Skema Rangkaian Cas HP di Motor/ Mobil

Saat sedang diperjalanan, entah itu naik sepeda motor atau mobil tiba-tiba baterai handphone kita low. Hal ini tentu akan merepotkan, apalagi jika banyak rekan yang hendak dihubungi..Nah untuk menghindari hal tersebut tentu kita membutuhkan cas HP yang bisa dipasang pada mobil atau motor. Sebenarnya charger HP yang bisa dipasang di motor atau mobil banyak sekali dijual dipasaran dengan harga yang relatif murah. Namun tidak ada salahnya jika kita membuatnya sendiri. Disamping lebih kreatif tentu hasil yang dibuat sendiri lebih berkualitas, karena bahan merakit cas hp tersebut bisa kita pilih dengan kualitas komponen yang bagus. Sebenarnya charger ini bisa dibilang sebagai cas darurat atau emergency saja. Sebab cas ini umumnya digunakan saat bepergian saja. Kalau dirumah tentu lebih baik menggunakan charger biasa yang langsung colok listrik.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat charger HP di motor/ mobil juga banyak sekali dijual dipasaran, Jadi komponennya mudah kita dapatkan dengan harga yang cukup murah. Bagi anda yang ingin merakit charger handphone khusus untuk dipasang pada motor atau mobil, berikut skema rangkaiannya.
rangkaian charger hp

Skema Rangkaian Charger HP Untuk Motor


skema charger hp di motor/ mobil
Pada gambar skema charger HP diatas, sebenarnya berfungsi untuk menurunkan tegangan 12V DC menjadi 5V DC. Dengan begitu tegangan yang mengalir ke HP akan sesuai dengan yang dibutuhkan, sebab kita tahu tegangan dari aki mobil atau motor sebesar 12V. Oleh sebab itu harus diturunkan terlebih dahulu. Untuk selanjutnya berikut adalah daftar komponen yang dibutuhkan untuk membuat charger HP di motor tersebut.

Daftar Komponen rangkaian Charger

  • Dioda 1N4007 2 buah
  • IC LM7805
  • ELco 1000uf/ 25V
  • LED
  • Kapasitor 100nf
Kalau ditotal harga komponen mungkin tidak sampai 10000 rupiah, jadi bisa dengan mudah kita mendapatkannya, Selain itu rangkaian ini bisa juga dipasang dengan menggunakan baterai bekas laptop, accu bekas dan sebagainya. Yang penting tegangan dari baterai minimal 6V agar tegangan yang dikeluarkan charger bisa mencapai 5V.  Untuk konektor ke HP silahkan sesuaikan saja dengan tipe HP yang digunakan, misalnya menggunakan jenis USB atau langsung disambung saja dengan bekas kabel charger yang sudah rusak. Selain jenis rangkaian diatas berikut masputz.com share juga skema yang lebih sederhana, namun masih tetap menggunakan IC regulator 7805. Hal ini admin pilih karena jenis IC tersebut cukup bagus untuk menurunkan dan menstabilkan tegangan menjadi 5V. Oleh sebab itu berikut skema kedua yang lebih sederhana.

Skema Charger HP Sederhana

skema charger hp di motor

Untuk membuat charger hp di mobil model kedua justru lebih sederhana lagi karena kita cukup memerlukan 5 komponen penting saja, yaitu dua buah dioda, IC regulator dan dua buah elco, untuk lebih jelasnya berikut bahan yang diperlukan untuk merakit cas hp diatas;

Bahan merakit charger HP di motor.

Fuse/ sekring 1 A
D1 dan D2 = Buah dioda 1N4007
C1 = 1000uF/16V
IC = 7805
C2 = 100uf/10V

Bahan diatas bisa anda rakit dengan menggunakan PCB matrix , atau jika anda ingin membuat yang lebih bagus, sebaiknya dengan membuat dan melayout PCB sendiri terlebih dahulu. Kemudian masukkan ke dalam box. Semoga berhasil lihat juga  skema rangkaian lampu emergency led

Berlangganan update terbaru secara gratis:

9 Komentar Untuk "Skema Rangkaian Cas HP di Motor/ Mobil"

  1. maaf gan mau tanya itu angka 220 samping led apaan gan? trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear mas putz admin, maaf masih pemula. Mau nanya, funsi dr kapasitor 100nf di paralel itu buat apa y, makasih

      Delete
  2. Maaf mas, kalo posisi motor berjalan, arus masuk ke ho stabil nggak

    ReplyDelete
  3. Untuk masalah itukan ada IC regulator 7805 sebagai penyetabil tegangan mas. Silahkan dicoba dulu untuk membuktikannya, terimakasih.

    ReplyDelete
  4. mas, kalo rangkaiannya pake ic7812,7810,7808,7806 aman gak? soalnya tak kasih ic7812,7805 panas banget icnya, trs ngisinya juga lama. tolong penjelasanny mas, terimakasih

    ReplyDelete
  5. Gan outnya sudah pas 5v tapi setelah saya sambungkan ke hp gk mengisi...rangkaian sudah sesuai dengan gambar

    ReplyDelete
  6. COba dulu untuk menyalakan lampu atau apa, apakah sudah OK atau belum terus jangan sampai terbalik pemasangannya.

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.