Cara Mengganti Kipas Laptop/ Notebook Yang Rusak

Beberapa hari yang lalu admin diminta memperbaiki laptop yang kerusakannya adalah kipas DC yang berfungsi sebagai pendingin processor laptop rusak/ tidak mau berputar lagi. Padahal settingan di BIOS sudah fan always active alias kipas selalu aktif. Jadi waktu itu langsung saja saya bongkar laptopnya untuk mengidentifikasi apakah memang benar kipas di dalam laptop sudah tidak bisa berfungsi atau memang ada kerusakan hardware lainnya. Saat dinyalakan pertama sebenarnya laptop ini normal-normal saja tidak ada gangguan dan kelihatan tidak ada yang rusak, akan tetapi setelah dipakai beberapa waktu yang lama, maka akan terasa laptop menjadi panas diatas standar. Hal inilah yang membuat teman saya takut kalau terus begitu akan menambah kerusakan yang lebih parah. 

Berikut adalah spesifikasi laptop yang dibongkar untuk diganti kipasnya:
Merk : HP mini
Processor : Intel Atom
Hardisk : 250 GB
RAM/ DDR2 : 1GB
mengganti kipas laptop yang rusak
gambar kipas laptop DELL dan HP mini

Selanjutnya berikut adalah langkah-langkah membongkar casing laptop HP mini:
Pertama yang dilakukan adalah mencopot Baterai dari Socketnya, caranya adalah dengan menggeser pengunci/ pengait dikiri dan kanan ke posisi terbuka. Kemudian tarik baterai laptop mini tersebut.
mencopot baterai laptop
 Stelah baterai kita ambil kemudian adalah membuka pengunci casis bagian bawah laptop, karena casing laptop HP mini dibagian bawah tidak menggunakan baut sama sekali dan hanya dikunci menggunakan pengait saja, Jadi kita geser ke kanan untuk membuka dan kiri untuk menguncinya.

pengunci casing laptop
 Barulah kemudian kita tarik secara perlahan penutup bawah laptop. Seperti pada foto dibawah ini.
membuka casing laptop
 Setelah terbuka maka akan kelihatan kipas laptopnya. Langkah berikutnya adalah membuka dua buah baut yang saya beri tanda merah dibawah ini.

membongkar casing laptop
Kemudian Copot juga socket kipas tersebut dan kipas siap untuk diganti dengan yang baru atau masih bagus.
  mencopot kipas laptop
Itulah tips atau cara untuk membuka dan memasang kipas laptop pada merk HP mini, pada tipe atau merk laptop yang lain belum tentu sama cara membongkarnya, oleh sebab itu sebelum membongkar alangkah baiknya jika menanyakan dulu kepada yang sudah ahli dibidangnya, karena jika sampai salah dalam membonngkarnya saja, bisa menambah kerusakan yang lebih parah yang mungkin diakibatkan adanya putusnya kabel atau komponen yang terlepas. 

Sebagai catatan sebaiknya sebelum kita ganti kipas yang baru, kita tes dulu kipasnya menggunakan adaptor atau baterai 6 - 12 VDC. Untuk memastikan apakah kipas laptop memang benar-benar rusak atau tidak, jika tidak tentu harus kita periksa tegangan yang mencatu kipas tersebut apakah kurang atau tidak ada sama sekali. Untuk mengukurnya kita bisa menggunakan multimeter pada skala VDC 50 V untuk contoh pengukuran tegangan silahkan lihat pada postingan sebelumnya mengenai Cara mengukur tegangan DC pada rangkaian. Semoga sedikit pengalaman ini bisa bermanfaat buat anda.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

1 Komentar Untuk "Cara Mengganti Kipas Laptop/ Notebook Yang Rusak"

  1. keren gan infonya,sangat mudah dipahami
    ini gan kalau mau servis laptop,jual beli laptop dan cari sparepart laptop https://laptopbekasjogja.wordpress.com/

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.