Cara memperbaiki lampu emergency yang tidak bisa di cas (charge)

Beberapa hari yang lalu penulis diminta memperbaiki lampu emergency, bilang pemiliknya sih gak bisa dinyalain, katanya pas waktu dicas ada yang bunyi dor alias ada yang meledak, nah dari situ ane langsung coba periksa dengan cara menghidupkan tuh lampu, namun memang benar lampunya dah nggak mau menyala. Kalau sebelumnya penulis dah pernah posting mengenai lampu emergency yang redup, alias cepat abis baterainya. Sekarang lampu emergency yang mati total, selanjutnya saya bongkar ternyata didalamnya ada sebuah Elco 12V/47u yang sudah hancur lebur dan resistor 220K yang gosong.

Kemudian saya coba ganti, dan tidak lupa capasitor milar yang berukuran besar juga diganti (karena sulit diukur dengan multimeter), lalu di coba di cas, ternyata arus sudah masuk, ditandai dengan nyala lampu led. nah disitu kadang saya merasa senang. setelah di cas selama sekitar 1 jam, saya coba hidupkan, dan ternyata lampu sudah bisa hidup normal kembali.

 lampu emergency yang tidak bisa di cas
Jadi dalam menangani kasus kerusakan lampu emergency yang tidak bisa dicas atau bahkan mati total sebenarnya banyak sekali. Untuk itu berikut adalah hal yang mungkin bisa kita praktekkan
  1. Cek kabel steker atau Colok AC dengan multimeter.
  2. Cek solderan, apakah ada yang retak atau ada komponen yang copot. terutama dibagian Charger.
  3. Cek Komponen charger, seperti kapasitor non polar, resistor, dioda dan transistor. Mengenai caranya silahkan cek di blog ini, sudah saya posting.
  4. Cek juga lampu led menggunakan multimeter, caranya sama seperti cek dioda.
Semoga  Sedikit artikel ini bisa bermanfaat buat anda. Terimakasih sudah berkunjung.

Berlangganan update terbaru secara gratis: