Cara Memperbaiki Layar LCD Handphone Blank Putih/ Hang

Penyebab dari layar blank putih sebenarnya sangat banyak sekali, oleh sebab itu dalam menanganinya harus dicek penyebabnya dahulu. Misalnya sebuah handphone saat dinyalakan langsung blank dan tidak mau bunyi atau mengeluarkan suara. Selanjutnya kita miscall juga tidak bisa. Nah, klo sudah begini berarti Ponsel mengalami hang. Hal ini bisa disebabkan oleh kerusakan sistem operasi (Software) atau rangkaian HP itu sendiri.

Flash Ulang
Jika yang anda alami adalah kerusakan di bagian OS maka yang perlu kita lakukan adalah memflash ulang Handphone tersebut, mengenai cara biasanya kita butuh alat khusus untuk memasukkan OS ke dalam HP. dan prosesnya pun berbeda (tergantung merk dan tipenya, akan tetapi jika kerusakan ada di bagian hardware tentu yang kita periksa adalah rangkaian HP nya, cara memperbaikinya tentu harus dibongkar dulu casingnya dan diperiksa apakah ada yang konslet atau kotor karena debu. Berikut beberapa tutorial mengenai kerusakan di mesin HP.

Tips Mengatasi Blank karena kerusakan rangkaian.
Hal pertama yang biasa saya lakukan adalah dengan membongkar casing secara total, baik itu casing luar maupun bagian dalam, sehingga akan nampak seluruh komponen hp tersebut. Selanjutnya adalah dengan membersihkannya pakai kuas (jika kotor). Lalu saya bersihkan pakai thinner A agar kotoran yang nempel bisa rontok. kemudian dikeringkan sekitar setengah hari atau lebih biar cairan cepat menguap. Sampai disini biasanya saya akan mencoba menghidupkannya kembali. Jika belum bisa menyala normal, tentu diperiksa lagi dibagian Layar Handphone, berikut penjelasannya


Layar LCD HP yang rusak
Cara mengecek apakah layarnya yang rusak atau bukan sebenarnya sangat mudah dan sederhana , yaitu dengan menghidupkan Handphone lalu kita misscall, jika HP bisa berbunyi berarti LCD yang putus atau rusak. Untuk menanganinya tentu harus diganti dengan layar LCD yang baru, Untuk harga Layarnya juga bervariasi yakni tergantung tipe dan merknya. misalnya merk nokia c2 berkisar antara 40rb - 60rb. Sony Ericson w800 berkisar antara 60 - 100rb.

Kabel Fleksibel putus
Kalau ini yang terjadi kita wajib membeli fleksibel yang baru, itupun kadang agak sulit untuk mendapatkannya, oleh sebab itu jika bisa disambung, yang disambung saja menggunakan serat kabel kecil yang berisolasi (bisa dengan bekas trafo). agar tidak terjadi konsleting di rangkaian HP.

Cara mengganti LCD
Jika sudak dipastikan layarnya yang rusak maka kita harus membeli layar yang baru jika ingin normal kembali, setelah itu memasangnya, caranya terantung model ponselnya, kadang ada yang menggunakan socket saja, atau ditempel dengan lem bahkan ada yang disolder. Nah jika perlu harus di solder maka anda harus berhati-hati dalam menyoldernya, sebab putus sedikit saja bisa berakibat fatal. Oleh sebab itu dalam pemasangannya anda perlu berhati-hati. 

Dari beberapa tips diatas, jika anda tidak yakin sebaiknya dibawa ketukang service saja, mengingat resiko bisa bertambah parah bisa terjadi hehe.. 

Berlangganan update terbaru secara gratis:

109 Komentar Untuk "Cara Memperbaiki Layar LCD Handphone Blank Putih/ Hang"

  1. gan klo layarnya setengah doang warna putih ,tapi setengah layar lagi bergaris garis putih, itu gimana solusinya?thank's gan

    ReplyDelete
  2. kalau layar hape mati hitam total, solusinya gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Led di keypad masih nyla ndak itu gan?.. Yang jelas kalau masih bisa buat nerima telepon berarti biasanya masalah ada dilayar.

