Cara Memperbaiki Lampu Senter LED Charger Rusak

Kerusakan pada lampu senter led memang sering terjadi, entah itu karena kualitas barangnya yang kurang bagus atau memang penggunaannya yang kurang tepat. Seperti halnya waktu lalu saya pernah menjumpai lampu senter rusak lampu lednya, namun saat dicharger indikator masih bisa menyala saat dihubungkan ke arus listrik. Mungkin ini adalah kerusakan pada bagian lampu pikir saya. Akhirnya saya mencoba untuk membongkarnya dan mencoba untuk memperbaikinya, siapa tahu masih bisa diperbaiki.

Untuk itu berikut adalah tahapan yang perlu dilakukan untuk memperbaiki lampu senter led ini.
  1. Bongkar casis penutup lampu dibagian depan
  2. Perhatikan bagian lampu dan juga resistor kopel (jumper) apakah ada yang terlihat gosong atau rusak.
  3. Jika ada yang terlihat mencurigakan segera dicopot saja kemudian kita tes menggunakan multimeter
  4. Untuk mengecek resistor lihat pada Cara mengukur hambatan dengan multimeter
  5. Sedangkan untuk lampu led lihat pada Cara mengetahui dioda rusak dengan mudah, Karena LED (Light Emitting Diode) merupakan jenis dioda yang mampu mengeluarkan cahaya. Makanya cara mengukurnya juga tidak jauh berbeda.
  6. Setelah kita temukan bagian yang rusak. Maka kita ganti segera dengan menyoldernya.
  7. Selanjutnya coba dihidupkan, jika sudah bagus berarti anda telah berhasil memperbaikinya.
Mungkin itu adalah cara memperbaiki jika lampu atau resistornya yang rusak. Nah kebetulan hal tersebut yang saya alami, Berhubung resistor ukuran 10 ohm tidak saya jumpai, akhirnya saya jumper saja menggunakan kabel, dan akhirnya senter led bisa nyala kembali.


Lalu apakah boleh dijumper saja? tanpa harus diganti dengan resistor yang baru. Menurut saya mungkin tidak masalah, karena resistor tersebut hanya sebagai kopel saja alias sekring jika terjadi konslet maka resistor tersebut akan putus. Tapi ini juga beresiko lampu LED putus jika tegangan yang mengalir melebihi kemampuan LED tersebut. Maka langkah sebaiknya adalah menggantinya saja. Semakin besar hambatan resistor, maka nyala lampu akan semakin redup.

Selain kerusakan diatas sebenarnya masih banyak lagi. Sebelumnya juga sudah saya bahas mengenai cara memperbaiki lampu emergency. Karena pada dasarnya sama saja isinya, bentuknya saja yang berbeda. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

6 Komentar Untuk "Cara Memperbaiki Lampu Senter LED Charger Rusak "

  1. Keren!! Sangat bermanfaat...senangnya berbagi ilmu, insyaAlloh berpahala...

    ReplyDelete
  2. Amiin terimakasih kunjungannya

    ReplyDelete
  3. Masput bisa servis senter led lenser t5

    ReplyDelete
  4. Cba kirimkan gbr dalamya via contact diatas, mudah2an bsa bntu

    ReplyDelete
  5. Juwaraaa mas Putz... Kebetulan saya jualan ni lampu macam2 merk Mitsuyama Shuangxiong dan lainnya. kdg dr suppliernya ada mslh eeh main buang aja saya dgn begini bisa dicoba. Thanks a lot

    ILUFA Toko Online Serba Ada
    WA 0856 4681 4110

    Sukses buat mas Putz n semua juragan2 di sini

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.