Tips Agar Speaker Aktif Jadi Lebih Mantap

Beberapa orang banyak berpendapat mengenai speaker aktif yang mantap adalah merk yang sudah terkenal, harga yang mahal, watt dan ukuran yang besar. Memang hal ini ada benarnya, namun bagaimana jika kita hanya punya speaker aktif dengan kualitas biasa saja, apakah bisa kita maksimalkan agar suara jadi lebih bagus, baik itu bass atau tribelnya. Sehingga jadi lebih enak didengar.

Sekarang bagaimana menurut anda apakah speaker aktif yang anda miliki sudah mantap dan suaranya bagus?. Mengenai hal ini setiap orang pasti punya jawabannya masing-masing. Dan berikut ini ada beberapa tips agar speaker aktif jadi lebih mantap.

1. Daya speaker aktif
Banyak sekali kita temukan watt yang tertera pada box speaker aktif tidak sesuai dengan isi didalamnya. Oleh sebab itu kita coba cek didalamnya, apakah menggunakan TR final jenis TIP atau IC. Untuk itu jika watt masih kurang kita bisa ganti kit power amplifier didalamnya dengan watt yang lebih besar. Selain itu kita harus menambah daya dan tegangan power supply, agar hasilnya bisa maksimal. Untuk trafo ukuran 3A kita bisa gunakan power maksimum 80 watt saja. Namun jika power melebihi itu, kita ganti saja dengan Trafo 5 A.

2. Design BOX
Kadang saat beli speaker aktif box yang digunakan terlalu tipis atau ukurannya kurang sesuai sehingga bass kurang enak didengar untuk itu kita bisa mengganti atau menebalkannya dengan menambahkan kayu papan, selain itu kita bisa menambahkan kasa atau sejenis kapas untuk memfilter suara didalamnya, agar dentuman suara lagu tidak menggetarkan box speaker aktif.

3. Jenis Speaker
Jika Speaker yang digunakan kualitas kurang bagus kita bisa menggantinya dengan yang lebih baik. Seperti kita tahu banyak sekali jenis speaker aktif mulai dari Fullring, Woofer, Subwoofer dan Tweeter. Sekarang yang mana speaker yang dipakai. Jika untuk dipasang didalam ruangan sebaiknya kita gunakan woofer dan subwoofer + tweeter. Jika untuk luar ruangan bagusnya pakai fullring. Untuk ukuran kita harus sesuaikan dengan watt atau daya speaker itu sendiri, Jika watt besar maka kita harus gunakan speaker yang wattnya tidak kurang dari daya power didalamnya.

4. Pengatur Audio
Biasanya disebut dengan tone control, dapat kita lihat didalamnya, jika kurang bagus kita bisa memodifikasinya sesuai dengan  kebutuhan. Atau bahkan kita bisa menggantinya dengan kualitas yang lebih bagus.
Selanjutnya adalah bagaimana kondisi speaker aktif anda dirumah, sudah enak didengarkah atau masih kurang, untuk itu coba cek dibagian mana yang kurang dan silahkan diganti atau dimodifikasi sesuai dengan kekurangannya. Karena kita tahu setiap speaker aktif memiliki struktur yang berbeda - beda, oleh sebab itu mohon maaf jika tidak disebutkan secara detail mengenai hal ini. Mungkin dilain waktu akan dishare, semoga bermanfaat. Liha juga tips sebelum membeli barang elektronik


Berlangganan update terbaru secara gratis:

32 Komentar Untuk "Tips Agar Speaker Aktif Jadi Lebih Mantap"

  1. om, numpang tanya ya...
    jika watt speaker lebih besar dari kemampuan power amp hasilnya kan suara jadi pecah karena power amp tidak kuat untuk mengangkat watt speaker. apakah dengan mengganti trafo power amp dengan yang lebih besar bisa membuat suara tidak pecah? mohon bantuannya. maaf klo bahasanya mbingungin..hehe

    ReplyDelete
  2. Ndak juga gan, Trafo disesuaikan juga dengan tegangan dan arus yang dibutuhkan oleh power amplifier. Sehingga daya yang dikeluarkan bisa maksimal. Jadi mengganti trafo juga harus disesuaikan dengan rangkaian amplinya gan. Kalau kebesaran nanti malah bisa rusak amplinya.

