Cara tracking Sinyal SCTV dan Indosiar Mpeg2

Akhir-akhir ini sering saya temui banyak orang bingung dengan channel SCTV dan Indosiar yang hilang di receiver digital parabola. Jika frekuensinya tidak berubah berarti anda harus tracking sinyal SCTV dan Indosiar pada antena parabola. Sebenarnya bukan hilang atau ditelan masa hehe. Tapi memang beberapa waktu lalu channel tersebut pindah frekuensi untuk jalur mpeg2 nya sedangkan mpeg4 masih aman-aman saja, Jika anda ingin mendapatkan kedua siaran stasiun TV lokal tersebut  via TV parabola silahkan simak tips selanjutnya.

Apa Penyebab Channel SCTV dan Indosiar Mpeg2 Hilang atau Gelap

Sebenarnya bukan hilang, akan tetapi frekwensinya berpindah menjadi 4000 H 8500. Oleh sebab itu perlu merubah frekwensi di pengaturan transponder receiver digital parabola dan mencari sinyal untuk CH tersebut. Daftar frekwensi Satelit palapa bisa anda baca pada posting sebelumnya yaitu "Daftar frekwensi satelit palapa terbaru". Untuk saat ini sinyalnya sangat minim sekali jadi kalau kita tidak menggunakan dish jaring atau solid yang besar, maka SCTV dan Indosiar jadi gelap dan agak sulit untuk mendapatkan kualitas signal yang bagus.

Frekuensi SCTV dan Indosiar mpeg2 Terbaru 

Update 12 Agustus 2016 saat ini sinyal menurun drastis, mungkin sedang perbaikan jadi tunggu hingga normal kembali.
SCTV MPEG2
Frekwensi : 3999
Polarisasi : Horizontal
Simbol Rate : 8500
SID : 001
Video PID : 0036
Audio PID : 0032
PCR PID : 0036

INDOSIAR MPEG2
Frekwensi : 3999
Polarisasi : Horizontal
Simbol Rate : 8500
SID : 002
Video PID : 1110
Audio PID : 1211
PCR PID : 1110

Cara tracking Sinyal SCTV dan Indosiar Mpeg2


Bagaimana cara tracking dan mencari sinyal SCTV yang hilang?

Jawaban dari pertanyaan tersebut sebenarnya tidaklah sulit, namun butuh ketekunan dan kesabaran untuk memperbaiki/ mendapatkan sinyal indosiar dan sctv, berhubung kedua channel tersebut berada pada satu transponder dan yang berbeda hanya ID saja. langkah-langkah untuk mencari sinyalnya versi masputz.com adalah sebagai berikut:
Frekuensi SCTV dan Indosiar Mpeg2
  • Saya anggap Televisi, Receiver dan Parabola dalam keadaan bagus.
  • Pertama buatlah transponder baru di pengaturan antena - tambah transponder (setiap rx kadang berbeda setting nya).
  • Scan frekwensi yang ditambahkan tadi, jika belum muncul siarannya, langkah berikutnya adalah dengan mengutak atik antena parabola.
  • Cari Frekwensi atau sinyal yang paling lemah diantara Channel lainnya di Satelit Palapa 113 E, misalnya RCTI, Metro, Global atau yang lainnya.
  • Lalu geser arah parabola ketimur dan kebarat pelan-pelan sambil melihat ke arah monitor/TV.
  • Jika signal menurun kembalikan terlebih dahulu ke posisi semula.
  • Kemudian agak miringkan ke utara atau keselatan sambil melihat intensitas signal. Jika belum juga maka kembalikan lagi ke posisi awal tadi.
  • Kendorkan tiang baut penyangga  LNB kemudian naik turunkan atau putar kekiri atau kekanan, mudah-mudahan SCTV dan Indosiar nyangkut disitu.
  • Namun jika semua cara diatas gagal maka anda harus mempertimbangkan apakah antena parabola tidak baling atau tidak presisi, jika demikian maka harus diperbaiki terlebih dahulu.
Semoga catatan pengalaman saya diatas bisa membantu, Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya gunakan Dish parabola yang besar misalnya 10 feet atau 12 feet, karena biasanya yang 6 / 7 feet hasilnya kurang maksimum Silahkan menuliskan komentar jika ada kendala atau mungkin juga mau berbagi pengalaman mengenai cara mencari sinyal SCTV/ Indosiar.

