Antena Penguat Signal Modem GSM Buatan Sendiri

Beberapa orang terkadang merasa bingung bagaimana cara mendapatkan sinyal modem yang bagus. Ada yang keluar rumah sambil membawa modem dan laptopnya, ada yang mencari tempat terbuka dan lebih tinggi, Bahkan mungkin ada juga yang naik pohon sambil membawa laptop, hehe. Nah pada kesempatan kali ini masputz.com akan berbagi tips buat Anda semua yang mungkin sedang dilanda galau akibat modemnya tidak dapat sinyal. Oleh karena itu berikut adalah tips bagaimana cara mendapatkan sinyal dengan menggunakan Antena penguat signal modem GSM buatan sendiri. Namun sebelum itu perlu juga kita ketahui kenapa modem kurang sinyal atau tidak mendapat sinyal sama sekali.
  1. Tidak ada BTS Seluler terdekat pada Simcard yang digunakan
  2. Modem sudah lemah sinyal atau mengalami kerusakan
  3. Berada pada ruang yang tertutup, sementara BTS cukup jauh.
  4. Berada di daerah yang terhalang bangunan, bukit, gunung atau pepohonan.
  5. dan lain-lain
Nah dari beberapa penyebab sinyal lemah tersebut. Maka berikut adalah contoh Antena Penguat signal modem terbaik menurut saya. 
Antena wajan bolic modem USB extender


Antena penguat sinyal modem double dish induksi
 
Kedua jenis antena tersebut telah saya uji sebelumnya dengan jarak sekita 20km dari BTS, maklum saja lokasi saya cukup jauh dari perkotaan jadinya dengan membuat antena penguat signal modem sendiri justru akan lebih baik. Selain lebih kreatif kita akan lebih puas dengan hasil yang didapatkan. 

Selanjutnya bagaimana jika setelah membuat antena untuk memperkuat signal modem tersebut ternyata hasilnya kurang bagus, atau tidak dapat signal, padahal antena sudah dibuat sesuai dengan prosedur atau petunjuk. Mengenai hal ini tentu kembali kepada kita juga, karena sebelumnya saya juga banyak mengalami kegagalan saat membuatnya. Mungkin karena bahan yang kurang tepat atau juga karena proses pengukuran dan pemasangan kurang pas. 

Kemarin hal yang menjadi kegagalan saya dalam membuat antena adalah tidak tahu bagaimana proses mendapatkan signalnya. Terus seperti apa signal yang bagus, selain itu aplikasi apa yang digunakan untuk mendeteksi signal. Nah akhirnya jawabannya cukup mudah yaitu terus berusaha dan berdoa, hehe. maksudnya untuk mendapatkan signal yang bagus kita cek dulu modemnya tipe apa, kalau jenis modem dongle seperti Huawei, ZTE, Sierra dan sebagainya kita bisa menggunakan aplikasi MDMA/ MMD untuk mendeksi signal sedangkan untuk penggunaan jenis induksi tentu kita tempelkan saja pada bagian modem yang berada dekat dengan area antena internal modem. Sampai disitu kita pasang antena setinggi mungkin untuk jenis induksi lalu kita arahkan ke BTS sampai mendapat signal yang maksimal. Sedangkan jika pada modem ada konektor untuk antena kita bisa sambungkan saja menggunakan konektor pigtail yang banyak dijual secara online. Semoga sedikit artikel ini bermanfaat buat anda.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

2 Komentar Untuk "Antena Penguat Signal Modem GSM Buatan Sendiri"

  1. Ada no hp masputz, jujur dgn pribadi ingin coba. Trims.

    ReplyDelete
  2. SIlahkan diskusikan melalui contact form diatas gan

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.