Membuat Speaker aktif Laptop/ Komputer sendiri

Speaker aktif untuk Laptop/ Komputer banyak sekali dijual dipasaran, mulai dari harga paling murah sampai dengan harga yang mahal. Ada yang dilengkapi dengan USB memori, ada juga yang bagus menggunakan sistem digital dalam pengoperasiannya. Bagi kita yang belum mampu membelinya, tidak ada salahnya kalau kita membuat sendiri speaker aktif laptop/ komputer dirumah, meski sangat sederhana dan dengan biaya murah, kalau dibuat sendiri tentu jauh lebih menyenangkan dan mudah-mudahan bisa menjadi terbaik.

Seperti postingan sebelumnya sudah dishare mengenai skema mini amplifier cocok buat komputer, bisa diterapkan disini, atau bisa juga menggunakan skema power amplifier dengan IC TDA2050. Jadi sebelum merakit speaker aktif sederhana ini sebaiknya baca terlebih dahulu mengenai skema:
Jika sudah selanjutnya adalah merakitnya, setelah itu kita buatkan juga adaptor/ power supply untuk memberi tegangan pada masing-masing rangkaian
Pada gambar diatas dapat kita lihat contoh gambar perakitan ower supply untuk mencatu daya speaker aktif untuk laptop ini. Dengan begitu akan ada tegangan keluaran min dan plus, Hal ini tentu akan berbeda jika menggunakan power amplifier jenis OCL yang menggunakan ground, min dan plus.

Setelah proses perakitan power selesai selanjutnya adalah dengan menyiapkan box  dan speaker untuk menempatkan rangkaian dan power supply, berikut adalah contoh ilustrasi gambarnya.
Setelah semua dipasang, terakhir adalah mencobanya.
Jadi bahan yang dibutuhkan untuk membuat speaker aktif komputer adalah sebagai berikut:
  • Rangkaian Amplifier
  • Rangkaian Adaptor
  • Speaker 8 ohm 4 in woofer dan tweeter mini/ biasa untuk mobil
  • Box Speaker aktif
  • Kabel sesuai kebutuhan
  • dan lainnya.
Sebenarnya speaker aktif ini dibilang untuk komputer adalah karena ukurannya yang mini, untuk itu boleh saja kita gunakan untuk lainnya, hanya saja menurut saya cocok untuk laptop/PC karena design dan ukran yang kecil. Mungkin itu saja postingan kali ini, lain waktu jika sudah ada kelengkapan gambar dan lainnya, mudah-mudahan bisa diupdate. terimakasih sudah berkunjung.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

2 Komentar Untuk "Membuat Speaker aktif Laptop/ Komputer sendiri"

  1. keren deh inspired bgt nih, btw mw tanya dong klo ampli ocl kn lobang pcb buat speaker out cuma + aja, nah yg - sambungnya kmna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mas, Untuk out ampli OCL kita bisa sambungkan out SP dan 0 atau Ground karena tegangan yang diberikan pada OCL adalah jenis power supply simetris yang terdiri dari - , + dan 0 (ground)

      Delete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.