Apa itu Android? dan Apakah Kelebihannya

Apa itu Android?

Hal inilah yang sebenarnya perlu kita ketahui sebelum membeli jenis smartphone/ HP platform Android. Kadangkala saat menggunakan handphone belum tentu kita sudah tahu mengenai Sistem Operasi yang tertanam dalam HP tersebut. Saat ini banyak sekali jenis OS (Operating System) pada Smartphone atau tablet yang memakai Android. Jadi Android itu adalah, "Sistem operasi berbasis Linux yang pada awalnya dikembangkan oleh Android, Inc, yang didukung Google finansial dan kemudian dibeli pada tahun 2005. Android ini diresmikan pada tahun 2007 seiring dengan berdirinya Open Handset Alliance-konsorsium hardware, software, dan perusahaan telekomunikasi yang ditujukan untuk memajukan standar perangkat selular." (wikipedia)

Semakin hari OS Android selalu melengkapi fitur-fitur dan mengeluarkan versi terbarunya. Selain itu banyak produsen ponsel yang menggunakan android ini sebagai Sistem Operasinya. Untuk itu jangan salah jika semakin hari pengguna smarphone android selalu bertambah.

Kelebihan smartphone android

Apa Kelebihan Smartphone Android?

Bagi pengguna android mungkin sudah paham mengenai kelebihan yang diberikan pada OS ini. Seperti yang kita tahu OS android sudah banyak sekali versinya seperti v.1 hingga v.5 dan seterusnya, Gingerbread, Jellybean, Lolipop, Kitkat dan sebagainya. Bagi yang belum punya, mungkin beberapa keunggulan berikut bisa membantu anda sebelum membelinya:

1. Mudah dalam pengoperasiannya (User Friendly)
Mudah maksudnya adalah, dalam penggunaannya tidak ribet alias mudah untuk dipahami, hal ini karena ikon, bahasa dan navigasinya mudah untuk diingat dan tidak begitu rumit. Bahkan anak kecil saja sekarang sudah banyak lo yang pandai menggunakan android, meski belum lama belajar.

2. Dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus (Multitasking)
Kalau kita ingat HP jadul mungkin disitulah kita dapat membedakannya, saat kita membuka permainan, kemudian ada SMS tentu harus kita tutup dulu permainan tersebut, barulah kita bisa membuka SMS. Hal ini tentu berbeda dengan Smartphone Android yang tanpa menutup aplikasi kita bisa membuka SMS. Yaitu dengan meminimize (menyembunyikan) aplikasi tersebut, kemudian kita buka SMS atau aplikasi lainnya.

3. Tersedia App Store
Bagi yang hobi dengan download aplikasi gratis, atau berbayar. Android sudah menyediakan app store sebagai aplikasi khusus yang banyak menyediakan game, multimedia dan aplikasi lainnya. Sehingga kita tidak perlu lagi mencari aplikasi dengan browsing kesana kemari hanya untuk mencari sebuah aplikasi. Karena di App store sudah menyediakan jutaan aplikasi yang bisa kita download secara gratis (tidak termasuk paket internet) dan versi berbayar.

4. Akun Terintegrasi
Satu akun bisa digunakan untuk semua aplikasi google yang terinstall didalam Smartphone android. Misalnya kita daftar sebuah email, youtube, BBM, Google map dan sebagainya. Kita cukup menggunakan satu akun saja. Sehingga setiap aplikasi android akan terhubung langsung dalam satu akun. Jadi kita tidak perlu membuat akun baru lagi pada setiap app yang dijalankan.

5. Open Source
Seperti halnya OS Linux pada PC. Android juga bersifat opensource. Jadi anda boleh mengkustomisasi bagian-bagian pada sistem operasi ini. Itulah sebabnya banyak sekali programmer merubah model, custom ROM dan sebagainya.

6. Tingkat keamanan yang baik
Android memiliki tingkat keamanan yang cukup baik, sehingga anda tidak perlu khawatir dengan adanya spyware, virus dan sebagainya. Walaupun OS ini mengalami crash, atau kerusakan kita bisa dengan mudah menginstallnya kembali.

7. Dan sebagainya
Selain beberapa hal diatas, sebenarnya masih banyak lagi. Seperti yang banyak diberitakan di media, banyak orang memanfaatkan android ini untuk mengontrol peralatan digital dari jarak jauh, layaknya remote control. Selain itu masih banyak lagi, yang jelas jika anda sudah memilikinya tentu akan merasakannya. Lihat juga mengenai 7 cara mengatasi android lemot saat digunakan
 

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Apa itu Android? dan Apakah Kelebihannya"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.