Memperbaiki Tuts Keyboard Piano Elektrik Rusak

Memperbaiki tuts keyboard piano elektrik yang rusak atau tidak berfungsi sebenarnya sangat mudah, karena kalau kita lihat tuts tersebut sistem kerjanya sama seperti saklar (switch) tombol tekan. Namun pada keyboard piano elektrik ini ada banyak sekali tutsnya tergantung banyak nadanya. Kalau tuts ini tidak berfungsi salah satu atau beberapa, cara memperbaikinya tentu harus kita bongkar dulu keyboardnya. Nah kebetulan kemarin admin masputz.com servis alat musik ini, oleh sebab itu kali ini akan saya share untuk anda.

Bagi pecinta musik tentu sudah sangat familiar dengan alat musik yang satu ini yaitu keyboard piano elektrik, atau orang sering menyebutnya dengan organ saja. Alat musik ini banyak sekali tombol-tombolnya yang berfungsi untuk membunyikan nada yang sudah diatur. Jika tombol tersebut tidak berfungsi berikut adalah cara mengatasinya;

Memperbaiki Tuts Keyboard Piano Elektrik Rusak

Cara memperbaiki Tuts keyboard Piano Elektrik Tidak Berfungsi.


Kebetulan keyboard yang saya servis ini dari brand techno, jadi tergolong standar lah, kalau yang bagus biasanya merk roland atau yamaha. Langkah-langkah untuk memperbaikinya adalah sebagai berikut:
  • Buka semua baut yang mengunci keyboard piano elektrik tersebut, biasanya dari bawah, jadi dibalik saja.
  • Selanjutnya perhatikan tuts atau tombol-tombol yang dibalut karet seperti pada gambar dibawah ini.
membongkar keyboard piano elektrik
  • Bersihkan semuanya dengan kuas sampai bersih.
  • Selanjutnya cek bagian mana yang tidak berfungsi, Misalnya tombol nomor 5 dan 7, maka tarik sedikit keatas untuk membersihkan bagian dalamnya. 
  • Sebagai saran sebaiknya bersihkan semuanya saja dengan kuas biar lebih aman.
Membersihkan tuts keyboard piano
Selanjutnya coba hidupkan keyboard dan coba tombol yang tidak berfungsi tersebut, jika masih tidak bisa maka bersihkan dengan menggunakan cairan pembersih, alkohol atau thinner pada bagian PCB. Sehingga kotoran yang menempel hilang semua. Kalau masih belum bisa juga kemungkinan ada jalur yang putus atau konektor tuts keyboard yang berkarat/ rusak, jadi harus dicek lebih lanjut.

Baca juga Cara Memperbaiki Kamera Gopro error
Kebetulan kemarin hanya kotoran saja yang menjadi penyebab tidak berfungsinya keyboard piano elektrik yang saya servis. Setelah dibersihkan tuts keyboard langsung berfungsi dengan baik. Kalau masalah cara memainkan keyboard elektrik ini, maaf saya belum bisa. jadi jika ada masalah lebih lanjut silahkan berkomentar saja. Kalau saya paham akan dijawab.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Memperbaiki Tuts Keyboard Piano Elektrik Rusak"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.