      Delete
    2. Klo led keypad masih nyala dan bunyi getar trus knp itu mas?? Tapi layar kedap kedip tapi gk nyala" perlu di service atau tidak???

      Delete
  3. KLo Blank Putih Khusus saat Mode Sleep dan Saat HP sedang dimatikan. Gimana Solusinya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. COba di reset HPnya, Kalau masih belum juga lakukan flash ulang.

      Delete
  4. Mgkn minta diflash ulang itu gan

    ReplyDelete
  5. Hp ane layaranya aneh kaya tv yg gak pas pake antena banyak garis kecil dan kutu.tp ketika buka wab bagus and apa yah solusinya

    ReplyDelete
  6. Mungkin kabel fleksibel/ layar bermasalah gan? Mungkin karena garis kecilnya berwarna putih sementara webnya juga putih, sehingga garis tidak tampak.

    ReplyDelete
  7. Kalo hp saya di dalem LCD nya ada air nya,gimana ya cara ngatasinya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bongkar dan bersihkan gan, dan dibiarkan sampai kering dalam keadaan terbuka

      Delete
  8. Gan kalau layarnya di recovery Blank sama di home Blank caranya gimana gan??????

    ReplyDelete
  9. tapi itu hp saya warnannya putih tapi ada garis garis nya itu kenapa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti LCD dah mulai bermasalah gan

      Delete
  10. Gan mau tanya. Hp ikut mati ketika layar display masuk mode sleep, kenapa ya? Terus klo menyalakan lagi harus bongkar pasang hp batere br bisa nyala lg?

    ReplyDelete
  11. Tab saya layarnya rusak tpi masih bisa dimainkan(walapun layarnya mati) ini LCDnya rusak atau gimana ya ? Dulu saya pernah juga layarnya rusak karena kebaringan, tapi kali ini berbeda soalnya tiba tiba rusak Layarnya tanpa sebab padahal saya diamkan saja, apa harus diganti lagi layarnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Jadi LCDnya/ Lampu LCD atau Fleksibelnya, Yang jelas lampu LCD tidak nyala

      Delete
  12. Gan kalau nge blank nya hitam gimana ?

    ReplyDelete
  13. Maksudnya gmna hitam masih ada tulisan atau hitam mati total

    ReplyDelete
  14. Gan kalau hitam polos gimana temanya???diganti tetep item

    ReplyDelete
  15. Gan gimana ya cara ngaktifin hp kalo tiba2 layarnya putih terus langsung mati total gabisa di nyalain

    ReplyDelete
  16. Coba dicopot baterainya lalu pasang dan hidupkan lagi, jika masih sama bawa ke servis saja gan

    ReplyDelete
  17. Mau tanya gan,hp saya terkadang lcd nya kyak ada efek warna luntur gtu,trkadang kmbali k warna normal,ya meski gk 100% sih gan, itu knpa ya gan?? Dan solusi nya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang paham gan, coba krim fotonya via email di contact us

      Delete
  18. gan mau tanya ni ane puny hp samsung lipat tpi suaranya gx ada .. apa dari flexi nya apa dri jalur layar nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pake earphone apa masih sama. Karena untuk masalah ini banyak sekali penyebabnya, bisa dari speaker rusak, software bermasalah, atau audio amp. rusak dsb.

      Delete
  19. Mau tnya sy udah gnti lcd bru tp knp hP sy layar ny sering burem oleh garis trus klw dah itu normal lg tolong pencerahan ny

    ReplyDelete
  20. Kalau itu bsa jd yg masang LCD kurang ahli shingga LCD rusak lg meski msh baru, atw LCd kurang pas pemasanganya .

