Cara memperbaiki handphone yang tak bersuara

Sewaktu hendak menelepon tiba-tiba tidak ada suara, hal ini tentu sangat menjengkelkan bagi kita apalagi yang mau kita hubungi adalah orang terdekat atau tersayang hehe. Pasti pada galau jadinya, namun jangan khawatir, karena masputz.com akan memberikan tips bagaimana cara menangani HP/Ponsel yang tak bersuara.

Artikel lainnya

Cara Memperbaikinya
Pertama-tama cek terlebih dahulu apakah volume sudah diatur dengan benar, selanjutnya pakai headset saat menelepon, kira-kira di speaker ada suaranya tidak, jika tidak kemungkinan kerusakan dibagian mesin.

Kedua, jika pakai headset ternyata ada bunyi di speaker berarti kemungkinan yang rusak adalah speaker HP tersebut. Jika demikian cara mereparasinya adalah;

  1. Bongkar chasing Handphone
  2. Cek speaker menggunakan multimeter.
  3. Arahkan saklar selector ke bagian ohm meter
  4. Tempelkan masing-masing kaki speaker dengan ujung multimeter
  5. Lihat penunjuk jarum apakah bergerak mendekati nol atau tidak.
  6. Jika tidak berarti speaker sudah rusak, kalau bergerak berarti speaker masih bagus atau dalam keadaan baik.
  7. Selanjutnya kalau speaker tadi rusak ya ganti dengan yang baru
  8. Namun jika masih bagus periksa apakah konektor di mesin Ponsel kotor atau mungkin kaki speaker kurang longgar. 
Dari situ dapat disimpulkan bahwa kebanyakan hilang nya suara handphone bukan karena dicuri maling hehe (maaf) tapi kemungkinan karena speakernya yang sudah rusak, jadi untuk memperbaikinya ya tinggal diganti saja sama yang baru dan yang penting belum tentu setiap kerusakan cara memperbaikinya sama. mudah-mudahan bisa membantu

Berlangganan update terbaru secara gratis:

2 Komentar Untuk "Cara memperbaiki handphone yang tak bersuara"

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.