Cara Memperbaiki Solder yang Rusak dengan Mudah

Setiap tekhnisi elektronika pasti punya alat satu ini, yaitu solder. sebagai alat pemanas timah (t nol) agar komponen elektronika bisa melekat pada PCB dan terhubung dengan komponen lainnya. Seperti kita tahu didalam solder hanya ada sebuah elemen pemanas dan mata solder yang mana jika komponen tersebut rusak maka kita harus menggantinya. Karena sangat sulit jika kita hendak memperbaiki elemen pemanas tersebut. Namun kita tidak perlu khawatir karena alat tersebut banyak kita temukan di toko elektronika disekitar kita. Ada yang 30 watt, 40 watt, 60 watt, bahkan sampai 80 watt. 

Bagian pada solder listrik
  1. Pembungkus Solder
  2. Mata Solder
  3. Elemen pemanas
  4. Baut
  5. Kabel steker

Memang kalau kita lita cuma sedikit saja komponen yang ada didalamnya, tapi jika alat ini tidak ada, bisa dipastikan kita akan kerepotan saat mereparasi. mengenai bentuknya solder ada yang berbentuk memanjang, ada juga model tembak, ada juga jenis solder uap. Biasanya untuk solder model tembak ada adjustnya atau pengatur panas antara 30 sampai 70 watt. Nah kalau kita punya sebuah solder dirumah dengan daya 60watt atau lebih lalu kita ingin menurunkannya, kita bisa menggunakan sebuah dioda saja untuk menurunkan panasnya. Caranya dengan menghubungkan dioda dengan salah satu kaki elemen sebelum terhubung ke arus listrik.

Untuk cara memperbaiki solder yang rusak sebenarnya sangat mudah, seperti yang sudah saya tuliskan sebelumnya komponen utamanya adalah elemen pemanas, jadi untuk mereparasinya hanya dengan mengganti elemen tersebut.

  1. Ukur kabel steker apakah masih bagus atau tidak, caranya bisa anda lihat pada cara mengecek letak kabel yang putus dengan mudah
  2. Selanjutnya cek elemen pemanas, caranya adalah dengan menggunakan multimeter pada skala ohm, kemudian tempelkan kedua ujung probe (pencolok multimeter) pada masing-masing kaki elemen. 
  3. Jika jarum bergerak kekanan berarti elemen masih bagus, jika tidak bergerak berarti sudah rusak.
Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih jenis solder
  1. Gunakan jenis solder sesuai kegunaan, misalnya 30 watt untuk menyolder komponen aktif, dan diatas 30watt untuk komponen pasif.
  2. Gunakan mata solder yang bagus, biasanya terbuat dari bahan kristal, kalau disini harganya sekitar 20 - 30 ribu rupiah ujungnya saja.
  3. Gunakan solder kualitas bagus agar hasilnya juga bagus.
  4. Pastikan kabel steker kuat dan tidak lemes agar tidak mudah putus.
Mungkin itu saja pada pembahasan kali ini lain waktu jika ada pengalaman lain akan ditambahkan, semoga bermanfaat. Jangan lupa lihat juga cara menyolder komponen yang baik dan benar.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

1 Komentar Untuk "Cara Memperbaiki Solder yang Rusak dengan Mudah"

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.