Channel Indosiar dan SCTV juga ada di Ninmedia satelit chinasat 11 ku band. Untuk cara trackingnya silahkan lihat mengenai Cara lock Satelit Chinasat 11Jika masih ada kendala dalam mencari sinyal channel SCTV dan Indosiar silahkan lihat update terbaru di cara mengatasi masalah dalam menggunakan twin LNB parabola.

Tanggal 1 Oktober 2015 Frekuensi terbaru SCTV Mpeg2 berpindah lagi menjadi 3999 H 8500 di Palapa D, ada penambahan kualitas sinyal, namun bagi pengguna receiver mpeg2 terkadang channelnya terbuka agak lama. 

Saat ini channel tersebut menayangkan ajang pertandingan sepak bola Indonesia Torabika Soccer Championship (TSC), namun disatelit palapa C band diacak bukan dengan bisskey. Ingat ya bukan dengan kode bisskey, jadi jangan tanyakan lagi kodenya. Terakhir kemarin di ninmedia chinasat 11 ku band TSC masih disiarkan gratis (FTA) di Indosiar, sedangkan di SCTV tetap diacak. Sebagai alternatif silahkan cari channel feed di satelit telkom untuk bisa nonton TSC. Selain itu SCTV dan Indosiar juga menayangkan Olimpiade Rio De Janeiro 2016 di Brazil yang disiarkan FTA di TV parabola, jika gelap atau tidak ada gambar, kemungkinan channel tersebut diacak atau memang low signal. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

66 Komentar Untuk "Cara tracking Sinyal SCTV dan Indosiar Mpeg2"

  1. semudah..ituu...sepengalaman saya...receiver harus di ganti yang lebih cangih.yakni receiver HD MPEG4..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana gan kok tmpat saya sctv gag dapat ya....
      Padahal sinyal yang lain uda tinggi,rcti dapat 52 % tp sctv gag dapat juga,bantuannya gan

      Delete
  2. ya memang sprti itu Indosiar dan SCTV satu freqwensi di MPEG2 begitu juga di MPEG4, jadi ada dua frekwensi berbda di sat palapa.. silahkan dicoba...

    ReplyDelete
  3. Posisi parabola untk sctv dn indosiar yang bnar bgmana gan? Kalo pagi signal cukup bgus bs smpe 33% tp kalo sore/malam lemah sekali, paling 15%. Mohon bntuanya. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya untuk masalah posisi, jika SCTV/Indosiar sudah dpt 33% itu berarti sudah bagus. Hanya saja ada beberapa hal yang menyebabkan signal menjadi kurang maksimal, yaitu :
      titik fokus kurang tepat.
      parabola kurang presisi (sedikit baling).
      Masalah LNB atau receiver lemah
      Konektor atau switch LNB bermasalah.
      Saran saya sebaiknya coba titik fokus LNB diatur lagi gan, caranya coba naik turunkan penyangga LNB atau putar sedikit ke kiri/kanan. Semoga masalah teratasi

      Delete
  4. Untuk nomor indosiar saya sudah coba,dan memang ada perubahan baik simbol rate dan trans freq nya,tapi tetap tidak bisa,tolong bro solusi nya thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dapatkan sinyal RCTI minimal sampai 40% dengan rx mpeg2. Mudah2an bisa gan

      Delete
  5. Gan kq msh ttap qk bsa.
    Buat mpeg2 neh pdhal rcti ud 40% freq sctv ud pke 3999/4000 symbol 8500 msih qk bs. Mhn bantuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama denganku mas toni, udah d tambah frek baru, dan sken automatis tetap g ada gbr dan sinyal cuman ada transponder baru dan nama chanel, tapi kadang2 keluar gambar sinyal 47. dan untk rcti 50 % lebih saya pake rx LG SOUL mpeg2 kira2 apanya ya gan untuk dish udah saya setel,..mohon peceranya gan.

