Cara mengganti Kapasitor kipas angin

Kapasitor pada kipas angin berfungsi sebagai starting up dan mengecilkan tahanan pada kumparan motor (dinamo). Oleh karena itu jika kapasitor rusak, biasanya kipas hanya bergetar/ berdengung saja. Untuk mengatasinya tentu kita harus menggantinya agar bisa normal kembali.

Kapasitor ini biasanya terletak disamping motor kipas. Jadi jika ingin mencopot dan mengganti dengan yang baru kita harus membongkar casing dibagian motornya terlebih dahulu. Cara pemasangannya juga boleh dibolak-balik karena pada kedua kakinya tidak memiliki kutub atau biasa disebut dengan kapasitor nonpolar. Untuk itu kita tidak perlu khawatir jika terbalik, karena hal itu sama saja. 
Besar ukuran kapasitor tergantung dari banyak lilitan dan diameter kawat pada motor kipas angin. Oleh sebab itu semakin besar kipas angin tentu semakin besar juga ukuran kapasitor. Pada umumnya untuk kipas angin standar ukurannya adalah 1,5uF/ 450V. Jika seandainya kita ganti dengan yang lebih besar bisa saja, bahkan putarannya bisa lebih kencang. Akan tetapi jika terlalu besar bisa menyebabkan motor menjadi panas dan memicu terbakarnya kumparan.

Jadi untuk memasang kapasitor pada kipas angin adalah dengan membongkarnya terlebih dahulu kemudian kita ganti dengan ukuran yang sama, atau beda sedikit juga tidak masalah. Asal tidak berlebihan. Semoga bermanfaat lihat juga cara memasang thermofuse pada kipas angin

Berlangganan update terbaru secara gratis:

2 Komentar Untuk "Cara mengganti Kapasitor kipas angin"

  1. Dari motor kipas ad 3 warna kabel merah,hitam,kuning.gimana cara menyambungnya gan......

    ReplyDelete
  2. Biasanya hitam langsung ke listrik yang lainnya ke saklar (speed)

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.