Jenis-jenis Dioda, Fungsi dan Simbolnya

Jenis-jenis dioda sebenarnya cukup banyak. Fungsi komponen ini umumnya adalah untuk menyearahkan tegangan, contohnya seperti penggunaan dioda pada rangkaian power supply yang mengubah tegangan AC (bolak-balik) menjadi tegangan DC (searah) atau biasa disebut rectifier. Kebanyakan orang hanya mengetahui jenis dioda tersebut atau biasa disebut dioda silikon, karena bahan utamanya dari silikon. Hal ini karena jenis dioda yang lain sering kali tidak ada penyebutan nama dioda, misalnya LED (Light Emitting Diode) , orang lebih sering menyebutnya dengan Lampu LED. Contoh lagi misalnya Dioda zener, orang lebih sering menyebutnya dengan zener saja. Untuk itu pada pembahasan kali ini masputz.com akan share mengenai Jenis-jenis dioda, fungsi dan simbolnya.

Jenis-jenis Dioda

Pada umumnya dioda memiliki dua kaki yang terdiri dari dua kutub yaitu Anoda dan Katoda. Jadi dalam pemasangan komponen ini jelas tidak boleh terbalik. Ada beberapa macam dioda yang akan dibahas kali ini diantaranya adalah dioda penyearah (rectifier), LED, dioda foto, dioda varactor (varicap), dan dioda zener.

Simbol Dioda

Berikut ini adalah simbol dari dioda
simbol dioda

Dioda Penyearah (Rectifier)

dioda penyearah

Merupakan dioda yang paling banyak kita temui dipasaran dan rangkaian elektronika. Mungkin bagi yang baru belajar dioda inilah biasanya yang paling didahulu dikenalkan. Fungsi dioda penyearah adalah untuk menyearahkan tegangan, misalnya untuk menyearahkan tegangan bolak-balik (AC) menjadi tegangan searah (DC).

Dioda Emisi Cahaya (LED)

dioda led

Mungkin sebagian orang masih belum tahu kalau LED ini adalah salah satu jenis dioda. Karena tidak sedikit orang beranggapan bahwa komponen ini hanya berfungsi sebagai lampu saja. Dioda jenis ini dikategorikan berdasarkan arah bias dan diameter cahaya dan warna yang dihasilkan. Umumnya memang dioda ini digunakan sebagai indikator, namun bisa juga berfungsi sebagai penyearah tegangan. Untuk jenis lampu led ini bisa anda baca pada Jenis-jenis lampu LED yang perlu diketahui.

Dioda Zener

dioda zener

Dioda ini tidak hanya mengalirkan arus maju seperti pada dioda rectifier, namun bisa juga mengalirkan arus pada arah balik. Dioda ini memiliki tegangan breakdown yang lebih kecil dan bervariasi sesuai dengan jenisnya. Umumnya dioda ini banyak digunakan untuk penyetabil tegangan. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca dioda pengertian dioda zener, fungsi dan cara mengukurnya.

Dioda Cahaya (Photo Diode)

dioda cahaya

Dioda ini merupakan jenis dioda yang peka terhadap cahaya yang berkerja pada daerah reverse tertentu, dimana hanya arus cahaya tertentu saja yang bisa melewatinya. Jenis dioda foto ini kebanyakan dipakai sebagai sensor, seperti untuk alarm, pengukur cahaya dan sebagainya.
Simbol

Dioda Varactor (Varicap)

dioda varactor

Merupakan jenis dioda yang memiliki kapasitas yang bisa berubah-ubah, hal ini sesuai dengan tegangan yang diberikan pada dioda tersebut. Berdasarkan sifatnya komponen ini juga disebut sebagai dioda kapasitas variabel atau varicap (Variable capasitance diode). Komponen ini banyak dipakai pada rangkaian yang berhubungan dengan frekwensi seperti untuk VCO, RF filter, PLL oscilator dan sebagainya.

Untuk pembahasan lain mengenai dioda silahkan anda baca pada postingan lainnya mengenai :

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai jenis-jenis dioda, fungsi dan simbolnya. Mudah-mudahan share kali ini bisa bermanfaat buat anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai komponen elektronika.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

1 Komentar Untuk "Jenis-jenis Dioda, Fungsi dan Simbolnya"

  1. Waktu di panti sosial saya ditanyakan keajaiban elektronika, dan saya jawab standard life on need kebutuhan hidup standard.

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.