      Delete
  6. Receiver yang dipakai apa? Lokasi dimana?.. Coba pakai receiver jadul mpeg2 dulu!, kadang beda rx beda juga info signalnya

    ReplyDelete
  7. Coba dengan receiver lain mas khususnya yang mpeg2, kalau saat ini sctv dan indosiar sinyalnya sudah melimpah.

    ReplyDelete
  8. Mz kalau mpeg4 pake parabola venus payung yg kecil rec goldsat gsr 8100 ..apa bermasalah mz .. dari kemaren cari gx ketemu ketemu

    ReplyDelete
  9. Untuk mendapatkan channel sctv/ indosiar mpeg4 harus pakai receiver yg mpeg4 atau Full HD, Sdangkan yg sctv dan indosiar mpeg2 bebas mau pakai rx parabola apa saja bisa.

    ReplyDelete
  10. Tpi signal kdang kena kdang tidak gan ... kalau ada suara motor hilang .. trus lama kembalinya .. mohon solusinya gan

    ReplyDelete
  11. Itu memang kelemahan LNB C Band apalagi dengan Dish solid Gan, kalau kena suara bising dengan frekwensi yang mendekti frek LNB, maka channel ikut hilang.. tapi tidak semua motor kan gan. Untuk itu pilih LNB C Band dengan Noise rendah bisa menjadi solusi gan. Atau jauhkan Parabola Solidnya dari lalulintas motor.

    ReplyDelete
  12. Memang dibeberapa receiver ada yg suka hlang tmbul meski signal full khususnya rx jadul.. Jadi ditunggu aja mudah2 an sgnal normal kmbali..atau coba ganti receiver lain yg berbda

    ReplyDelete
  13. sukses gan, thanks info nya siknyal terendah global tv, 26% di geser dikit kekiri siknyal nya 35%, dan sctv/indosiar langsung jernih, yang penting sabar gue pake goldsat GSR 8100, tips nya mantap terimakasih

    ReplyDelete
  14. Di mesh dish 10ft RX MPEG-2 jadul RCTI 80-83% "kembali menguat stlh 3747 dihapus" tadinya cuma 71-73% saja, Metro TV tetap 83-85% SCTV & Indosiar MPEG-2 di 80-83% sedangkan MPEG-4nya 72-76% dan dengan Solid 6ft rata-rata ke-3 transponder itu SQnya di level 73-76%.

    ReplyDelete
  15. Om ..nanya nih klo rcti indosiar sctv gak ada di fta nya apa nya yang di oprek mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Tips diatas mas, Masukkan frekwensi secara manual di rx lalu tracking parabolanya. Saat ini sinyal sudah melimpah untuk sctv dan indosiar mpeg2

      Delete
  16. Kok global tv gak ada signalnya yah?

    ReplyDelete
  17. Saat ini memang global tv signalnya minim!, kelihatanya mw pndah frekwensi frmat mpeg4

    ReplyDelete
  18. Sinyal Global TV memang lagi turun atau entah diturunkan daya pancarnya. Kenapa saya katakan demikian adalah karena saat awal memakai 3934 SQ ada di 85% dan terus meningkat sampai 100% dengan dish 10ft 2 LNB. Namun sekarang SQ hanya di 67-73% sudah untung masih menerima siaran, karena sebelumnya selalu dikisaran 80-90%. Untuk agan2 yg tidak bisa menerima siaran TV ybs, mungkin ukuran dish nya kurang besar, atau LNB yg dipasang terlalu banyak sehingga harus bagi2 dengan satelit lain penerimaanya.

    ReplyDelete
  19. Makasih gan masukannya chanel saya dah ketemu hehe
    Indosiar sctv ok semua

    ReplyDelete
  20. Trimakasih mas... kedua chane yang hilang dah ketemu kembali hehe
    indosiar 4000/8500
    Video 1110
    Audio 1211


    Sctv 4000/8500
    Video 0036
    Audio 0032

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa tiap mau di save selalu muncul pemberitahuan atp sudah ada gtu ya gan,,,aq pake eceiver mpeg2,,,MOHON BANTUANNYA,,,MKSIH

      Delete
  21. Berarti Transponder sudah ada, tidak perlu dimasukkan lagi, tinggal cari saja TP nya lalu searching

    ReplyDelete
  22. mas,...nanya donk kok nhk world di palapa cuman suara aj gambar jadi gada? solusinya gmn? tks b4,..

