Video, Foto atau aplikasi berukuran besar.

Selanjutnya berikut adalah cara mengubah hardisk eksternal menjadi internal dengan mudah yaitu dengan menggunakan 2,5" HDD External Case. Yang mana perangkat ini bisa kita fungsikan untuk menghubungkan Hardisk SATA ke laptop melalui USB 2.0, Untuk harganya kemarin admin beli sekitar Rp.60.000,-. Namun untuk USB 3.0 berkisar 100 ribuan. Jadi saya beli yang murah saja dan berikut adalah cara pemasangannya.
  • Persiapkan perangkat yaitu HDD External case dan Hardisk Internal SATA laptop.
Mengubah Hardisk Internal menjadi eksternal
  • Selanjutnya pada HDD external case sudah terdapat Casing, perangkat convert SATA ke USB, 2 buah baut, Obeng kecil dan juga dompetnya.
perangkat HDD external case
  •  Pasang perangkat convert SATA to USB pada hardisk pelan - pelan.
memasang perangkat converter SATA to USB
  • Selanjutnya Masukkan Hardisk ke casing HDD Case External
memasukkan hardisk ke casis
  •  Setelah tahap diatas diselesaikan, maka pasang bautnya agar kuat dan tidak goyang
memasang baut
  •  Setelah itu proses pemasangan sudah selesai, tinggal kita hubungkan USB HDD external ke Laptop
memasang USB untuk ke laptop
Dari beberapa tahap diatas, saat kita memasang casing dengan hardisk biasanya akan saya tambahkan kertas sampul untuk mengganjal bagian belakang dan samping. Hal ini saya maksudkan agar hardisk tidak konslet dengan body sekaligus agar hardisk tidak mudah bergeser atau goyang di dalam casis. Semoga sedikit artikel ini bisa bermanfaat buat anda. Jangan lupa untuk lihat cara membersihkan kipas pendingin pada laptop.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

4 Komentar Untuk "Cara Mengubah Hardisk Internal Laptop Menjadi Eksternal"

  1. #Hellp

    Gan ane sudah beli & sudah konek. ( berfusi untuk penimpanan ).
    Di leptop terbaca. Namun pas ane konek ke led tv via port usb, kok tidak terbaca yaa gan.

    Apa yg perlu di tambah ya gan ?
    Tks.

    ReplyDelete
  2. Mungkin terlalu besar kapasitas HDD sehingga TV LED tidak mampu membacanya

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.