    ReplyDelete
  3. kl suara g lepas tu gmn? komponen ap yg hrs d gnti. ato mungkin wattny hrs d gdein

    ReplyDelete
  4. Numpang tanya om..
    Cara naikin watt amp,dengan mengganti trafo.tampa mengganti kit nya.
    Apa apa saja yg harus di ganti.??
    Dan komponen apa saja di ganti pada kit.??
    Maaf merepotkan.mkazih

    ReplyDelete
  5. Ya lihat dulu jenis kitnya, biasanya TR final diganti serta memodif penguat depannya

    ReplyDelete
  6. Mau nanya ni kalau speaker 300 wat bagusnya paka power yang berapa wat ya???

    ReplyDelete
  7. kalau speaker cuma sepasang bagusnya pake 150 - 300 W

    ReplyDelete
  8. mic 6inan 4buah cocok nya di beri kit power wat nya yg berapa gan

    ReplyDelete
  9. Klo menurut saya pake 2x30 watt atau 2 x 60 watt ok itu mas.

    ReplyDelete
  10. Saya punya spekersubwofer 600 watt,bisa gk bos digambahkan ke speker actif polytron pas 67..

    ReplyDelete
  11. Saya belum pernah coba, maksudnya gimana Mas, bisa diperjelas atau kirim via contact diatas jika ragu

    ReplyDelete
  12. Mau tanya ni om,,klo power yg 1200 bisa gk d pasang pd speaker aktif?
    Trus komponen apa ja yg harus d tmbahin?
    Terimaksih sblmnya om.

    ReplyDelete
  13. mksudnya 1200 gmn mas.. Mungkin maksudnya watt nya ya.. Kalau menurut saya sebenarnya semua power amplifier bisa mas, hanya saja kita harus tahu kebutuhan daya yang diperlukan speaker. Kalau speaker ukuran kecil sementara amplifier wattnya terlalu besar, nanti speaker bisa jebol. Untuk itu sebaiknya powernya disesuaikan kebutuhan speaker didalamnya.

    ReplyDelete
  14. Kalo speker sktif padam biasanya apa kerusakannya mas....

    ReplyDelete
  15. umumnya karena power supply yang rusak

    ReplyDelete
  16. klo nambal kayu papan..itu baiknya gmn ya...suara bass nya kurang mantab min..

    ReplyDelete
  17. min ada video permak box salon gak

    ReplyDelete
  18. Pake lem kayu + tatal/sisa gergaji

    ReplyDelete
  19. Klo spiker aktif, bisa gak ditambahkan spiker lagi... Dan caranya gmana Bosku,?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan tinggal di pasang paralel saja dengan spiker bawaan.

      Delete
  20. Tanya gan ane punya ampli dengan 4 buah tda2030 kalo mau di ganti dngan yg lbih tinggi misalnya tda2050 atau lm1875 apa saja yang harus saya rubah makasi gan

    ReplyDelete
  21. Mas bro kalo ganti tda2030 sama lm1875 harus rubah apa saja makasi

    ReplyDelete
  22. mas gan kalo ganti tda2030 dengan lm1875 apakah ganti komponen lain juga. thanks

    ReplyDelete
  23. Kalau hanya asal bisa bunyi tidak dirubah juga bisa, hanya saja kalau saya lihat di data sheetnya kebutuhan tegangan sedkit lebih tinggi, jadi kalau ingin bagus dirubah saja semua

    ReplyDelete
  24. Mas kalau mic 8inch 4 buah biasanya pake power berapa wat ya?

    ReplyDelete
  25. pake 60 watt atau 150 oke itu mas

    ReplyDelete
  26. gan saya punya superWofer buatan polytron model psw 800 mau saya modif di tambahin pakai speaker tweeter bisa ga ya gan? dan yang bagusnya pakai speaker tweeter seperti dan model apa, mksh gan,,

    ReplyDelete
  27. Klo masalah bisa nya tentu saja bisa, namun untuk subwoofer kenapa dikasi tweeter. baiknya pake ampli lain untuk tweetrnya

    ReplyDelete
  28. gan, ane ada salon, cuman jack output yg ke pcnya rusak, trus ane ganti pake jack hetset 3.5,kok bassnya jadi mati ya gan? jd suaranya cempreng gtu, subwofernya kaya mati gtu, harus disambung gimana y gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jack headset kan ada untuk mic biasanya, jadi kurang pas. yang dibutuhkan cuma Ground dan audio R/L saja.

      Delete
  29. permisi gan mau nanya nii gan,
    gimana caranya menambah daya di speker aktif gan

    ReplyDelete
  30. Ganti kit power dan trafo dengan yang lebih besar gan

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.