Tips Belajar Tracking Parabola Bagi Pemula

Belajar tracking atau mencari sinyal satelit parabola membutuhkan ketekunan, ketelitian, kejelian dan kekuatan dalam prosesnya. Untuk itu tidak hanya otak saja yang diuji, akan tetapi otot kita juga harus kuat. Mutar parabola sana sini mencari sinyal, dan sebagainya. Untuk itulah cara mendapatkan signal yang bagus pada antena parabola sangat jauh berbeda dengan mencari sinyal pada TV terestrial UHF/ VHF.

Kalau kita memasang antena TV UHF kita cuma butuh tiang dan antena, selanjutnya mengarahkan ke BTS atau tower pemancarnya. Semakin tinggi semakin bagus kualitasnya. Hal ini tentu berbeda dengan antena parabola. Kita harus mengarahkan dari timur kebarat untuk mendapatkan signal maksimum, sedikit bergeser saja sinyal sudah berubah. Parabola baling sedikit saja signal langsung lemah. Untuk itulah disini kesabaran seorang tracking sejati diuji. Namun jangan patah semangat dulu ya, karena berikut ini ada beberapa tips buat anda pecinta satelit parabola mengenai cara belajar dari awal, agar bisa mendapatkan signal maksimum.
Tips Belajar Tracking Parabola Bagi Pemula
1. Niat
Dengan adanya niat dan keinginan dalam diri kita itu akan mempermudah jalan kita untuk belajar mengenai tracking satelit parabola. Untuk itu mulailah segala sesuatu dengan niat yang tulus dan serius untuk mempelajarinya.

2. Cari Info Mengenai Parabola
Mengetahui nama satelit dan juga derajat kemiringannya akan membantu kita dalam proses tracking. Untuk itu sebagai tracking mania, Kita harus mengenal terlebih dahulu satelit yang bisa dilock di Indonesia ini. Selanjutnya pahami mengenai frekwensi, transponder, Intensitas Sinyal, Beam, dan sebagainya,yang jelas mengenai parabola

3. Persiapkan alat tempur
Dalam mencari sinyal satelit, alat tempur sangat kita butuhkan untuk bisa menjalankan aktifitas kita untuk mengolah si parabola. Untuk itu sedikit tidaknya alat juga harus dipersiapkan. lihat peralatan tracking parabola yang wajib ada

4. Kenali Perlengkapan yang dibutuhkan untuk TV Parabola
Sebagai seorang tracking mania kita harus tahu apa saja yang dibutuhkan agar bisa nonton TV via satelit parabola, Seperti Dish parabola, LNB, Receiver, Switch dan sebagainya, lihat pada perangkat yang dibutuhkan untuk memasang tv parabola

5. Join Group/ Forum
Join ke group atau forum diskusi yang membahas parabola adalah jalan terbaik bagi pemula seperti saya ini, sehingga kita bisa memperoleh informasi terupdate dan kita pun bisa saling berinteraksi didalamnya.

6. Mulai belajar mencari sinyal
Untuk pertama mungkin kita bisa mulai dari satelit yang biasa dilock di Indonesia seperti Palapa atau telkom, Untuk pertama kita bisa menggunakan sebuah LNB Cband saja. Selanjutnya coba gunakan 2 LNB Nah untuk selengkapnya bisa anda baca pada postingan saya sebelumnya mengenai cara Lock Satelit Palapa dan Telkom.

7. Coba tracking Satelit Luar
Setelah kita sudah ahli mencari sinyal satelit palapa dan telkom selanjutnya kita coba dengan menangkap satelit luar, misalnya Asiasat 3/ 5, Thaicom, Insat dan sebagainya. Untuk daftar satelitnya anda bisa lihat daftar frekwensi tv satelit parabola

8. Coba tracking dengan LNB jenis lain dengan parabola offset
Setelah kita bisa mengotak atik parabola prime fokus, Coba kita tracking menggunakan jenis parabola offset dan LNB jenis Kuband atau Sband. Nah disini nanti kita akan merasakan sensasi yang berbeda.

9. Menggabungkan beberapa LNB dalam satu dish
Menggunakan 3 buah LNB atau lebih, bisa menambah kemampuan kita dalam hal tracking satelit parabola. Apalagi jika udah ahli memodifikasinya. Contohnya cara menggabungkan LNB ku dan S band pada dish offset

Mungkin itulah beberapa tips yang mudah-mudahan bisa membantu dalam hal belajar tracking satelit parabola. Yang penting adalah tidak patah semangat dan terus belajar dalam mempelajarinya. Mungkin itu saja, lain waktu jika ada yang lain akan diupdate.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Tips Belajar Tracking Parabola Bagi Pemula"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.