Cara Membersihkan Kipas Pendingin Laptop dengan Mudah

Membersihkan kipas pendingin pada laptop sebenarnya sangat mudah jika kita mau melakukannya. Caranya adalah dengan kita membongkar casing laptop kemudian kita ambil kipasnya lalu kita bersihkan saja menggunakan kuas pembersih kemudian kita lap dengan kain pembersih. Namun terkadang seseorang masih bingung bagaimana cara membuka dan menemukan kipas laptop tersebut. Untuk itu sebelum melanjutkan membacanya alangkah baiknya jika anda membaca terlebih dahulu postingan sebelumnya mengenai cara mengganti kipas laptop/ notebook.

Pada pembahasan tersebut sudah ada step by step dalam membongkar casing laptop, kemudian kita copot kipas pendingin pada laptop. Setiap laptop belum tentu akan sama cara membongkarnya. Ada banyak baut yang harus dicopot. Meski ada juga yang tidak memakai baut pada penutup bagian bawah. Untuk itu sebelum membongkar sebaiknya cari dulu referensi tentang cara membongkar laptop sesuai dengan merk dan tipe laptop anda. Misalnya compaq CQ42, CQ 43, Acer aspire one, HP, Asus, Thosiba, Lenovo, Axio dan sebagainya. 
 Kipas Pendingin Laptop

lalu bagi yang takut untuk membongkarnya anda bisa juga menggunakan teknik membersihkan kipas laptop tanpa membongkar casing laptop. Caranya adalah dengan menggunakan bantuan penyedot debu/ Vakum Cleaner. Jadi kita arahkan saja selang penyedot dibagian terdekat pada kipas laptop, yaitu pada bagian yang berlubang. Selain untuk membersihkan kipas bisa juga untuk membersihkan bagian lainnya seperti keyboard, mother board dan sebagainya. Namun cara ini hanya bisa kita lakukan jika kotoran tidak terlalu banyak atau belum ada yang lengket pada baling-baling atau bagian kipas laptop. Untuk itu jika sudah terlalu kotor apalagi ada kemasukan benda yang berukuran besar sebaiknya dibongkar saja.

Nah kebanyakan kipas laptop yang seret atau tidak bisa berputar bisa juga karena adanya kotoran. Karena jika kipas laptop tidak berfungsi dengan baik bahkan mati total akan menyebabkan Laptop cepat panas, bahkan dibanyak kasus menyebabkan laptop mudah mati sendiri karena adanya panas berlebih pada processor laptop. Mungkin sampai disini dulu untuk contoh membongkar silahkan pada Cara mengganti kipas laptop yang rusak.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Membersihkan Kipas Pendingin Laptop dengan Mudah"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.