Servis TV Polytron Kadang Hidup, Terkadang Stanby

Kerusakan pada TV polytron yang kadang mau hidup namun terkadang cuma stanby meski berulang-ulang kali menekan tombol power pada remote maupun tombol CH pada TV. Sebenarnya jenis kerusakan semacam ini adalah kerusakan ringan. Namun jika terus dibiarkan bisa juga bertambah parah. 

Nah kebetulan kemarin saya pernah menemui kerusakan semacam ini. Kata pemiliknya setiap kali dihidupkan terkadang langsung ON, namun terkadang harus menekan tombol CH terlebih dahulu baru TV bisa hidup itupun terkadang harus berulang-ulang kali. Bahkan sering kali tidak mau hidup meski sudah berkali - kali di ON kan. Sehingga Televisi dalam posisi stanby saja.


servis tv polytron kadang hidup

Selanjutnya setelah mengetahui gejala kerusakan tersebut. Tahap yang saya lakukan adalah sebagai berikut:
  • Membongkar casing TV, lalu membersihkan kotoran yang menempel pada mesin TV. 
  • Setelah mesin sudah terlihat bersih, lalu mengecek elco pada B+, rangkaian horizontal, vertikal dan sebagainya. 
mesin TV polytron
  • Ternyata disitu didapati ada tiga buah elco yang mencurigakan, untuk elco B+ yang berukuran 160V 470u terlihat menggembung dan pada bagian vertikal terlihat ada elco yang pembungkus plastiknya tidak sempurna yaitu 220u/50V dan 1u/50V. Tanpa pengecekan langsung saya ganti saja, lagian harganya juga tidak mahal. 
  • Setelah proses penggantian selesai maka TV dihidupkan kembali dan ternyata masalah sudah teratasi.
Dari pengalaman tersebut, menurut saya penyebabnya adalah karena adanya elco yang rusak khususnya yang memiliki tegangan tinggi seperti elco 250V, 160V dan sebagainya. Selain hal tersebut bisa juga disebabkan karena
  • Solderan retak pada rangkaian
  • Rangkaian protec bermasalah
  • Tegangan regulator drop.
  •  dan sebagainya
pcb mesin TV dari bawah
Yang jelas apabila ada sedikit tidak normal pada rangkaian, maupun ada tegangan yang berubah yang menyebabkan rangkaian protec bekerja. Sehingga hal itulah mengakibatkan TV langsung stanby, meski berkali - kali ditekan tombol power. Semoga sedikit artikel ini bisa bermanfaat buat anda kalau ada yang lainnya silahkan ditambahkan.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Servis TV Polytron Kadang Hidup, Terkadang Stanby "

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.