Memperbaiki TV berbunyi desis saat dinyalakan

Cara mengatasi TV yang mengeluarkan bunyi desis didalamnya setelah kita hidupkan sebenarnya bukanlah suatu pekerjaan yang sulit, akan tetapi jika kita tidak tahu penyebabnya sudah pasti bingung mencari dimana yang salah. terdengar bunyi di dalam rangkaian Televisi membuat kita merasa tidak nyaman saat menonton. Biasanya terjadi pada TV merk Cina, namun tidak menutup kemungkinan merk lain juga, misalnya LG, Polytron, Digitec atau Sharp. Oleh sebab itu berikut ini ada beberapa tips cara mereparasinya. 


Penyebab suara desis
Biasanya yang mendesis itukan ular, tapi televisi juga bisa mendesis. apa sebabnya?. Biasanya hal ini disebabkan karena ada tegangan tinggi playback yang bocor, karena begitu besarnya tegangan maka keluarlah loncatan listrik baik dari kabel atau dari penutup di tabungnya. Hal ini bisa disebabkan oleh usia TV yang sudah tua dan kabel sering dialiri arus listrik, sehingga membuat isolasi menjadi kaku dan akhirnya retak. Itulah mengapa terdengar bunyi desis atau dengung saat kita menghidupkannya. Bunyi tersebut bisa terjadi saat pertama di ON kan bahkan selama TV masih hidup.

Cara Memperbaiki
Setelah kita tahu penyebabnya, maka cara menanganinya adalah dengan membongkar penutup TV kemudian coba kita hidupkan dan cek dimana ada loncatan listrik (bunga api), jika sudah kita ketahui maka Televisi kita matikan dahulu. Jika yang mengeluarkan loncatan listrik di bagian penutup kita tinggal berikan saja lem, dan tunggu beberapa saat hingga lemnya kering. kemudian coba dihidupkan. Namun jika yang bocor adalah kabelnya, maka bisa anda lem kemudian di balut dengan Lakban atau solasi ban yang kuat. sehingga bunga api tidak bisa keluar lagi. Untuk lem sebaiknya jangan gunakan yang mudah terbakar atau mudah meleleh agar saat dialiri arus listrik. tidak bocor lagi. Tapi jika ingin lebih awet ganti saja playbacknya dengan yang baru yang sesuai dengan tipenya.

 Jadi yang terpenting adalah kita harus hati-hati saat memperbaikinya, karena tegangan keluaran plyback sangat tinggi, yakni diatas 15KV. Oleh sebab itu sebaiknya saat mengerjakannya jangan sendirian biar tidak ada hal yang buruk terjadi. Dan yang perlu di ingat adalah bahwa ini bukanlah acuan baku yang sudah pasti benar. tapi berdasar atas pengalaman saya saat mereparasinya

Berlangganan update terbaru secara gratis:

17 Komentar Untuk "Memperbaiki TV berbunyi desis saat dinyalakan"

  1. trims informasi ini ya om. sangat praktis n terbukti benar

    salam,

    ReplyDelete
  2. sama-sama gan makaasih juga kunjungannya

    ReplyDelete
  3. gan, punya saya tv komputer.. kalo power dinyalakan, terdengar suara desis. .. gmana ya caranya.. apakah sama

    ReplyDelete
  4. TV komputer maksudnya mas, Klo TVnya pake layar CRT, kemungkinan bisa sama.

    ReplyDelete
  5. kalau didiamkan saja akan berpengaruh buruk gak?

    ReplyDelete
  6. Tentu saja berpengaruh, biasanya yang paling sering adalah kop tabung jadi lembek bahkan plyback atau TR horizontal bisa rusak.

    ReplyDelete
  7. Kalo bunyi desis ama dengung sama ga ya?,,bos...tv sy merk samsung klu start pasti bunyi dengung ampe sakit ke telinga bos

    ReplyDelete
  8. Ya beda bos coba didengerin sumber suara berasal dari mana, apakah kop tabung, protec, spekaer, socket tabung atau lainnya.

    ReplyDelete
  9. Gan saya punya tv di belakang bunyi desis merk LG slim kalo di diamkan bahaya ga tolong informasi nya ya gan

    ReplyDelete
  10. Dalam jangka waktu lama bisa berbahaya gan.

    ReplyDelete
  11. Gan TV led ku kemaren dlm keadaan stanbay tiba2 ada suara pletak keras berbarengan dengan itu listrik ikut turun,setelah itu aku colokin TV nya ada bunyi desis,aku mpe sekarang g brani nyalain TV LG tkut meledak,tolong solusinya ya gan!

    ReplyDelete
  12. Sya punya tv led lg dgn type 42LB550A, nah..pda wktu itu hujan deras,setelah slese ujan sya nyalakan tv tiba" ada suara berdesis dan mengeluarkan asap dibelakang tv..stelah sya bongkar tv nya,mainboard nya kebakar..yg sya tanyakan selain mainboard kira" ada komponen yg lainnya gak ikut rusak. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. CUma ada dua board biasanya didalam yaitu mainboard dan PSU saja. Jadi bisa salah satunya gan

      Delete
  13. Mas Putz saya mau tanya nih.tv saya warnanya berubah-ubah, kemudian saya ganti blok RGB nya, setelah saya nyalakan itu tv seperti ada konslet di ground crt nya ngeluarin percikan api.
    Naasnya lagi itu tv gak nyala, keluar suara sebentar terus mati.salah satu Resistor gosong terus biarpun diganti kenapa ya?
    Mohon dengan sangat pencerahannya aku kasihan anak saya merengek minta nonton kartun.
    catatan: aku bukan prefesi tukang servis tv cuman seneng otak-atik elektonik.
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  14. Wah klo itu saya belum bisa memprediksi gan, jadi coba kirim gambarnya saja via email saya di kolom contact

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.