Cara Memanfaatkan Tabung Bekas TV CRT

Pada dasarnya TV yang sudah rusak kebanyakan Tabung CRT (Catoda Ray Tube) masih dalam keadaan bagus, untuk itu bisa kita manfaatkan agar menjadi Televisi baru lagi. Caranya sangat mudah, karena kita hanya tinggal mengganti mesinnya menjadi baru. Biasanya ditoko elektronik banyak dijual mesin TV cina dengan berbagai mek. Oleh karena itu jika kita ingin mempunyai TV namun tidak mampu membelinya dengan harga yang mahal. mungkin cara ini adalah yang terbaik.

Bahan yang dibutuhkan untuk menjadikan tabung TV menjadi televisi baru lagi hanyalah sebuah kit mesin tv saja. biasanya harga berkisar antara 150 - 250 ribu rupiah, tergantung lokasi dan sipenjual itu sendiri menjualnya. Namun sebelum kita membeli mesinnya sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:
  1. Cek tabung ukuran Tabung TV (berapa inch)
  2. Cek jumlah socket CRT biasanya ada yang 7 , 9 , 11
  3. Jenis tabung CRT, Slim atau cembung, sebab mesin cembung berbeda dengan layar TV CRT Datar (Slim)
  4. Cek kondisi tabung, apakah masih memungkinkan untuk dipakai lagi atau tidak.
  5. Pastikan Degaussing dan Yoke masih dalam keadaan bagus artinya belum rusak atau putus

Jika tahap diatas sudah ok, selanjutnya adalah membeli mesin untuk dirangkai menjadi TV baru. Setelah mesin didapatkan selanjutnya adalah memasangnya, caranya bisa anda baca pada postingan saya terdahulu mengenai cara merakit TV sendiri

Jika anda belum pernah memasang mesin TV sebaiknya tanya terlebih dahulu kepada yang ahli, sebab jika ada kesalahan sedikit saja bisa berakibat fatal, terutama dibagian kop tabung jangan sampai terlepas saat dihidupkan, sebab bisa mengeluarkan percikan arus listrik dan tegangan yang sangat tinggi. Untuk itu jika belum pernah usahakan jangan dikerjakan sendiri. Terimakasih sudah berkunjung. baca juga Tips memilih dan membeli TV terbaik

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Memanfaatkan Tabung Bekas TV CRT"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.