Cara Memperbaiki Tombol Power dan Volume HP Android

Tombol volume atas dan bawah (up/down) umumnya ada pada HP android. Selain itu sudah pasti ada tombol power untuk menghidupkan, mematikan dan mengunci smartphone android. Jadi biasanya hanya ada tiga tombol tersebut, untuk pengoperasian lainnya tentu menggunakan touchscreen atau layar sentuh. Oleh sebab itu jika salah satu atau dari ketiga tombol tersebut ada yang rusak tentu akan menyulitkan, apalagi jika tombol power yang tidak berfungsi, sudah tentu HP android tidak bisa dinyalakan.

Jenis kerusakan ini umumnya tidak terlalu sulit untuk memperbaikinya, sebab pada tombol tersebut umumnya menggunakan jenis switch tombol tekan seperti pada smartphone sony experia, samsung, oppo dan sebagainya, namun ada juga yang hanya menggunakan lempengan seng sebagai konektor tombolnya. Pada jenis HP android yang murah meriah seperti advan, evercross, mito atau sejenisnya biasanya menggunakan jenis bulatan seng yang dibalut isolator sebagai konektornya. Oleh sebab itu berikut akan admin share mengenai cara mudah dalam memperbaikinya.

Cara memperbaiki tombol power dan volume yang rusak



Sebelum memperbaikinya yang harus anda persiapkan adalah sebagai berikut;
  • Obeng HP
  • Lem
  • Pinset
  • Cutter
  • Dan lain-;lain sesuai kebutuhan.
Baca Juga; Cara memperbaiki keypad HP tidak berfungsi

Langkah-langkah memperbaiki


  • Buka baut pengunci casing dan bongkar casing HP android yang rusak tombolnya.
  • Selanjutnya copot juga rangkaian HP agar terlihat dengan jelas tombolnya
  • Buka isolator tombol yang rusak dengan menggunakan cutter atau obeng tipis sehingga nanti akan terlihat lempengan seng bundar sebagai konektor switch tombol power atau volume.
  • Biasanya yang menyebabkan tombol tersebut tidak berfungsi adalah sebagai berikut;
Karena adanya kotoran,
Lempengan seng berkarat, 
Lempengan bergeser tidak pada tempatnya
Ada jalur yang putus
Dan sebagainya

  • Jadi untuk mengatasinya kita bersihkan lempengan seng tersebut, jika berkarat sebaiknya diganti saja dengan yang masih bagus, kemudian pasang kembali pada posisi yang benar.
  • Selanjutnya lengketkan kembali dengan menggunakan lem, agar lempengan seng tadi tidak mudah bergeser.
  • Langkah berikutnya adalah memasang kembali dan mencobanya.
Baca juga; mengenal berbagai resolusi layar HP

Demikianlah tips mudah dalam memperbaiki tombol power atau volume yang tidak berfungsi, Jika cara diatas masih belum juga berhasil, kemungkinan ada jalur yang putus atau adanya kerusakan hardware lainnya. Untuk mengetahui kalau jalur tombol tersebut putus atau adalah dengan mencobanya terlebih dahulu kemudian tempelkan obeng atau penghantar lainnya sebagai pengganti lempengan seng tadi. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Cara Memperbaiki Tombol Power dan Volume HP Android"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.