    ReplyDelete
  21. Gan hp saya samsung duos SM-G355H.
    Layarnya berkedip terus. Mohon solusinya

    ReplyDelete
  22. Wah saya blm pernah mengalami hal tersebut gan, jadi mohon maaf blm bisa kasi solusi, tapi coba di set awal apakah sama hasilnya

    ReplyDelete
  23. Gan saya punya hp samsung s5 , layar saya rada ada warna kuning , jika saya tekan didaerah kamera depan itu normal kembali tp pas saya tidak tekan kembali ada warna kekuningan gan? Itu lcd atau apa ya gan?

    ReplyDelete
  24. Wah saya blm pernah mengalami hal itu gan, Jd perlu dicek terlebih dahulu. Namun kalau melihat dari komentar Agan, sepertinya ada yang kurang pas dibagian LCD mungkin Socket, atau ada yang nyambung putus dijalur fleksibel LCD.

    ReplyDelete
  25. Gan,ane mau tanya,Tab ane merknya axioo pico pad,Waktu ane hidupin ada suaranya tapi layarnya hitam,kayaknya kalo audionya normal,tapi apa yang ngebuat layarnya hitam,tolong bantuannya..

    ReplyDelete
  26. Bisa jadi lampu LCD rusak, kabel fleksibel, atau LCD nya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kira-kira penyebabnya apa?terus,gimana cara ngatasinya?

      Delete
  27. gan, punya ane galaxy tab 2 10.1 nyala sih nyala tapi layarnya hitam blank tapi nyala pas di teken speaker kirinya. itu ngapa ya gan? mohon penelasannya thanks

    ReplyDelete
  28. Mungkin ada socket LCD yang kurang pas, atau nyambung putus gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan punya ane lenovo k900 ngk mau nyala lcdnya...hdup nerima telpon bsa...tli lcd ngk mau nyala..udah 3 kali ganti lcd ttp aij ngk nyala...itu kerusakan d mesin ya bos...solusinya gmna bos? mksh

      Delete
  29. Klo itu mohon maaf saya belum bisa kasi solusi, blm nyampe kesana ilmunya gan.

    ReplyDelete
  30. Gan, hp saya merek Samsung j7. Hp sya bermasalah pada layar, ketika layarnya redup maka layarnya langsung berkedip2 seperti koslet listrik warna kedipannya kadang merah kuning,pokoknya warna warni

    ReplyDelete
  31. Gan hh ane asus zen c kerendem air trus ane copot tuh btre sama sim card trus ane taro di beras semaleman pas ane coba nyalain layarnya jadi putih kedip" tapi masih bisa di mainin trus masih keliatan sedikit" solusinya gmn gan ??

    ReplyDelete
  32. kalau ditelfon masih bisa nggak?.. kalau masih bisa berarti kerusakan pada LCD/ kabel fleksibel LCD. Solusinya harus diganti.

    ReplyDelete
  33. Gan kalo nge blank putih gara gara nge game tiba tiba blank putih itu gimana ya minta solusi nya makasih

    ReplyDelete
  34. Kemungkinan itu hang, coba reset ulang HPnya, kalo tidak bisa diflash ulang gan

    ReplyDelete
  35. misi gan mw tanya, hp saya nokia n96, klo pas layar nyala kira2 3-5detik layar berkedip gelap lalu nyala lg, solusinya gmn gan?
    masalahnya di lcd apa fleksibel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa habis ganti casing gan, mungkin ada yang renggang dibagian lcd, sehingga mengakibatkan nyambung-putus di kabel fleksibel atau lcd. Sebaiknya bongkar dulu. lalu hidupkan, apakah sama.

      Delete
  36. sy punya hp nokia c2..beberapa hari lalu pas d nyalain blank putih bahkan alarm pun yg udh sy set sblm rusak bsa nyala. kira2 kenapa ya? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin HP nya error atau hang, coba diflash ulang

      Delete
  37. iya gan habis ganti lcd ma fleksi otomatis bongkar casing, ntr saya coba lg cek sapa tau bs dan gk perlu gnt lcd lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok gan, yang penting masang LCDnya benar dan memasang casingnya pas

      Delete
  38. Kalau kabel fleksibelnya putus gimana gan

    ReplyDelete
  39. Hp saya habis dicharge minta factory reset, tapi opsi resetnya gabisa dipencet. Akhirnya coba cabut batereai terus eh malah nyala mati sendiri. Terus kalo nyala cuma layar hitam aja. Ada sarankah agan?

    ReplyDelete
  40. gan saya mau nanya hp samsung galaxy y neo saya habis kena air,kan udh saya keringin pas saya nyalain warnanya putih tp ada suaranya ky hp pas dinyalin , tolong kasih tau solusinya gann

    ReplyDelete
  41. Kemungkinan layar LCD nya yg rusak mbk

    ReplyDelete
  42. Bang hp n96 layar hitam..di nyalakan ada suara nya..di telpon tidak nyambung..apa solusinya...

    ReplyDelete
  43. coba gunakan untuk nelpon bisa ndak? untuk masalah itu banyak kemungkinanya gan, bisa jadi LCD bahkan rangkaian didalamnya.

    ReplyDelete
  44. Gan.
    Sony k850i saya keypatnya nyala layarnya blank, tapi jika di matikan dan hidupkan lagi layarnya hidup sedetik mati lagi, kenapa ya gan? Apakah lcdnya rusak atau hanya lepas aja kabel conektor aja. Tq

    ReplyDelete
  45. Masih bisa buat nelpon gk gan, kalau msh bisa. Kmungkinan msalah pada LCD atau kabel fleksibelnya

    ReplyDelete
  46. Assalamu'alaikum mas,,,,saya punya Motorola v3 tapi lcd dalamnya ada bergaris-garis,dan lampu pada keypad tone nya gak nyala,,,ditelpon,atau menelpon normal,suara normal,,,itu apa nya mas yg menyebabkan lcd bergaris,dan keypad nya gak nyala,,??? Terimakasih mohon kesediaan nya memberi petunjuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo itu sudah jelas mas, kemungkinan kabel fleksibel/ LCDnya yang rusak

      Delete
  47. mas numpang nanya, hp saya samsung galaxy j1 habis kena air nah pas dinyalain nyala berkedip putih selama 1 detik trus blank hitam tapi gak ada suara masuk hp, itu kira2 masalahnya ada di bagian apa ya mas ?

    ReplyDelete
  48. Kalau itu saya blm bsa memastikan.. Bsa jd krusakan di mesin.. Kalau os brmasalah biasanya masih ada nongol tulisan merk/brand,

    ReplyDelete
  49. gan hp evercoss A7B layarnya habis ganti lcd muncul kendala baru warna hitam tapi bisa buat apa aja ya kendalanya cuma warnanya hitam full, aku kasih ke tukang servicenya cuma di pegang beberapa menit itu udah normal itu caranya gimana ya

    ReplyDelete
  50. Mungkin pemasangan casis kurang pas gan, atau agak longgar sehingga konektor LCD nggak nempel.

    ReplyDelete
  51. Gan klo misalkan layar samsung s5 ngeblank hitam gimana ya? sebenernya sih hp nya hidup cuman ngeblank gak ada gambar sama sekali. pertamanya gara2 keabisan baterai pas diisi trs dihidupin gak ada gambar sama sekali tapi lampu yang diatas layar nyala trs trs pas dinyalain juga bergetar

    ReplyDelete
  52. COba di factory reset gan, cuman nanti data didalam hilang semua, caranya tekan tombol power+ volume down bersamaan. Sampai muncul tampilan reset. Atau silahkan cari cara resetnya sudah banyak yang share kok

    ReplyDelete
  53. mohon bantuannya OPPO R8106 layar hitam tapi aktif, solusinya gi mana ya...?

    ReplyDelete
  54. Sepertinya ganti layar LCD itu gan

    ReplyDelete
  55. Permisi mo nanya klo layar LCD nya tadinya punya saya normal true jatoh pas pulang sekolah pas dirumah saya cek kok layar nya sempet normal tiba2 kok jadi kuning dikit Ada solusinya ga

    ReplyDelete
  56. Kuning maksudnya gmn mas?, Klo menurut saya mungkin kabel fleksibel lcd kurang pas, atau bisa juga nyambung putus, itu juga tergantung jenis/ merk hpnya. Untuk mengatasinya tentu harus dibongkar dulu.

    ReplyDelete
  57. gan aku punya hp samsung a5,awalnya kejadian, layarnya setelah di hidupkan kira2 20 detik, gambarnya seperti gambar klise,trus saya buka lcd nya dan tidak sengaja kabel fleksibelnya putus,apakah saya harus ganti lcd nya atau fleksibelnya aja, karena untuk harga lcd + touch screen nya lumayan mahal, mohon pencerahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah say belum bisa memastikan, tapi masalah mungkin pada LCD termasuk kabel fleksibelnya.

      Delete
  58. Hp saya samsung gan. Tapi layarnya tiba2 blank putih. Udah di restart. Normal lagi, habis th putih lagi. Gitu terus gan. Didiamin lama jg normal lgi, tpi sbntar ja langsung kmbali putih. Apanya yg rusak gan? Ada yg bolang ic nya. Ada yg bilang jg lcd nya.

    ReplyDelete
  59. Klo itu saya tidak bisa memastikan, masalah pada sistem operasi juga bisa. Coba direset dulu HP nya

    ReplyDelete
  60. Kmaren th bisa blank pas maen game coc lngsung putih. Brarti lcd nya gk rusak lah ya

    ReplyDelete
  61. Itu masih perkiraan gan, Jadi coba dulu dihard reset HP nya, tapi nanti semua data di memori internal akan hilang.

    ReplyDelete
  62. Kalo layar hpnya kedap kedip sebagian. Itu karena keeusakan apa? Tapi kalau pencahayaannya redup, kalau pencahayaanya terang layarnya normal tidak kedap kedip.

    ReplyDelete
  63. Maksudnya kedip sebagian gimana?. COba dengan baterai lain apakah sama. Karena dibeberapa kasus pernah saya temui baterai kurang arus, atau konektornya renggang bisa jadi masalah.

    ReplyDelete
  64. bang,sya mau tanya?hp sy advan hammer r3c layar nya putih.gmna solusi y

    ReplyDelete
  65. Layar putih (blank) bisa disebabkan karena software/ hardware nya. Seperti yang sudah dijelaskan diatas. apakah saat pertama kali dihidupkan tidak muncul logonya? COba di misscall, kalau tidak masalah berarti LCDnya, tapi kalau tidak bisa sama sekali mungkin softwarenya, coba lakukan hard reset.

    ReplyDelete
  66. Bang mau tanya saya punya nokia xl layar saya redup kalo siang hari gelap layarnha tapi kalo di tempat gelap atau malam hari layarnya keliatan, itu hp saya kenapa y bang?

    ReplyDelete
  67. Mungkin pengaturan kecerahannya kurang gan..

    ReplyDelete
  68. Gan mau nanya, hp sya samsung y awalnya hp sya suka lemot trus sya bongkar sya bersiin dari debu,setelah sya rakit dan sya nyalakan kok tampilannya putih total. Trus sya hard reset tpi tampilannya ttep putih. Mohon bantuannya gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. COba saat pertama kali dinyalakan muncul logo atau tidak, jika tidak berarti maslaah di LCD, kalau masih muncul logo berarti masalahnya ada di software. COba tata ulang lagi pemasangan LCD.

      Delete
  69. Gan, hp gue samsung j7, setiap kecerahannya diminimumkan layarnya malah semakin kedap kedip, itu kenapa dan bagaimana mengatasinya? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. COba konektor baterai dibersihkan, mungkin konektornya kurang nempel atau coba sambil dicas atur kecerahannya tadi apakah sama, jika sama saja sebaiknya cek di tukang servis hp, Karena harus dibongkar total.

      Delete
  70. Gan, hp nokia xl sy tiba-tiba hitam, ditengahnya agak terang bergaris. di misscall masih nerima, notif socmed masih masuk semua. solusianya gmna gan?

    ReplyDelete
  71. mungkin LCD atau kabel fleksibel yang bermasalah, solusinya tentu diganti LCD/ fleksibelnya

    ReplyDelete
  72. Samsung J7 saya juga gitu, kalau kecerahannya diturunkan ke minimum, kedap-kedipnya makin parah. Kira-kira kenapa ya ?

    ReplyDelete
  73. COba cek konektor baterai apakah longgar?. Jika tidak sebaiknya di bawa keservis saja gan. Biasanya ada masalah di mesin

    ReplyDelete
  74. mas mau tanya, hp saya zenfone2 tiap kali dlm mode sleep lama pas dinyalakan selalu blank stngahnya, mohon pencerahan Terimas Kasih.

    ReplyDelete
  75. Coba sampean reset manual saja HP nya,

    ReplyDelete
  76. Wah bagus banget nemu blog ini, mas tanya dunk.. Ceritanya saya punya hp jadul nokia seri n, dulu pnah jatuh ampe layarnya retak, akhirnya ganti lcd dan touchscreen pake part OC, dulu ga nemu part ori100nya, nah baru akhir ini dapet touchscreen sama lcd yg ori100% bukan oc, masalahnya kalo lcdnya barunya dipasang layarnya wktu diidupin jadi agak kemerahan dan sangat kontras tapi kualitas gambar berkurang seperti jadi 16bit warna ga jernih, itu kenapa ya? apakah lcdnya yg masalah?. akhirnya lcdnya sy copot lagi n pake lcd oc yg lama tapi touchsreen nya pke yg baru karena touchscreennya normal aja. Mas pernah ngalamin kyk gni?

    ReplyDelete
  77. Wah saya belum pernah nemu masalah seperti ini, dan skarang dah jarang mbetulin HP. Jadi mohon maaf belum bisa

    ReplyDelete
  78. nokia e75 ane blank putih udah ganti lcd masih sama.di nyalain getar terus blank putih ga ada tampilan nokia nya.tapi di miscall masih kedengeran.kenapa ya gan?

    ReplyDelete
  79. Kemungkinan ada jalur yang putus di bagian konektor LCD, sebaiknya bawa ke servis aja gan.

    ReplyDelete
  80. Gan klu hp ssnote3 di hidupin terus cma keluar warna merah di layar tu kendalanya knpa..

    ReplyDelete
  81. itu masih bisa buat nelpon ndak, soalnya saya belum pernah ngalamin gan

    ReplyDelete

  82. Gan hp gua zenfone 4, trus lcdnya bergaris2 putih dibagian atas dan bawahnya. Tuh apanya yg rusak yah ?

    ReplyDelete
  83. Bisa jadi fleksibel atau LCD nya gan..

    ReplyDelete
  84. gan apakah lcd hp yg rusak kalo diperbaiki nggak bisa bertahan lama?

    ReplyDelete
  85. gan apakah lcd hp yg rusak kalo diperbaiki nggak bisa bertahan lama?

    ReplyDelete
  86. gan mau tanya kalau telvon rusak karena jatuh dari motor itu rusak ,bisa nyala tapi gak ada tampilan nnya cuma putih dengan tanpa ada 1 tulisan,gak ada suara karena profil waktu itu aku diamkan.gimana solisinya?kata tukang servis itu lcdnnya yang rusak.

    ReplyDelete
  87. Gan ane mau nanya emang lcd hp yg pernah diservice/diperbaiki itu nggak bisa bertahan lama ya?

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.