    ReplyDelete
  23. Ya ampun berhasil �� mkasi yah min..����

    ReplyDelete
  24. mohon bantuannya gan, saya menggunakan parabola matrix 7ft 4 lnb dengan receiver matrix mpeg2, sinyal pada RCTI lebih dari 58% tapi indosiar n sctv kok gk bisa,,,, terima kasih.

    ReplyDelete
  25. Coba masukkan frekwensi SCTV dan Indosiar secara manual, kemudian scan. Memang terkadang munculnya sinyal agak lama jika menggunakan rx mpeg2.

    ReplyDelete
  26. Gan rx ane gk ada siaran tv nya...gmn treacking plpa ma telkom..coz inten n kualitas signal 0%

    ReplyDelete
  27. kalu 0 % semua berarti kemungkinan besar LNB tidak terhubung ke rx. bisa jadi kabel putus, konektor berkarat, LNB rusak, terakhir rx rusak (tapi jarang) dsb.

    ReplyDelete
  28. Mas klo misalkan sudah ada tpi saat pertama disetel itu hilang ...sekitar 1 menit kmudian ada lagi trus setelah diganti chanel lain mau gnti ke chanel indosiar lgi sinyal ilang lagi

    ReplyDelete
  29. Memang itu kerap terjadi bagi pengguna receiver mpeg2 jadul, jika ingin normal ganti saja yang mpeg4.

    ReplyDelete
  30. Mas..nanya nih..kenapa rx matrix starlink hd pvr,pindah channel lambat sekali..ap ada solusi supaya cepat

    ReplyDelete
  31. Solusinya upgrade firmware ke versi terbaru, trus channel yang gk aktif sebaiknya dihapus saja.

    ReplyDelete
  32. Gan. Saya search manual frekeunsi indosiar/sctv. Tapi yang dapat hanya indosiar sedangkan sctv tidak. Solusinya gan ??

    ReplyDelete
  33. Mas palapa klo set disq nya port 1 yg dpt cuma net tv.. Telkom yg pake port 2 malah dapat siaran2 palapa.. Kecuali sctv,indosiar,transtv,trans7 kyaknya ada yang kebalik ini mas.. Kebetulan parabola diatas genteng jdi dlu dipasangin sm teknisinya.. Saya cwek ga bisa manjat2..jdi skrg kira2 salahnya di parabola ya mas?? Saya ga bisa utak atik remot aja??? Berrti wajib panggil teknisi... 😑

    ReplyDelete
  34. Kemungkinan hanya masalah setting direceiver yang kurang tepat mbak atur pengaturan antena 22K palapa OFF(mati) dan Telkom ON (hidup)
    Klo masalah belum ketemu Mbak baca artikel tentang Cara mengatasi Masalah TV Parabola

    ReplyDelete
  35. Ma`af,agan admin ane mau tanya ne,,, apa freq sctv sama indosiar ganti lagi di parabola FTA ?? soalnya pas tadi siang ane buka siaran sctv masih bagus dan satu jam kemudian tiba2x menghilang no signal mohon infonya gan.thx

    ReplyDelete
  36. SCTV dan Indosiar belum ganti, cuma sekarang lagi gangguan untuk itu bersabar aja dulu, mudah2an normal kembali.

    ReplyDelete
  37. Min gimana ini sctv kok masih belum ada sinyal nya juga, padahal mau nonton badminton :-( semoga cepat normal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang sekarang sinyal sangat lemah, kalau pakai dish 10 feet keatas baru bisa sakarang. Jadi bersabar aja sampai signal kembali normal

      Delete
  38. kenapa sinyal sctv dan indosiar sekarang ini sering hilang jadi malas padahal kan ini siaran yang paling diminati anak muda
    jadi malas liat ni siaran yg suka hilang sendiri

    ReplyDelete
  39. Min kok sampai saat ini sctv mpeg2 masih lost sinyal ya?? Tolong kasih saran dong min :-(

    ReplyDelete
  40. pieee iki mas.. kok SCTV gk nongol-nongol padahal RCTI udah signal 90% tpi SCTV malah ngumpet gk tau kmna..

