Tips Sebelum membeli barang elektronik

Seseorang yang ingin membeli barang elektronik untuk kebutuhan dirumah pasti ingin mendapatkan harga yang murah namun memiliki kualitas yang bagus. Lalu apakah hal tersebut bisa terpenuhi jika kita sendiri belum punya pengalaman tentang barang-barang elektronik yang akan dibeli tersebut. Nah pada kesempatan kali ini masputz.com akan berbagi tips sebelum membeli barang elektronik tersebut agar tidak kecewa pada akhirnya.

Barang elektronik seperti TV, Handphone, Laptop, Speaker aktif, Amplifier, DVD Player atau peralatan rumah tangga seperti blender, kulkas, magic com, mixer dan sebagainya banyak sekali dijual dipasaran dengan harga yang sangat bervariasi. Mulai dari harga yang murah sampai dengan harga yang mahal. Namun tanda tidak akan menemukan alat elektronik tersebut dijual karena kualitas yang jelek. Karena pada dasarnya produsen elektronik menawarkan kualitas yang bagus dan memuaskan (katanya?). Mengenai kenyataannya tentu konsumenlah yang bisa merasakannya, ya kan. Ada yang bilang barang TV merk LG lah yang bagus, ada juga yang bilang merk Politron yang bagus. Toh itukan menurut pendapat mereka masing-masing. Kalau anda tanya pada penjualnya kebanyakan akan bilang apa yang ada ditokonya itu yang terbaik. Karena tidak mungkinkan orang jual bilang barang dagangannya itu jelek. Untuk itu kita perlu mengetahui hal hal berikut sebelum membeli.

1. Kondisi Fisik pada Box dan barang
Sebelum membeli pastikan kondisi barang masih utuh dan belum pernah dibongkar sama sekali. Hal ini untuk memastikan bahwa barang tersebut memang masih benar-benar baru dan belum dipakai. Biasanya ada segel pembungkus produk pada box nya, bukan lakban biasa. Biasanya merk dari produsen ternama ada segel khususnya. Jika sudah demikian kalau kita niat membelinya, maka mintalah untuk membuka dan mengecek kondisi barang, apakah ada yang lecet atau ada yang kurang.

2. Pastikan Barang berfungsi dengan baik
Setelah kita cek barang tersebut apakah bisa berfungsi sesuai dengan kegunaannya atau tidak. Mengenai hal ini kita bisa minta tolong pada sipenjual. Agar setelah dibawa kerumah kita tidak kecewa.

3. Buat sebuah perjanjian dengan penjual
Jika barang tersebut sudah dibeli namun kita tidak sempat mencobanya, karena beberapa hal maka buatlah kesepakatan bersama antara penjual dan pembeli tentang bagaimana jika nanti saat digunakan barang tidak berfungsi dengan baik bisa diganti. (berlaku untuk barang yang non garansi)

4. Carilah produk yang bergaransi resmi
Barang elektronik kebanyakan memiliki garansi, entah itu 1 tahun atau 6 bulan. Akan tetapi kita harus benar-benar memastikan bahwa barang tersebut memang bergaransi. Mengenai hal ini biasanya didalam BOX ada kartu garansi yang harus diisi oleh pemilik toko dan pembeli, jika dalam masa garansi barang sudah rusak. 

5. Cari referensi mengenai barang yang akan dibeli
Jika hendak membeli barang pastikan kita sudah paham mengenai spesifikasi barang tersebut, baik dari penggunaan maupun fitur yang diberikan. Hal ini bisa kita cek melalui internet atau bertanya kepada orang yang sudah pernah memakainya.

6. Mampir ke beberapa toko untuk mengecek harga
Kadangkala info mengenai harga yang kita dapat tidak sesuai dengan yang ada dilapangan oleh karena itu kita perlu mengeceknya lebih dahulu dengan mengunjungi beberapa toko yang menjual produk tersebut. Entah itu secara langsung maupun melalui media komunikasi lainnya.

Dari beberapa hal tersebut mungkin belum semuanya dituliskan, akan tetapi yang penting adalah kepuasan kita setelah membelinya. Maka tidak ada salahnya kalau kita mencobanya. Mudah-mudahan bisa bermanfaat, lihat juga Memilih dan membeli speaker aktif terbaik

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Tips Sebelum membeli barang elektronik"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.