Penyebab Baterai HP Android (Smartphone) Cepat Habis

Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa baterai HP Android yang mahal dan berkualitas bagus tidak akan cepat habis. Namun ada benarnya juga jika memang kebetulan dari segi bahan dan pemakaian HP sesuai prosedur. Akan tetapi jika penggunaan HP, Smartphone, Android maupun Blackberry tanpa memperhatikan cara penggunaan yang baik. Maka bukan tidak mungkin baterai akan cepat low bat atau cepat habis padahal baterai masih baru.

Seperti kita ketahui setiap baterai handphone terkadang memiliki spesifikasi, tipe, ukuran dan kapasitas yang berbeda. Jadi jika anda mengalami baterai HP yang cepat habis sebaiknya kenali dahulu penyebabnya. Agar nantinya kalau membeli baterai baru lagi tidak terjadi untuk kedua kalinya.
Penyebab baterai hp cepat habis

Penyebab Baterai HP cepat habis

1. Sistem Operasi terlalu berat dan tidak sesuai spesifikasi HP
Setiap Handphone maupun smartphone tentu ada sistem operasinya baik itu OS Android, Windows phone, Blacberry, Java dan sebagainya. Terkadang orang ingin upgrade OS yang lebih tinggi versinya. Namun dengan mengabaikan minimal spesifikasi hardware yang dibutuhkan. Hal inilah yang bisa juga mengakibatkan baterai cepat low. Karena kinerja berat harus dilakukan oleh HP tersebut. Oleh sebab itu sebelum upgrade versi terbaru alangkah baiknya dilihat dulu spesifikasi minimal yang wajib untuk OS baru tersebut.

2. Banyak di Install Aplikasi
Menginstall aplikasi pada handphone bukanlah menjadi masalah, akan tetapi jika terlalu banyak dan melebihi kapasitas justru akan membuat masalah. Apalagi ada aplikasi yang berjalan otomatis saat dinyalakan seperti aplikasi screen, tema bergerak, dan sebagainya. Sehingga energi baterai bisa terkuras banyak jika kita mengabaikannya. Oleh sebab itu install aplikasi seperlunya saja.

3. Sering tidak mengecas baterai ketika akan habis
Hal inilah yang terkadang menjadi penyebab utama baterai cepat soak, bahkan bisa rusak jika terus-terusan demikian. Terlebih jika baterai sampai kosong, maka jangan heran baterai akan mudah habis, meski dicas sampai penuh. Oleh sebab itu jika anda dalam perjalanan namun tidak sempat mengecas baterai, alangkah baiknya jika HP dimatikan terlebih dahulu.

4. Penggunaan aplikasi secara bersamaan (Multitasking)
Smartphone / HP zaman sekarang banyak yang bisa menjalankan aplikasi secara bersamaan. Nah disitulah terkadang seorang pengguna handphone tidak sadar kalau ada aplikasi yang berjalan dibelakang (tersembunyi). Contohnya ketika kita memutar musik, kemudian dibackground aplikasi FB, BBM dan Game masih aktif. Maka energi baterai tentu akan banyak terpakai. Oleh sebab itu jika kita ingin menggunakan aplikasi sebaiknya tutup dulu aplikasi lainnya yang belum diperlukan.

5. Menggunakan Aplikasi terus menerus.
Kalau yang satu ini jelas sekali akan membuat baterai cepat habis. Anda sendiri tentu dapat membedakan antara Handphone dalam keadaan stanby dan saat sedang anda gunakan untuk bermain game maupun browsing internet. Maka saat menggunakan aplikasi tentu akan lebih boros energi pada baterai.

6. Penggunaan Charger yang tidak sesuai
Hati-hati jika anda menggunakan charger pada HP anda, setiap charger biasanya ada tulisan di bodinya mengenai daya dan tegangan out yang dihasilkan. Jika memang sesuai tentu bukan menjadi masalah, akan tetapi jika berlebih maka kerusakan pada baterai bahkan handphone bisa terjadi. Makanya sebaiknya gunakan charger original untuk melakukan pengecasan.

7. Baterai memiliki kualitas rendah
Untuk yang satu mungkin tidak semua orang akan langsung tahu bahwa penyebab baterai cepat habis adalah karena kualitasnya tidak terjamin. Karena tidak sedikit juga orang tertipu dengan tulisan yang ada pada body baterai. Katanya kapasitasnya tinggi ternyata hanya tulisan saja. Maka dari itu lihat tentang tips memilih baterai HP/tablet yang bagus.

8. Kerusakan pada Handphone
Nah kalau yang terakhir ini adalah kerusakan pada hardware yang menyebabkan arus atau tegangan yang mengalir pada handphone tidak normal. Untuk masalah ini sebaiknya dibawa ketukang servis saja atau di lem biru. 

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan baterai cepat habis. Selain hal diatas mungkin masih ada lagi. Selanjutnya yang terpenting adalah bagaimana kita merawat handphone itu sendiri. Jika kita pandai merawatnya tentu HP akan lebih awet.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

1 Komentar Untuk "Penyebab Baterai HP Android (Smartphone) Cepat Habis"

  1. Enter your comment...
    "saya juga ngalamin bro,pas baterai lagi full 100% saya matiin screennya,itu pas malem,terus saya tinggal tidur,pas pagi nya saya cek eh,baterai langsung tinggal 3% itu masalah nya apa ya ? mohon saran nya!"

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.