Memperbaiki Kipas Angin Cuma Mendengung

Cara Memperbaiki kipas angin bisa dibilang gampang-gampang susah. Mudahnya adalah ketika yang rusak hanya dibagian saklar, pengkabelan, putusnya kabel atau kapasitor saja. Namun akan terasa sulit jika kerusakan sudah masuk ke bagian lilitan motor listrik. Karena kipas angin harus dibongkar total untuk memperbaikinya. Kebanyakan orang akan lebih memilih langsung mengganti motor listrik kalau menemui masalah demikian. Tapi ada juga yang memilih tidak diperbaiki dan beli baru saja. Beberapa kasus kerusakan yang sering terjadi pada kipas angin adalah cuma mendengung saja saat pertama kali dihidupkan. Dalam hal ini arus listrik sudah masuk ke motor listrik, namun tidak mau berputar. Untuk kerusakan ini berikut masputz.com akan share penyebab dan cara menanganinya.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Mendengung

Memperbaiki Kipas Angin Cuma Mendengung
Mungkin banyak diantara kawan-kawan yang pernah mengalami kerusakan seperti ini. Kipas angin tidak dalam keadaan mati total, tetapi cuma mendengung dan tidak mau berputar baling-balingnya. Kalaupun mau terkadang cuma pelan, atau setelah dibantu diputar baru motor kipas mau berputar. Kipas angin yang mendengung saja disebabkan oleh beberapa hal diantaranya sebagai berikut

Penyebab Kipas Angin Mendengung

Kapasitor Nonpolar Rusak

kapasitor nonpolar rusak
Pertama yang biasa saya cek adalah kapasitor berukuran besar 400V dengan nilai tergantung ukuran motor / dinamo kipas angin, umumnya untuk kipas kecil adalah 1uF ukuran sedang 1,5uf dan yang agak besar 2,5uF. Kalau kapasitor ini rusak maka lilitan bantu tidak bekerja, sehingga kipas angin akan terdengar mendengung saja. Namun jika dibantu diputar baling-baling kipasnya terkadang masih mau berputar. Untuk mengecek Kapasitor nonpolar ini memang agak sulit, biasanya orang menggungan ESR meter untuk mengeceknya. Untuk mengganti kapasitor kipas angin sebaiknya gunakan ukuran sama. 

As rotor dinamo (motor listrik) kotor

as rotor kipas angin kotor
Kalau diputar agak seret ini biasanya karena adanya kotoran yang menempel dibagian as rotor. Jadi perlu dibersihkan dahulu, kemudian teteskan minyak pelicin. Kalau saya biasanya pakai oli bekas itupun kalau masih ada, kalau tidak ada ya ngambil sedikit di motor aja bos, yang penting rotor bisa berputar dengan lancar/ tidak seret lagi.

Lilitan motor listrik dibagian stator ada yang putus.

lilitan motor kipas angin
Umumnya yang sering terjadi adalah sambungan antara kapasitor dengan lilitan bantu putus, yang bisa juga menyebabkan dengung pada kipas angin. Jadi untuk memperbaikinya tentu motor listrik dibongkar total. Selanjutnya buka isolasi tahan panas yang menutupi sambungan kabel ke lilitan. Untuk menangani masalah ini harap berhati-hati, sebab kawat tembaganya sangat kecil, terutama jika kipas anginnya juga kecil. Jadi perhatikan dengan benar. Untuk skemanya bisa dilihat pada gambar dibawah ini. Cara mendeteksi putus atau tidaknya gulungan bisa dengan menggunakan multimeter pada skala ohm. 
skema pengkabelan kipas angin

Gear box swing rusak

gear box swing rusak
Gear box ini berfungsi untuk memutar kiri dan kanan kipas angin. Terkadang penyebab kipas angin mendengun juga bisa dari sini. Seperti karena gear macet sehingga rotor terhambat akhirnya tidak bisa berputar. Maka kipas angin akan mendengung saja. Untuk pertama coba nonaktifkan swing atau bila perlu copot saja. Jika kipas sudah bisa berputar dengan normal, bisa kita pastikan penyebabnya. Untuk memperbaikinya tentu dibongkar gearboxnya dan ditata ulang kembali, jika ada gear yang sudah aus sebaiknya belikan saja yang baru atau tidak usah pakai swing. 

Demikianlah sedikit tips dan tutorial singkat mengenai cara memperbaiki kipas angin cuma mendengung. Cara ini berlaku untuk kebanyakan jenis kipas angin dinding, berdiri atau meja seperti merk miyako, Sekai, Maspion, Cosmos, Panasonic dan sebagainya. Mudah-mudahan bisa bermanfaat, dan jangan lupa untuk berhati-hati dalam memperbaikinya. Untuk jenis kerusakan kipas angin lainnya bisa anda baca pada posting sebelumnya dibawah ini.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Komentar Untuk "Memperbaiki Kipas Angin Cuma Mendengung"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.