Membuat Rangkaian Sirine Polisi dengan IC NE555

Sirine polisi biasanya berbunyi wiu-wiu-wiu, kalau didengarkan tidak jauh beda dengan suara ambulan, Kalau dijalan ada suara seperti itu pasti orang pada minggir ngasi jalan sama pak polisi, karena mungkin ada hal yang harus diburu dan segera diselesaikan dengan cepat. Namun bagaimana jika kita ingin membuat rangkaian alarm sirine polisi ini sendiri, apakah bisa? Jawabannya tentu saja. Untuk itu berikut adalah gambar skema rangkaiannya dengan menggunakan IC NE555 yang banyak sekali dijual ditoko elektronika dengan harga yang cukup murah. Untuk catu daya bisa kita berikan tegangan 5V - 15V DC.

Skema Rangkaian Sirine Polisi
Komponen yang dibutuhkan
  1. IC NE555 2 buah
  2. Resistor 2k2 2 buah
  3. Variabel resistor (VR) atau trimpot juga boleh masing masing 50K dan 100K
  4. Capasitor 10n dan 100n
  5. Elco 47uf dan 1 uf 16V
  6. Spekaer 4 - 8 Ohm
  7. Saklar on/off atau tombol tekan
Bayangkan jika rangkaian tersebut dipasang pada sepeda motor atau mobil, orang bakal minggir karena dikiranya polisi hehe, Tapi sebaiknya jangan nanti kalau ketahuan pak pol bisa bahaya. Pada prinsipnya rangkaian ini bisa juga kita andalkan sebagai alarm anti maling dirumah atau dikendaraan. Meskipun sangat sederhana, mudah-mudahan hasilnya bisa memuaskan. Jangan lupa lihat juga skema rangkaian cas hp dimotor/ mobil

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Membuat Rangkaian Sirine Polisi dengan IC NE555"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.