Cara Mengukur Hambatan, Ohm dengan Multi Meter

Bagi pemula seperti saya ini pasti merasa kebingungan kalau mengukur suatu hambatan dalam sebuah komponen elektronika, apalagi baru mengenal yang namanya multimeter, nah disini akan sedikit kami bagikan info mengenai cara mengukur suatu hambatan, seperti mengukur sebuah resistor, transformator, potensio dan lain - lain.


Pertama - tama yang perlu anda siapkan adalah alat ukur (multi meter) dan komponen yang akan diukur, kita ambil contoh saja misalkan resistor, sebenarnya resistor sudah memiliki gelang- gelang warna sebagai penunjuk nilai resistansi atau hambatan. namun hal itu belum tentu pasti pas.. hehe apalagi kalau dah rusak.
multimeter
Baiklah langsung saja di bagian multi meter arahkan saklar pada Ohm meter, biasanya ada x 1 Ohm, 10 Ohm, 100 Ohm, 1K Ohm dan 10 K Ohm.lalu tempelkan ujung kabel merah dan hitam pada masing - masing kaki resistor (boleh dibolak balik).Selanjutnya kita arahkan kemana saklarnya! tentu saja harus kita lihat komponen yang hendak kita ukur apakah memiliki hambatan yang rendah atau tinggi, misalkan kita hendak mengukur resistor yang berukuran 1 K Ohm, maka arahkan padax 10, x 100 atau x 1K, namun lebih baik di 100 Ohm, jadi nanti jarum penunjuk harus
  • Mengarah +- ke 10 Ohm jika saklar menunjuk ke 100,
  • Mengarah ke +- 100 Ohm jika saklar menunjuk ke 10
  • Mengarah ke +-1 Ohm Jika saklar dipilih yang 1 K
jadi hasilnya tinggal kita kalikan saja 10 x 100 = 1000 Ohm atau 1K Ohm
maksudnya 10 adalah penunjuk saklar dan 100 adalah hasil penunjukan jarum multimeter, semoga bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung.
Baca Juga Cara mengukur elco dengan mulltimeter

Berlangganan update terbaru secara gratis: