Penyebab hilang suara di TV CRT

Bagaimana rasanya jika nonton tv tidak ada suaranya?, pasti bosan karena seperti nonton layar lebar jaman dahulu. Pada Televisi model CRT atau yang masih menggunakan layar tabung, kebanyakan kerusakan disebabkan oleh speaker yang sudah putus, atau dibagian IC suara yang rusak. Namun belum bisa dijadikan patokan apakah semua tv yang hilang suaranya disebabkan hal tersebut. oleh sebab itu harus melalui step by step dalam menanganinya.
Artikel terkait
Penyebab TV Hilang warnanya
TV Digitec mati total

Identifikasi masalah hilang suara di TV
LG, Panasonic, Polytron, Digitec, Aiwa, Samsung, Sharp, Cina dll.

  1. Sebelum mengklaim kerusakannya alangkah baiknya ci cek terlebih dahulu di pengaturan volume TV, selanjutnya jika menggunakan receiver parabola atau DVD di cek juga kabel atau audio out dari perangkat tersebut.
  2. Jika belum ditemukan maka langkah selanjutnya adalah membongkar televisinya kemudian cek bagian speaker televisi dengan multimeter, apakah masih bagus atau sudah putus. 
  3. Selanjutnya cek bagian konektor audio in apakah ada jalur yang putus atau kerusakan konektor.
  4. Baru periksa bagian sekitar IC audio, apakah ada komponen yang mencurigakan disana. Misalnya ada elco yang bengkak atau resistor gosong. jika masih aman coba kita ambil IC suaranya terus diganti, harganya juga tidak mahal tergantung tipe dan no. seri IC yang digunakan.
Semoga step diatas sudah bisa mengatasi kerusakan TV yang anda derita hehe. dan perlu diingat bahwa ini bukanlah acuan baku karena pernah juga hilang suara Televisi di sebabkan karena IC program yang rusak. Jadi butuh kesabaran dan ketelitian dalam mereparasi televisi tersebut.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

4 Komentar Untuk "Penyebab hilang suara di TV CRT"

  1. Mohon infonya tv lcd saya selalu kemudian hilang suara setelah beberapa menit saat tersambung dg vcd player. Jika tdk pakai vcd player maka tv tsb suaranya muncul dan normal. Terima kasih atas bantuannya

    ReplyDelete
  2. COba dengan perangkat lain, misalnya receiver atau VDC player yang lain, apakah sama?, karena saya sendiri belum pernah menemui masalah tersebut.

    ReplyDelete
  3. Mohon maaf,tivi dirumah saya,suaranya masih ada hanya saja kadang normal kadang hilang?dr tanda2 tersebut kira2 apa sudah bs dideteksi penyebabnya apa?makasih

    ReplyDelete
  4. Wah banyak kemungkinan gan, bisa dari audio inputnya, kabel RCA (klo pake), speaker, power ampli nya dsb.

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.