Tahukah Anda Apa Itu Robot?

Dalam kamus Oxford dikemukakan bahwa robot adalah "sebuah mesin yang mampu melakukan serangkaian tugas rumit secara otomatis, terutama yang diprogram oleh komputer". 
Pada kamus webster robot merupakan "sebuah alat otomatis yang melakukan fungsi berdasarkan kebutuhan manusia
Robot institude of America memberikan definisi robot yaitu "sebuah manipulator multifungsi yang mampu diprogram, didesain untuk memindahkan material, komponen, alat, atau benda khusus lainnya melalui serangkaian gerakan terprogram untuk melakukan berbagai tugas".

Pengertian Robot

Secara umum robot adalah sebuah alat mekanik yang mampu melaksanakan tugas secara fisik, baik melalui pengawasan atau kontrol manusia maupun yang telah diintegrasikan dengan program. Dikutip dari wikipedia istilah mengenai robot ini sebenarnya berasal dari bahasa Cheko yaitu "robota" yang artinya pekerja yang tidak mengenal lelah. Pada umumnya robot ini difungsikan untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan berat. Contohnya seperti pada robot industri, perumahan, luar angkasa, pertambangan dan sebagainya. 

Tahukah Anda Apa Itu Robot?
Robot R2d2
Baca Juga cara merakit TV sendiri dengan mudah

Apa Itu Robot?

Dari beberapa pengertian robot diatas dapat saya simpulkan bahwa robot merupakan sebuah alat mekanik yang dibuat bekerja secara otomatis sesuai dengan perintah yang terprogram untuk melakukan tugas berdasarkan kebutuhan manusia. 
Untuk dapat diklasifikasikan sebagai robot, maka mesin tersebut harus memiliki kemampuan bisa mendaptkan informasi dari sekelilingnya dan bisa melakukan sesuatu secara fisik seperti gerakan atau manipulasi objek. Dalam perkembangannya robot saat ini banyak difungsikan untuk meniru beberapa kegiatan manusia. Orang biasa menyebutnya robot humanoid, karena bentuknya yang lebih mirip dengan bentuk tubuh manusia. Berdasarkan bentuknya robot ini banyak sekali macam-macamnya. Contohnya seperti robot vehicle, turtle, Rover, walker, Android dan sebagainya. Dalam strukturnya robot ini banyak ditanamkan berbagai macam komponen sensor yang bekerja secara otomatis (terprogram) sehingga mampu mendeteksi lingkungan sekitar sesuai dengan jenis sensor yang digunakan.  Baca juga macam-macam sensor, fungsi dan kegunaannya.

Saat ini di Indonesia sendiri sudah banyak komunitas atau kelompok yang hobi di bidang robotik ini. Hal ini dapat kita lihat banyak sekali karya-karya anak bangsa yang banyak memenangkan kontes robotic di kancah dunia. Saya sendiri masih butuh sangat banyak sekali pembelajaran untuk bisa mengenal lebih dekat tentang struktur dan proses pembuatan robot ini sendiri. Oleh sebab itu dengan postingan kali ini, mudah-mudahan admin bisa lebih semangat untuk belajar lagi. 

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Tahukah Anda Apa Itu Robot?"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.