Tips Memilih Mesin Cuci Terbaik dan Hemat Listrik

Memilih mesin cuci terbaik adalah hal yang perlu kita lakukan saat hendak membelinya. Berbagai merk mesin cuci banyak sekali dijual di pasaran dengan harga yang bervariasi ada yang murah ada juga yang mahal. Ada mesin cuci hemat energi ada juga yang boros listrik. Semua itu tergantung dari kualitas dan kuantitasnya. Selain itu kebutuhan daya yang rendah juga sangat diperlukan dalam memilihnya. Agar nantinya kita lebih hemat energi listrik saat pemakaiannya. Oleh sebab itu sebelum membeli mesin cuci alangkah baiknya jika kita mempertimbangkan terlebih dahulu mesin cuci seperti apa yang kita inginkan. Karena banyak sekali brand terkenal pada produk mesin cuci seperti, LG, Samsung, Polytron, Sanyo, Toshiba, Panasonic, Sanken, sharp dan sebagainya. 

Secara umum jenis mesin cuci ada dua yaitu Mesin cuci 1 Tabung dan 2 tabung. Perbedaannya adalah pada mesin cuci satu tabung mencuci dan mengeringkan dalam satu wadah, sedangkan pada dua tabung mencuci berada pada tabung utama (biasanya berukuran lebih besar) sedangkan untuk pengering lebih kecil. Jika dilihat dari kapasitasnya mesin cuci dapat dibedakan menjadi beberapa jenis diantaranya kapasitas 6kg, 6,5kg, 7kg, 7,5kg, 8kg, 8,5kg bahkan sampai 10kg dan sebagainya. Kapasitas bisa saja berbeda pada masing -masing merk. Namun kebanyakan adalah yang sudah disebutkan tadi. Namun jika dilihat dari sistem atau penggunaannya mesin cuci ada yang menggunakan sistem otomatis dan semi otomatis

Cara Memilih Mesin Cuci Terbaik dan Hemat Listrik

Kebanyakan orang akan memilih jenis mesin cuci dengan harga yang murah namun memiliki kinerja dan kualitas yang baik. Namun hal itu bukanlah perkara yang mudah untuk mesin cuci baru. Karena biasanya harga selalu berbanding lurus dengan kualitas yang diberikan. Meski begitu tidak menutup kemungkinan kalau mesin cuci dengan harga mahal akan selalu bagus. Untuk itu berikut masputz.com akan berbagi tips buat anda sebelum memilih mesin cuci terbaik.

Tips Memilih Mesin Cuci Terbaik

Sesuaikan kebutuhan sebelum membeli

Misalkan kita hendak membeli mesin cuci hanya sebatas untuk rumahan, dan anggota keluarga hanya 2 atau 3 orang maka jenis mesin cuci 2 tabung 6kg saja sudah cukup. Akan tetapi jika lebih dari lima orang maka jenis mesin cuci 8kg bisa menjadi pilihan. Hal ini dimaksudkan agar kita bisa mencuci pakaian lebih banyak dan cepat selesai. Takutnya nanti sampai ngantri sama saudara yang lainkan gawat, hehe. Akan tetapi jika mesin cuci yang kita butuhkan adalah untuk usaha laundry atau jasa cuci pakaian, maka mesin cuci dengan daya dan kapasitas yang tinggilah yang kita butuhkan. Sebagai saran sebaiknya pilih mesin cuci laundry. Namun masalah harga masih cukup mahal. Akan tetapi hasilnya memuaskan. 

Pilih yang Hemat Energy

Memilih mesin cuci hemat listrik adalah cara terbaik agar konsumsi daya tidak terlampau banyak saat digunakan. Umumnya untuk mesin cuci 2 tabung rumahan adalah 90 - 230 Watt untuk mencuci (wash) dan 40 - 130 watt untuk pengering (spin). Semakin rendah watt yang dipilih, maka semakin  hemat listrik yang dipakai. Sedangkan untuk 1 tabung, biasanya antara pencuci dan pengering menggunakan motor yang sama, jadi antara pencuci dan pengering sama juga wattnya. Oleh sebab itu memilih jenis 2 tabung akan lebih hemat energi daripada 1 tabung. Meski begitu mesin cuci 1 tabung juga memiliki keunggulan seperti lebih simple, otomatis mengisi air dan sebagainya.

Pilih merk mesin cuci terlaris

Mesin cuci paling laris umumnya dipilih karena kualitas dan harganya yang relatif lebih murah. Oleh sebab itu memilih mesin cuci terlaris adalah sebuah alternatif bagi yang belum pernah menggunakan mesin cuci atau tidak mengetahui spesifikasi dari merk-merk dan tipe yang dijual.

Pilih mesin cuci bergaransi

Dengan memilih jenis mesin cuci yang bergaransi tentu akan ada jaminan kualitas dari produsen atau pabrik yang memproduksinya. Dengan begitu kita tidak perlu was-was seandainya setalah dirumah tidak bisa menyala atau belum lama dipakai sudah rusak. Untuk garansi pilihlah yang lebih dari 1 tahun. Agar dalam jangka tersebut mesin cuci masih memiliki jaminan atas keawetannya.

Sekarang tinggal anda sendiri mau pilih yang murah, berkualitas, hemat energi. atau semuanya. Namun yang jelas memilih mesin cuci terbaik adalah setelah membeli kita tidak akan kecewa dengan produk yang sudah dibeli, itu saja sebenarnya intinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk simak mengenai cara merawat mesin cuci biar awet.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

2 Komentar Untuk "Tips Memilih Mesin Cuci Terbaik dan Hemat Listrik"

  1. Artikel yang bagus bos. Pembaca jadi tahu dengan apa yang mereka butuhkan saat hendak membeli mesin cuci.

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlihat setelah admin menyetujuinya dan Mohon maaf link aktif dan kata berbau syara' tidak akan dipublikasikan. Terimakasih atas kerjasamanya.