Cara Memperbaiki Tombol Program TV Tidak Berfungsi

Memperbaiki tombol program televisi tidak berfungsi atau sudah rusak caranya cukup mudah. Minimal peralatan yang kita butuhkan cukup hanya dengan solder + timah, atraktor, obeng dan multimeter. Tombol program ini biasanya ada 5 atau 6, diantaranya berfungsi sebagai tombol menu, PR+, PR -, Volume +, Volume - dan AV/TV. Jika pada TV LED/ LCD biasanya TV/AV diganti dengan tombol source. Sedangkan yang menggunakan 5 tombol saja berarti tombol TV/AV tidak ada. Gejala yang terjadi jika tombol program tidak berfungsi cukup bervariasi, untuk itu berikut adalah ulasannya.

Gejala Kerusakan Tombol Program Rusak

  • Tombol menekan sendiri (short), yang menandakan switch sudah konslet atau short. Jika hal ini terjadi pada tombol volume + tentu suara (audio) akan keras terus begitu juga sebaliknya.
  • Tombol tidak sesuai dengan fungsinya, misalnya saat menekan menu yang berfungsi malah program, saat menekan tombol volume + yang bekerja malah volume -, Jadi tombol tidak berfungsi dengan normal.
  • Tombol tidak berfungsi sama sekali, artinya saat tombol ditekan tidak bekerja sama sekali, baik itu salah satu atau semuanya.
  • Tombol terkadang berfungsi terkadang tidak. 


Cara Memperbaiki Tombol Program TV Tidak Berfungsi

Penyebab Tombol Program Rusak

Penyebab yang paling umum adalah karena switch sudah rusak, berkarat, atau karena usia. Selain itu adanya kabel yang putus juga bisa mengakibatkan tombol tidak berfungsi. Lain dari masalah tersebut, IC program juga bisa menjadi masalah, hanya saja ini jarang sekali terjadi. Yang paling sering adalah switch tombol tekan yang sudah rusak. Untuk itu harus diganti dengan yang masih bagus.

Cara memperbaikinya

Hal pertama sebelum memperbaikinya adalah mengidentifikasi kerusakannya. Tombol apa saja yang tidak berfungsi, apakah semua tombol atau hanya beberapa saja. Untuk itu lakukan pengecekan seperti gambar dibawah ini. Cek satu persatu switch pada PCB tombol program. Untuk mendapatkan pengecekan yang akurat sebaiknya copot terlebih dahulu switch dari papan PCB.

mengecek tombol tv

Cara mengukurnya juga cukup mudah tempelkan probe multimeter yang berwarna merah di salah satu kaki switch begitu juga dengan probe hitam tempelkan di kaki lainnya. Saat ditekan jarum harus menunjukkan angka 0 yang artinya switch terhubung. Ketika tombol dilepas jarum harus kembali ke nilai semula. Perlu diketahui bahwa switch ini memiliki 4 kaki, sistem kerjanya sama seperti saklar tombol tekan. Jadi jika ditekan saklar dalam posisi ON, namun jika dilepas akan berada pada posisi OFF. Setelah dicek ada kerusakan pada switch silahkan diganti saja dengan yang masih bagus. 

Jika pada switch ternyata tidak ada masalah, coba lakukan pengecekan pada resistor. Pada masing-masing switch ada sebuah resistor yang memiliki nilai hambatan yang berbeda. Jadi lakukan pengukuran pada resistor tersebut. Untuk caranya anada bisa baca pada:


Kalau resistor masih bagus semua, kemungkinan kerusakan ada dibagian kabel atau solderan yang retak, untuk itu cek juga kabel yang terhubung antara mesin TV dengan PCB tombol menu. Jika sudah ditemukan kerusakannya tentu tinggal kita ganti atau perbaiki bagian yang rusak.

Demikianlah tips singkat tentang cara memperbaiki tombol program tidak berfungsi, mudah-mudahan bermanfaat buat anda.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

5 Komentar Untuk "Cara Memperbaiki Tombol Program TV Tidak Berfungsi"

  1. Klo bisa disertai dg gambar switch ny msas

    ReplyDelete
  2. Ok, makasih sarannya lain waktu akan diupdate

    ReplyDelete
  3. apakah kabel nya ada positif/negatif nya...soal nya di pcb nya ngak ada +/- nya..takut nya entar salah nyambung

    ReplyDelete
  4. Ya ada mas, tdk blh terbalik kbelnya

    ReplyDelete
  5. Mas tlng dong.tv saya sharp piccolo.plyback hidup sesaat.namun lampu indikator tetap mati.Sudah buka semua titik proyek tapi Blm ada perubahan

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.