Mengenal Ferrite Bead Beserta Fungsinya

Tahukah anda apa itu ferrite bead?, mungkin sebagian orang belum banyak mengenal nama tersebut. Ferrite bead adalah komponen listrik pasif yang menekan frekuensi suara tinggi pada rangkaian elektronik. Komponen ini biasa disebut juga dengan ferrite choke, ring maupun filter EMI. Komponen ini banyak kita temui pada charger laptop, PSU TV, kabel CPU dan perangkat audio/ visual dengan kebutuhan daya tinggi lainnya. Umumnya komponen listrik ini terbungkus didalam kabel sebelum masuk ke lubang cas. Sehingga kita dapat lihat tongolan berbentuk silinder pada kabel.

Apa Fungsi Ferrite Bead?

Fungsi ferrite bead ini adalah sebagai penyaring (filter) terhadap frekuensi tinggi yang bisa mengganggu kinerja pada laptop/ TV.  Komponen ini mencegah gangguan dalam dua arah, yakni dari perangkat atau ke perangkat. Makanya jika TV tidak dilengkapi dengan komponen ini saat ada frekuensi liar atau gelombang elektromagnetik (EMI) dekat dengan TV, maka gambar biasanya sedikit bergelombang/ goyang yang diiringi dengan suara tret-tret tet-tet. Contohnya ketika anda meletakkan handphone/ tablet dekat dengan TV lama/ CRT kemudian ada yang menelepon/ sms, maka gambar tv ikut bergetar dan terdengar suara seperti tadi. Begitu juga jika HP didekatkan dengan amplifier, tentu akan terdengar suara tet-tret-tret, begitulah pokoknya.


Sebenarnya kalau kita bongkar didalam tonjolan tersebut isinya adalah 2 buah ferite. atau kita sering mengenalnya batang karbon. Silinder ferit tersebut digunakan sebagai induktor untuk membentuk pasif low pass filter. Sehingga bisa menyaring kebisingan yang cukup mengganggu. Jadi komponen ini sangatlah penting, khususnya untuk memfilter kebisingan atau frekuensi yang tidak diinginkan

Nah, sekarang anda sudah pernah melihat komponen listrik ini bukan?. Mungkin sebelumnya sudah pernah melihatnya, namun belum tahu namanya. Mudah-mudahan sedikit postingan mengenal ferrite bead beserta fungsinya ini bermanfaat buat anda semua.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Mengenal Ferrite Bead Beserta Fungsinya"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.