    ReplyDelete
  41. Sekarang mungkin sedang gangguan, jadi tunggu aja hingga normal kembali. Atau jika ingin cepat lock saja satelit chinasat 11 ninmedia indonesia

    ReplyDelete
  42. Kalau siaran hilang seprti SCTV, INDOSIAR, MNCTV, ataupun lainx, menurut pengalan Z, tinggal ganti switnya aja yg ada di LNB, lalu kembalikn ke pengturan pabrik, dan siaranx di hapus smua dulu, baru sken ulang.

    ReplyDelete
  43. Terima kasih..membantu sekali infonya...akhirnya sctv n indosiar nya muncul kembal.thx alot

    ReplyDelete
  44. Min trans sama net saya hilang. Padahal udh coba scan manual sama transponden yg bener tapi ttp aja ga bisa. Tolong solusi nya min

    ReplyDelete
  45. Mungkin masalah pada setting di receiver atau LNB, coba baca Cara mengatasi masalah pengguna twin LNB

    ReplyDelete
  46. Ada siyalnya gabarnya pun ada,tpi seringkali hilang ada hilang lgi ada lgi agaplah lemah
    Kualitas siyalnya tak begitu stabil 27% 28% 29% jarang sekali naik ke 30% keatas malah terkadang turun ke 0% padahal udah pake kode 3998,3999,4000. Sma aj bro....

    ReplyDelete
  47. Ya sabar aja tunggu sinyal normal kembali atau ganti dish yang lebih besar.

    ReplyDelete
  48. Mas sinyal SCTV sma Indosiar sering hilang smpe hri ni...
    Apa lagi gangguan y?
    Atau parabola sya yg bermasalah?

    ReplyDelete
  49. Mungkin begitu Mbak untuk mpeg2, kalau mpeg4 masih aman sampai sekarang.

    ReplyDelete
  50. min sctv n indosiar mpeg2 dr tgl 12 agustus smp skrg punya ane kok tetep kaga ada sinyal ya min?

    ReplyDelete
  51. memang sekarang sinyalnya pelit, jadi gunakan dish yang agak besar atau gunakan receiver yang mpeg4

    ReplyDelete
  52. Siaran TSC hanya bisa dinonton lewat K Vision atau Orange TV. Kalau pengguna Indovision, Transvision, Big TV, dan FTA belum bisa dinonton. :-D Langganan aja orange tv atau k vision tapi Anda tidak akan berkesempatan menonton siaran MNC group karena tidak sanggup membeli hak siar, padahal RCTI adalah stasiun TV swasta pertama. :-D

    ReplyDelete
  53. Bang kok indosiar sama sctv gak bisa di scan ya ..punya saya tiba tiba ilang terus saya scan lagi di palapa d gak ada?

    ReplyDelete
  54. met siang mas putz,saya sudah tracking palapa rcti dpat signal 70% tapi begitu di scan,sctv sma indosiar msh belum nyangkut juga. solusi nya gimana mas

    ReplyDelete
  55. COba pakai rx mpeg4/HD apakah sama, soalnya kalau mpeg2 memang sering hilang timbul sctv sama indosiarnya

    ReplyDelete
  56. Enter your comment...ms,,,saya di situbondo jawatimur..kenapa sinyal sctv hanya bs nyampek 45% disc 6feet,,,gimn crnya supaya naik padahal udah di tracking ,,tp gambar muncul tanpa nunggu,,kdlm lnb 40,,,

    ReplyDelete
  57. Enter your comment...sctv kok umn bs nyampek 45% ..kdlm lnb 40,,udh di tracing berkali2 tetep ,,dish 6 fett ,,tp gambar udah enak ,,gimn caranya agar bisa nambah..saya di situbondo..

    ReplyDelete
  58. ganti dish yang lebih besar gan solusinya

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.