Peralatan Tracking Parabola Yang Wajib Ada

Saat hendak memasang antena parabola, tentu kita membutuhkan beberapa alat penting yang wajib ada, agar semua bisa berjalan dengan lancar. Seperti halnya seorang teknisi elektronika tentu membutuhkan perlengkapan khusus untuk memperbaiki barang-barang yang rusak atau merakit rangkaian. Untuk itulah seorang tracking mania yang hobi lock satelit harus punya alat tempurnya.

Seperti kita tahu dari ujung timur sampai ujung barat banyak sekali satelit yang bisa kita tangkap. Terutama di Indonesia sendiri puluhan satelit bisa kita lock dengan menggunakan jenis parabola prime fokus maupun offset dengan LNB jenis C band atau Kuband. Oleh sebab itu berikut ini adalah peralatan yang wajib ada bagi para tracking satelit parabola.
Peralatan Tracking Parabola Yang Wajib Ada
1. Obeng
Menjadi kebutuhan penting bagi semua orang, meski bukan seorang teknisi, tentu alat ini sangat kita butuhkan. Untuk pemasangan atau reparasi parabola sebaiknya gunakan jenis obeng bunga dan min yang bagus dengan ukuran sedang dan besar. Karena nantinya bisa kita gunakan untuk memasang LNB pada Bracket dan tiangnya. Selain itu bisa kita gunakan untuk membongkar receiver maupun rangkaiannya.

2. Tang Kombinasi
Dengan tang kombinasi kita bisa menggunakannya untuk memotong kawat kabel coaxial atau untuk mengikat kabel dengan kawat. Oleh sebab itu tang juga harus punya, agar nantinya kita lebih mudah dalam pemasangan parabola.

3. Multimeter
Sebagai alat ukur multi fungsi, tentu kita harus punya untuk mengukur tegangan, hambatan pada saat memasang antena parabola. Sehingga nantinya jika ada yang putus atau short pada kabel kita bisa mengeceknya.

4. Kunci Pas
Kunci pas adalah alat utama untuk merakit antena parabola, mengendorkan dan mengencangkan baut dan sebagainya. Oleh karenanya alat ini wajib ada dan harus punya. Sebab jika tidak ada bagaimana nantinya kita mau mengubah arah antena atau melakukan proses pencarian signal. Ukuran yang biasa digunakan adalah 14 - 20 dengan berbagai model.

5. Pisau cutter
Sebagai pengupas kabel atau memotong lakban dan sebagainya, tentu harus kita miliki. Meski sebenarnya bisa juga kita gunakan pisau dapur. Namun alangkah baiknya jika kita memilikinya.

Selain beberapa peralatan diatas, sebenarnya ada beberapa peralatan pendukung namun kita bisa saja meminjamnya, karena hanya untuk proses pemasangannya saja. Bukan untuk proses pencarian sinyal. Seperti  Cangkul, Linggis, Solder dan sebagainya. Untuk itu alat ini tidak saya masukkan ke bagian paling penting. Oleh sebab itu persiapkan alat diatas sebelum melakukan tracking. Lihat Juga peralatan teknisi servis elektronika yang wajib ada

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Peralatan Tracking Parabola Yang Wajib Ada"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.