Cara Memperbaiki Lem Tembak (Glue Gun) Rusak

Glue Gun atau biasa orang menyebutnya lem tembak, merupakan salah satu alat yang bisa kita gunakan untuk memanaskan lem bakar sehingga bisa kita tembakkan atau tempelkan pada bagian yang diinginkan. Sebenarnya prinsip kerjanya juga sama dengan solder listrik yang biasa digunakan untuk memanaskan tnol. Sementara untuk glue gun untuk memanaskan lem. Mengenai harga sebenarnya alat ini tidaklah mahal, yaitu hanya berkisar Rp.10.000 sampai Rp.50.000 saja, hal ini tergantung dari ukuran dan juga kualitasnya.

Lalu bagaimana jika alat lem tembak ini rusak?
Sebelum membahas mengenai kerusakan, maka sebaiknya kita kenali dulu gejala - gejala yang terjadi sebelum kita memperbaikinya. 

Kerusakan pada Glue Gun

  1. Mati total dan tidak mau panas
  2. Cuma hangat saja jika di sentuh ujungnya
  3. Penembak tidak berfungsi
  4. Lem tersumbat tidak mau keluar
  5. Ujungnya nyetrum jika disentuh
Dari beberapa kemungkinan kerusakan diatas mungkin masih ada lagi, untuk itu berikut adalah beberapa tips atau cara untuk menanganinya.
Jika Glue gun mati total, maka yang pertama kita cek adalah kabel stekernya, mungkin ada yang putus. Untuk mengeceknya kita bisa menggunakan bantuan multimeter. Mengenai caranya sebenarnya sudah sering sekali dibahas pada postingan perbaikan alat-alat sebelumnya, jadi tidak perlu dibahas lagi ya, bosen nulis itu terus. Selanjutnya kita cek elemen pemanas caranya adalah dengan mengarahkan selector ke ohm meter kemudian tempelkan probe merah ke kabel elemen alat tembak lem, probe hitam ke kabel satunya. Maka jarum harus bergerak mendekati 0, jika tidak bergerak berarti elemen sudah putus.

Untuk steker yang rusak kita bisa membelikannya dengan yang baru, namun jika elemen pemanasnya yang rusak tentu harus kita ganti dan mungkin tidak semua toko elektronik menjualnya, oleh sebab itu jika ada ya diganti saja dengan watt yang sama misalnya 30 atau 40 watt, kemudian kita sambungkan dengan cara disolder.

Lalu jika alat tembak lem nyetrum, kemungkinan body short dengan elemen. Untuk itu coba kita cek dengan menghubungkan salah satu probe multimeter dengan body. dan probe lainnya pada kabel elemen pemanas, secara bergantian. Jika jarum ada bergerak, berarti ada jalur yang konslet. Mengenai hal ini tentu harus kita ganti elemennya.

Jika Alat tembak lem cuma hangat pertama yang kita cek adalah arus listriknya apakah sudah normal atau belum. Jika sudah normal, kemungkinan kerusakan juga bagian elemen pemanas. Selanjutnya jika lem tersumbat tentu kita harus mengoreknya dengan cara dihidupkan dulu alatnya setelah panas dimatikan, kemudian korek korek dilubang tempat keluar lem dengan kawat tersebut.

Selanjutnya jika penembak macet tidak bisa ditekan kemungkinan kerusakan ada dibagian per yang kendur atau copot.
Lihat juga cara memperbaiki solder yang rusak
Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan, meski sebenarnya kita bisa membeli yang baru karena harganya cukup murah. Namun tidak ada salahnya jika kita coba memperbaikinya terlebih dahulu. mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

4 Komentar Untuk "Cara Memperbaiki Lem Tembak (Glue Gun) Rusak"

  1. Replies
    1. waduh, gimana ngejelasinnya ya? waktu dibongkar kan terlihat posisi per nya.

      Delete
  2. Kalo lem tembak yang isinya keluar terus solusinya gimana gan?

    ReplyDelete
  3. ya dicabut saja stekernya gan biar nggak keluar terus

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.