Cara Merawat Mesin Cuci Biar Awet dan Tahan Lama

Mesin cuci merupakan salah satu alat yang bisa kita gunakan untuk mencuci pakaian. Cara penggunaannya juga cukup mudah, yaitu tinggal kita masukkan air, detergen kemudian kita masukkan pakaian kotor yang hendak dicuci. Lalu kita pencet tombol atau arahkan saklar selector maka mesin cuci akan bekerja dengan sendirinya. Itulah tekhnologi yang semakin hari semakin berkembang. Harga mesin cucipun bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Jadi kebanyakan pengguna mesin cuci adalah kalangan menengah ke atas. Berbagai merk dapat kita temukan dipasaran seperti samsung, panasonic, sanken, sharp, LG dan sebagainya.

Lalu bagaimana sih cara merawat mesin cuci ini biar awet dan tahan lama?
Sebenarnya tidak ada jaminan bahwa dengan kita merawat mesin cuci tersebut pasti akan awet, namun dengan merawatnya paling tidak kita sudah berusaha agar mesin cuci yang kita pakai bisa bertahan lama, dan tidak cepat rusak. Untuk itu berikut adalah hal yang perlu kita lakukan dalam merawatnya versi masputz.com:
Cara Merawat Mesin Cuci Biar Awet

 
1. Pastikan tegangan yang digunakan stabil
Hal ini kita lakukan agar mesin cuci mendapat supplay tegangan yang normal, Untuk itu jika kita ragu dengan daya listrik yang kurang stabil, kita bisa menggunakan stabilizer atau stavol agar arus yang mengalir tetap stabil sehingga tidak merusak dinamo atau spul mesin cuci.

2. Jangan memasukkan pakaian melebihi batas maksimum.
Kadang orang berpikir dengan banyak-banyak memasukkan pakaian pekerjaan kita akan cepat selesai. Namun perlu kita tahu sebenarnya kemampuan putaran motor juga memiliki batas maksimum. karena jika sampai terus menerus dilakukan bisa menyebabkan kerusakan pada motor atau pemutar. 

3. Periksa pakaian sebelum dimasukkan.
Hal ini hanya untuk memastikan bahwa tidak ada benda tumpul atau benda lainnya yang bisa mengganggu putaran mesin cuci. Oleh karena itu sebaiknya kita cek terlebih dahulu sebelum memasukkannya.

4. Tidak memasukkan air melebihi batas
Kadang kita merasa bahwa dengan memasukkan air yang banyak bisa lebih cepat membersihkan kotoran. Mungkin memang benar akan tetapi sebaiknya pakaiannya yang dikurangi. Karena dengan begitu motor mesin cuci akan lebih mudah berputar dan tidak berat.

5. Setelah digunakan sebaiknya segera dibersihkan.
Selesai mencuci kadang kita malas untuk membersihkannya. Padahal hal ini bisa saja membuat saringan (filter) tersumbat. Untuk itu sebaiknya dibersihkan setelah kita gunakan. Baik itu didalam tabung maupun diluar tabung.

6. Jangan mengisi air dalam tabung jika tidak digunakan
Hal ini dimaksudkan agar tidak ada rembesan air yang masuk kedalam motor meski seujung kuku. Untuk itulah sebaiknya kita tidak menampung air saat tidak digunakan. Karena bisa saja membuat besi disekitar dinamo cepat berkarat.

7. Tempatkan mesin cuci ditempat agak tinggi
Dengan menempatkannya lebih tinggi tentu air yang mengalir dilantai tidak menggenangi mesin cuci. Sebab jika hal tersebut terjadi, bukan tidak mungkin mesin cuci akan mengalami kerusakan. Bahkan bisa sangat berat.

8. Tidak mengisi pakaian pada pengering melebihi batas maksimum
Hal sama juga pada tabung pencuci. karena hal ini juga bisa memberatkan dinamo pengering. Untuk itu sebaiknya kita batasi saja. Karena pengering inilah yang sering mengalami kerusakan ketimbang bagian pencucinya.

9. Tidak memutar selector (jika pakai selector) dengan cepat
Cepat-cepat memutar saklar selector atau memutarnya dengan kuat bisa menyebabkan kerusakan pada per yang ada didalam selector. Namun jika menggunakan sistem digital seperti mesin cuci LG Turbo drum, tentu hal ini tidak berlaku.

10. Cabut steker jika tidak dipakai
Dengan mencabut steker kita akan memutuskan arus yang masuk ke mesin cuci secara penuh. Hal ini agar terhindar dari adanya arus yang bocor, atau jika ada hewan yang masuk kedalamnya kemudian menggerogoti kabel, ditakutkan terjadi hubung singkat. Untuk itu hal ini juga perlu dilakukan.

Semoga ke sepuluh hal tersebut bisa membuat mesin cuci anda lebih awet dan tahan lama. Jangan lupa untuk lihat cara memperbaiki mesin cuci LG turbo drum

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Merawat Mesin Cuci Biar Awet dan Tahan Lama"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.