Cara Memasang konektor pada kabel Coaxial Antena Parabola

Konektor LNB merupakan salah satu alat yang harus ada untuk menghubungkan LNB dengan Switch atau dengan receiver digital parabola. Jenis konektor kabel antena tergantung dari bentuk perangkat yang akan dihubungkan. Misalnya kita menghubungkan ke AV tentu konektor AV yang kita pakai, Untuk menghubungkan Antena UHF ke TV tentu membutuhkan konektor ke tunner. Meski begitu kabel yang digunakan juga sama saja yaitu jenis coaxial tipe RG dengan impedansi 75 ohm.

Sering saya temui orang awam memasang konektor dengan kabel coaxial tidak memperhatikan tata cara yang baik dan benar. Bahkan tidak sedikit mengupas kabel tanpa menggunakan kabel serabut atau groundnya. Jadi yang dipakai cuma kabel kawat ditengahnya saja. Meski sepele, kalau memasangnya tidak kita lakukan dengan benar akan berakibat fatal, terutama pada TV parabola. Karena satu kabel digunakan untuk mengirim sinyal dan mencatu daya LNB. Untuk itu jika kabel mengalami konslet, bisa dipastikan Receiver akan rusak, bahkan bisa mati total. Oleh karena itu berikut adalah cara memasang konektor dengan kabel coaxial.

Cara Memasang konektor pada kabel Coaxial Antena Parabola
1. Kupas isolator kabel lapis pertama (biasanya berwarna hitam) sekitar 1,5 cm - 2cm
2. Arahkan kabel serabut ke arah belakang
3. Kupas Isolator kabel lapis kedua (biasanya berwarna putih, sekitar 0,5 cm dari isolator warna hitam.
4. Pastikan jangan sampai kabel kawat dan serabut hubung singkat.
5. Pasang konektor LNB/ Receiver pelan-pelan dengan sedikit diputar sampai isolator berwarna putih nyangkut di konektor.
6. Lakban atau solasi kabel dengan kuat, sebaiknya jangan gunakan isolasi kertas.
7. Pastikan Baut konektor bisa diputar.

Memang sangat mudah caranya, tapi jika belum pernah tahu teorinya tentu akan jadi salah kaprah dan berbahaya jika dihubungkan dengan perangkat kita. Begitu juga jika kita ingin menyambungnya, sebaiknya beli konektor penghubung agar lebih simple dan mudah. Untuk pengecekan lebih lanjut kita bisa menggunakan multimeter untuk mengecek apakah ada yang konslet atau putus. Sedikit artikel ini semoga bisa bermanfaat. Baca juga Tips belajar tracking parabola bagi pemula

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Memasang konektor pada kabel Coaxial Antena Parabola"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.